Bagaimana pengaruh Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap mentalitas anak?

Kekerasan dalam rumah tangga

Kekerasan dalam rumah tangga sudah tidak asing lagi didengar, hal tersebut pasti berpengaruh terhadap mentalitas anak. Bagaimana pengaruh Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap mentalitas anak? ?

Pada anak dengan keluarga yang menghadapi permasalahan antara orang tua, akan mempunyai pengaruh terhadap kondisi psikologis anak. Oleh karena itu, bila orangtua mempunyai permasalahan rumah tangga, maka sedapat mungkin hal tersebut tidak tampak, tidak terdengar, ataupun tidak didekat anak.

Selesaikanlah pada waktu dan kondisi tertentu. pada saat orangtua tidak dapat mengontrol perselisihan antara keduanya, dan hal ini dilihat, didengar atau dirasakan oleh anak, maka semakin lama anak tersebut dapat merasakan kecemasan dan kegelisahan, yang selanjutnya mempengaruhi perkembangan psikis, emosional, kecerdasan, dan hubungan sosial.

Pada anak yang sudah lebih besar atau dapat mengetahui lingkungannya, seperti anak di atas usia 5 tahun, maka hal ini akan berpengaruh besar terhadap kondisi anak.

Oleh karena itu,kontrol emosi sangat penting, apalagi sampai ada kontak fisik atau KDRT antar pasangan yang disebut sebagai orangtua. Selesaikan dengan baik, semua permasalahan yang terjadi. Dengan demikian, ketenangan dalam rumah tangga akan membantu tumbuh kembang anak dengan baik.

1 Like