Bagaimana pengaruh investasi terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara?

investasi

Dalam ekonomi makro, investasi merupakan salah satu komponen dari pendapatan nasional, Produk Domestik Bruto (PDB). Sehingga, pengaruh investasi terhadap perekonomian suatu negara dapat ditinjau dari pendapatan nasional negara tersebut.

Bagaimana pengaruh investasi terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara?

1 Like

Investasi berkorelasi positif dengan PDB. Jadi, jika nilai investasi naik maka nilai PDB juga cenderung naik, atau sebaliknya. Investasi dipengaruhi oleh tingkat pengembalian modal dan tingkat bunga. Tingkat bunga yang tinggi menyebabkan investasi menjadi tidak menarik atau tidak menguntungkan dan pada akhirnya akan mengurangi jumlah modal yang diinvestasikan. Jika pengeluaran investasi berkurang maka PDB cenderung menurun.

Suatu negara akan berkembang secara dinamis jika investasi yang dikeluarkan jauh lebih besar daripada nilai penyusutan faktor-faktor produksinya. Negara yang memiliki investasi yang lebih kecil daripada penyusutan faktor produksinya akan cenderung mengalami perekonomian yang stagnasi. Stagnasi merupakan suatu kondisi perekonomian dengan laju pertumbuhan yang lambat dan bahkan bisa mencapai nol. Kondisi ini dapat menimbulkan terjadinya pengangguran dalam jumlah yang relatif besar. Kondisi yang sangat tidak diinginkan adalah kondisi stagnasi yang diikuti dengan adanya inflasi yang tinggi pula, sehingga perekonomian negara menjadi stagflasi.

Di negara berkembang dengan tingkat penduduk yang besar, seperti Indonesia, umumnya memiliki rasio investasi terhadap jumlah penduduk relatif kecil. Sehingga, negara tersebut kerap mengundang investasi asing untuk masuk ke dalam negaranya. Dalam jangka pendek atau menengah investasi asing sangat menguntungkan dalam pertumbuhan ekonomi. Karena dapat mempengaruhi kesejahteraan ekonomi suatu bangsa dan membantu memenuhi segala sesuatu yang diperlukan oleh penduduknya dalam jangka pendek. Namun demikian, dalam jangka panjang keuntungan tidak lagi diperoleh negara yang bersangkutan, karena investasi tersebut lebih memberikan keuntungan bagi negara yang mengeluarkan investasi.

1 Like