Bagaimana pengaruh algoritma terhadap perkembangan teknologi saat ini?

algoritma

Ketika membicarakan perkembangan teknologi, yang terbayang adalah sebuah software, mesin, dan alat yang canggih. Tentunya, dari itu semua tidak berjalan begitu saja tanpa adanya algoritma sebagai pondasinya. Pengaruh apa yang diberika algoritma terhadap perkembangan teknologi?

Pengaruh algoritma terhadap perkembangan teknologi

Berbicara tentang perkembangan teknologi saat ini, bagaikan air mengalir di permukaan yang licin. Perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat. Dari dulu 10 tahun lalu handphone yang sebesar batu bata hingga saat ini handphone yang setipis buku tulis 48 lembar. Sebuah perbedaan yang signifikan dibanding perkembangan hal hal lainnya dalam kurun waktu yang sama.

Teknologi sendiri erat kaitannya dengan algoritma, mengapa demikian? Karena sebuah teknologi ada dari susunan algoritma yang dibuat oleh manusia. Algoritma merupakan pondasi dalam membuah sebuah teknologi. Karena tanpa adanya algoritma, teknologi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Algoritma juga membantu mengembangkan daya penalaran atau kerangka berpikir yang sistematis dalam memahami masalah, dan membuat perencanaan atau konsep pemecahan masalah yang lebih baik, sehingga dapat membawa hasil yang tepat pula.

Karena kemajuan teknologi dan informasi dari pengembangan algoritma yaitu internet, semua orang dapat mengakses dan dapat belajar algoritma untuk menciptakan sebuah teknologi. Algoritma dibuat dan terus dikembangkan agar tercipta sebuah teknologi yang lebih efektif dan efisien dibanding sebelumnya. Begitulah peran penting algoritma terhadap perkembangan teknologi.

Apakah mungkin algoritma dapat mengubah dunia?

Jawabannya, ya mungkin.

Mengapa?

Sebelum berlanjut pada pembahasan tersebut, alangkah baiknya jika kita mengetahui satu fakta tentang smarthphone. Apakah sebuah smartphone cerdas dengan sendirinya? Tentu tidak. Smartphone canggih yang sekarang beredar luas di masyarakat merupakan hasil dari pembelajaran manusia yang mengenalkan sebuah perangkat tentang algoritma-algoritma sehingga menimbulkan persepsi bahwa smartphone memang perangkat yang cerdas.

Dari algoritma-algoritma tersebut, sebuah smartphone dapat mengerjakan beberapa hal yang sama seperti dilakukan oleh manusia. Misalnya voice recognition atau yang sedang booming saat ini adalah face recognition. Smartphone tidak memiliki panca indera, namun smartphone mampu mengenali suara dan wajah layaknya manusia. Semua itu karena adanya algoritma yang dikenalkan oleh manusia. Apa yang smartphone lihat sebenarnya berbeda dengan apa yang mata manusia tangkap. Smartphone mengenali wajah hanya dari strukturnya saja dan tidak sedetil mata manusia.

Begitu pula dengan voice recognition, yang berarti mampu mengenali siapa yang berbicara dengan mengubah gelombang suara menjadi angka-angka yang disesuaikan dengan kode-kode tertentu. Dalam perkembangannya voice recognition banyak digunakan dalam bidang keamanan menggantikan sandi atau password yang harus diketik. Serta kemampuan untuk mengolah suara menjadi teks, sehingga manusia tidak perlu mengetik untuk menulis sesuatu. Dengan demikian, dua hal tersebut telah membuktikan bahwa algoritma telah mengubah dunia.

Belum selesai sampai di situ, bukti lain bahwa algoritma mampu mengubah dunia adalah adanya internet dan WIFI. Teknologi ini tercipta sebagai pengembangan dari Fast Fourier Transform Algorithm yang berfungsi sebagai pengolah sinyal. Yang selanjutnya adalah data compression algorithm yang memungkinkan kita untuk menonton video, mendengarkan musik, dan melihat gambar. Pemanfaatan algoritma berikutnya dapat ditemukan pada GPS (Global Position System) yang dapat menampilkan posisi kita saat itu dan bahkan menampilkan rute terdekat yang menghubungkan titik A dan titik B.

Dari contoh-contoh di atas dapat disimpulkan bahwa, algoritma mampu mempermudah pekerjaan manusia. Dan algoritma telah mengubah dunia menjadi lebih maju lagi dalam bidang teknologi

Referensi :

Algoritma adalah serangkaian instruksi atau seperangkat peraturan untuk melaksanakan tugas. Langkah-langkah yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah haruslah runtut, terstruktur, dan tidak boleh ada yang tertinggal. Dengan begitu, semua tugas yang kita laksanakan dapat berjalan dengan lancar.

Lalu apa hubungan algoritma dengan perkembangan teknologi?

Setiap teknologi yang berkembang pasti tidak lepas dari yang namanya algoritma. Algoritma merupakan suatu hal yang sangat penting yang menjadi sebuah pondasi dalam perkembangan teknologi. Setiap teknologi yang ada pasti selalu melakukan serangkaian instruksi yang runtut dan terstruktur sesuai dengan apa yang dimaksud dengan algoritma. Tanpa adanya algoritma, teknologi tidak akan mampu berkembang sepesat ini dan teknologi tidak mampu melaksanakan instruksi secara runtut dan terstruktur dalam artian sering terjadi kesalahan dan kerusakan sistem. Algoritma dapat juga dikatakan sebagai sebuah kendali yang mengendalikan jalannya suatu teknologi yang ada. Sebagai contoh yang paling banyak kita gunakan saat ini seperti komputer, smartphone, internet dan lain-lain. Dengan adanya algoritma, kita dapat menggunakan teknologi yang ada untuk membantu mempermudah pekerjaan kita.

algoritma3

Sebelum kita mengetahui apa pengaruh Algoritma terhadap Perkembangan Teknologi mari kita pahami apa itu Algoritma?, jadi Algoritma adalah sebuah rencana, satu set instruksi langkah-demi-langkah untuk menyelesaikan sebuah masalah. Dalam sebuah algoritma, setiap instruksi diidentifikasi dan urutan pelaksanaannya direncanakan.

Mengapa Algoritma berpengaruh terhadap Perkembangan Teknologi?, karna dasar dari Perkembangan Teknologi adalah Algoritma, kenapa bisa dibilang dasar dari Perkembangan Teknologi?, karna algoritma yang menjadi mesin dari alat canggih tersebut dan algoritma yang bisa membuat sebuah Smartphone dan Computer menjadi berfungsi. Tanpa ada Algoritma sebuah Smartphone dan Computer tidak akan bisa berfungsi atau berjalan begitu saja sebagai mana yang kita inginkan. Jadi Pengaruh yang diberikan adalah algoritma membantu dalam proses jalannya sebuah sistem dan karangka berpikir yang sistematis sehingga dapat menemukan solusi dari pemecahan masalah yang lebih baik.

Sebagai contoh, aplikasi image viewer mungkin mencakup library fungsi yang masing-masing menggunakan kustom algoritma untuk membuat format file gambar yang berbeda. Program editing gambar mungkin berisi algoritma yang dirancang untuk mengolah data gambar. Contoh algoritma pengolahan gambar termasuk cropping, resizing, sharpening, blur, red eyes, dan peningkatan warna atau operasi kompleks, seperti memainkan file video dikompres. Mesin pencari menggunakan algoritma kepemilikan untuk menampilkan hasil yang paling relevan dari indeks pencarian mereka untuk query tertentu.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa Algoritma sangat berpengaruh terhadap Perkembangan Teknolgi untuk membantu kita dalam pekerjaan atau tugas yang kita dapatkan dan dasar dari Perkembangan Teknologi yang maju adalah Algoritma.