Bagaimana pengaruh Incremental Capital Output Ratio (ICOR) terhadap pertumbuhan ekonomi?

ICOR

ICOR adalah ukuran yang menyatakan besarnya tambahan modal yang diperlukan untuk meningkatkan satu unit pengeluaran. Bagaimana pengaruh Incremental Capital Output Ratio (ICOR) terhadap pertumbuhan ekonomi?

ICOR merupakan rasio antara penambahan modal dengan penambahan pengeluaran. Rasio ini menunjukkan efisiensi penggunaan modal yang ditambahkan terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Untuk menaikkan nilai Gross Domestic Product (GDP) sebesar 1 USD diperlukan investasi sebesar 3 USD. Artinya, perekonomian akan tumbuh tiga kali dari nilai investasi yang dikeluarkan. Meningkatnya jumlah investasi akan diikuti dengan meningkatnya pembelian terhadap barang-barang modal, seperti mesin atau peralatan dan sarana produksi lainnya. Barang modal ini digunakan untuk mendirikan berbagai jenis industri dan perusahaan. Pertumbuhan di sektor industri dan perusahaan merupakan bentuk nyata terciptanya lapangan kerja. Pengaruh langsung dari tumbuhnya industri dan perusahaan adalah meningkatnya permintaan terhadap tenaga kerja yang tercermin dari menurunnya tingkat pengangguran.

Dengan terjadinya peningkatan investasi membuat perekonomian suatu negara akan tumbuh. Pertumbuhan GDP ini juga akan meningkatkan perluasan lapangan pekerjaan. Artinya, meningkatnya investasi dapat menurunkan tingkat pengangguran di suatu negara.