Bagaimana pendekatan ekonomi dalam politik?

image

Bagaimana pendekatan ekonomi dalam politik?

Pendekatan Ekonomi Politik

Pendekatan ekonomi politik mengaitkan keseluruhan penyelenggaraan politik, baik yang menyangkut aspek, proses, maupun kelembagaan dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat mau pun yang diberikan oleh pemerintah. Dengan kata lain, dengan kata lain bisa dilihat ekonomi sebagai sebuah cara untuk melakukan tindakan, sedangkan politik menyediakan ruang untuk tindakan tersebut.

Menurut Clark, anatara ekonomi dan politik bisa disandingkan dengan pertimbangan keduanya memiliki proses yang sama. Keduanya memiliki perhatian yang sama terhadap isu-isu sebagai berikut; mengorganisasi dan mengkordinasi kegiatan manusia; mengelolo konflik; mengalokasikan beban dan keuntungan, serta menyediakan kepuasaan bagi kebutuhan dan keinginan manusia.Berdasarkan pemahaman tersebut, pendekatan ekonomi politik mempersatuakan ekonomi dan politik dalam alokasi sumber daya ekonomi dan politik ( yang terbatas) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh karna itu, implementasi dari kebijakan yang berdampak pada ekonomi politik selalu mempertimbangkan struktur kekuasaan dan sosial.

Ekonomi politik menurut pakar-pakar ekonomi politik baru lebih diartikan sebagai analisis ekonomi terhadap proses politik. Para pakar mempelajari institusi politik sebagai entitas yang bersinggungan dengan pengambilan keputusan dan pilihan publik, baik untuk kepentingan kelompoknya maupun untuk kepentingan masyarakat luas. Bagi ahli ekonomi politik, kegiatan ekonomi, seperti kegitan- kegiatan lain dalam masyarakat, tidak terlepas dari konteks politik. Sistem politik tidak hanya membentuk power relationship dlam masyarakat, tetapi juga menentukan nilai-nilai serta norma- norma yang sedikit banyak akan menentukan apa dan bagaimana berbagaai kegiatan ekonomi dilaksanakan dalam masyarakat.