Bagaimana pengaruh gizi terhadap kesehatan reproduksi?

Bagaimana pengaruh gizi terhadap kesehatan reproduksi ?

Reproduksi manusia membutuhkan zat gizi yang cukup. Asupan zat gizi harus diperhatikan agar mencapai kematangan seksual. Gizi seimbang akan menentukan kesehatan organ reproduksi. Bagaimana pengaruh gizi terhadap kesehatan reproduksi ?

Kesuburan adalah dapat bekerjanya organ-organ reproduksi secara optimal, baik pada wanita maupun pria sehingga dapat melakukan fungsi fertilisasi dengan baik. Ada banyak faktor yang memengaruhi kesuburan dan keberhasilan pembuahan sel telur oleh sperma, serta tumbuh kembang janin agar lahir sebagai bayi yang normal dan sehat. Perilaku gizi dan kesehatan merupakan faktor penting, pada prinsipnya, seseorang berperilaku makan sehat jika aneka menu yang dikonsumsinya memberikan gizi seimbang. Makin banyak ragam bahan makanan yang dimakan setiap hari, makin besar asupan gizi ke dalam tubuh. Kesadaran untuk pola makan sehat itulah yang sampai kini belum dimiliki kebanyakan wanita usia subur (WUS) berusia muda (remaja).

Reproduksi manusia membutuhkan zat gizi yang cukup. Asupan zat gizi harus diperhatikan agar mencapai kematangan seksual. Gizi seimbang akan menentukan kesehatan organ reproduksi. Berikut ini beberapa zat gizi yang berperan dalam kesehatan reproduksi.

  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Vitamin A
  5. Vitamin C
  6. Vitamin E
  7. Asam Folat
  8. Kalsium
  9. Zat Besi
  10. Seng
  11. Magnesium
Referensi

Dewantari, Ni Made. 2013. Peranan Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Jurnal Skala Husada. Vol. 10 (2) : 219-224.