Bagaimana Pengaruh Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan?

image

Komunikasi adalah suatu proses atau suatu kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk dapat mencapai tujuan tertentu. Komunikasi adalah prasyarat kehidupan seorang manusia. Kehidupan manusia akan tampak hampa apabila tidak adanya sebuah komunikasi.

Karena tanpa komunikasi, interaksi antar manusia, baik secara perorangan, kelompok, maupun organisasi tidak mungkin dapat terjadi. Dua orang dikatakan teleh melakukan interaksi apabila masing-masing melakukan sebuah aksi dan reaksi. Aksi dan reaksi dilakukan manusia baik secara perorangan, kelompok, maupun secara organisasi.

Pertanyaannya adalah bagaimanakah komunikasi yang biasa kita lakukan tersebut berpengaruh terhadap kinerja seorang karyawan?

Komunikasi merupakan salah faktor paling penting dalam bekerja. Dalam bekerja, tentunya para karyawan akan selalu berkomunikasi satu sama lain, baik dengan atasan, bawahan, maupun dengan rekannya agar tidak terjadinya kesalahpahaman dengan informasi yang didapat.
image
Dalam suatu organisasi tidak hanya membutuhkan komunikasi yang baik saja agar tujuan organisasi tersebut dapat dicapai, melainkan hubungan kerja yang baik pun juga diperlukan antara atasan dengan bawahan.Namun di dalam organisasi konflik juga sering terjadi antar individu, antar kelompok, dan antara individu dengan kelompok.Konflik yang terjadi didalam suatu organisasi sangatlah berpengaruh terhadap penurunan kinerja karyawan, sehingga dapat menyebabkan tidak tercapainya tujuan organisasi.

Melihat pentingnya komunikasi itu sendiri lantas apa pengaruh komunikasi tersebut terhadap kinerja seorang karyawan? Pengaruhnya komunikasi terhadap kinerja karyawan yaitu :

  1. Berkomunikasi menciptakan hubungan yang baik antar karyawan
    Dengan adanya komunkasi antar karyawan dapat menciptakan hubungan yang baik. Jika sudah tercipta hubungan yang baik antar karyawan maka karyawan tersebut akan merasa betah dan nyaman ketika berkerja di perusahaan atau organisasi tersebut sehingga karyawan tersebut mampu membawa perusahaan mencapai tujuan.

  2. Berkomunikasi dapat meningkatkan kualitas diri seorang karyawan
    Mampu berkomunikasi adalah salah satu soft skill penting yang harus dimiliki oleh seorang karyawan di perusahaan.Dengan adanya komunikasi seorang karyawan bisa diliat apakah dia memiliki kualitas atau tidak dalam dirinya. Jika kemampuan berkomunikasinya baik maka kualitas diri yang dia miliki baik pula, begitu pun sebaliknya jika kemampuan berkomunikasinya kurang maka kualitas diri yang dia miliki akan dinilai kurang pula. Hal ini akan berakibat pada kinerja seorang karyawan tersebut di perusahaanya.

  3. Berkomunikasi dapat mencegah kesalahpahaman tentang informasi yang ada
    Sering kali informasi yang didapat antar karyawan terkadang berbeda, oleh karena itu dengan adanya komunikasi mampu mencegah perbedaan informasi yang diperoleh oleh karyawan tersebut. Jika informasi yang didapat telah sama dan tidak ada kesalah pahaman maka seorang karyawan yang berada di suatu perusahaan mampu berkerja dengan baik.

Dengan demikian, komunikasi merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh seorang karyawan. Baik tidaknya kinerja karyawan tersebut dilihat dari bagaimana dia berkomunikasi di dalam perusahaan tersebut.