Bagaimana Pendapatmu Tentang Fenomena Menjalin Hubungan Dengan Cewek Yang Lebih Tua?

Persentase pasangan dengan usia cowok yang lebih tua dibandingkan ceweknya memang lebih besar dibandingkan pasangan berbeda usia yang ceweknya lebih tua. Katanya sih memang cowok lebih suka menjalin hubungan dengan cewek yang lebih muda. Itulah kenapa lazim buat kita melihat senior cowok di sekolah atau di kampus lebih suka mendekati anak baru. Konon sebagian orang beranggapan memang idealnya dalam hubungan usia cowok lebih tua dibandingkan ceweknya, karena cowok yang lebih tua dianggap lebih bisa memimpin dan membimbing sementara cewek yang lebih muda lebih bisa dipimpin dan dibimbing. Yaa walaupun pemikiran semacam ini agak aneh buatku, tapi memang cukup banyak yang berpikiran seperti itu. Tapi nggak semua pasangan mengikuti pola mainstream ini. Ada juga cowok-cowok yang ternyata berpacaran dengan cewek yang lebih tua. Bagaimana pendapat kalian mengenai hal ini?

3 Likes

Betul sekali jika kita melihat pada umumnya memang laki-laki akan memilih pasangan yang lebih muda darinya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa laki-laki ada yang memilih pasangan yang lebih tua darinya. Karena saya rasa pemikiran pasangan yang lebih dewasa akan lebih nyaman soal pemikiran, karena akan sama-sama mudah untuk saling memahami tidak hanya ingin dipahami saja.

Namun sebenarnya umur seseorang tidak sepenuhnya menjamin kedewasaannya, jadi menurut saya tidak ada permasalahan soal umur dalam menjalin hubungan. Karena dewasa dilihat dari sikap, cara berfikir bukan dari umurnya. Ada yang baru berumur 20an tapi dia sudah bijak dalam menyikapi kehidupan, atau ada yang sudah berumur 40an namun tidak bijak dan sebaliknya. Yaa karena semua itu tidak dipatok oleh umur, terkadang kedewasaan seseorang terbentuk ketika ia sering mendapat cobaan sehingga ia akan struggle dalam segala hal.

Menurut saya yang terpenting adalah ketika sudah memutuskan pasangan yang lebih tua adalah bagaimana cara kita untuk menyesuaikan diri. Karena pasti ada yang berbeda karena umur yang berbeda, entah mulai dari kebiasaan, gaya hidup, selera dll. Kedua pihak harus saling-saling komitmen dalam hubungan tersebut, yang nantinya jangan sampai perbedaan umur menjadi alasan untuk meninggalkan disuatu hari nanti.

3 Likes

Saya memandang hal ini adalah sesuatu yang sangat lumrah. Preferensi pasangan sifatnya sangat personal dan tentu saja berbeda bagi tiap individu. Tapi tentu saja, ada preferensi mainstream yang dimiliki oleh mayoritas orang. Sayangnya hal tersebut lantas dijadikan standar ideal oleh masyarakat sehingga preferensi lain dianggap aneh karena tidak sesuai dengan kebiasaan. Termasuk soal hubungan antara perempuan yang lebih tua dengan laki-laki yang lebih muda.

Jangankan di masyarakat kita, bahkan di barat sekalipun, hubungan semacam ini masih sering jadi bahan pembicaraan. Saya pernah membaca artikel tentang pasangan selebriti Hollywood, Sam Taylor-Johnson dan Aaron Taylor-Johnson yang usianya berbeda 24 tahun. Mereka juga mengatakan bahwa di awal hubungan mereka tidak sedikit orang yang mencibir. Di masyarakat kita juga ada beberapa stigma yang sering disematkan, seperti laki-lakinya mendompleng ketenaran atau kekayaan si perempuan, atau si perempuannya bukan perempuan baik-baik dan suka menggoda laki-laki yang lebih muda. Padahal kembali lagi, kita tidak bisa menetapkan standar normalitas pada preferensi seseorang selama preferensinya tidak melanggar tata nilai yang berlaku.

2 Likes

Ini menarik karena kebetulan sahabat saya sendiri berpacaran dengan cewek yang usianya lebih tua. Saya pernah menanyakan apa alasannya. Kalau dia sendiri mengatakan bahwa dia memang membutuhkan figur pasangan yang lebih dewasa sehingga bisa mengayomi dan mengarahkan dia. Mungkin kedengarannya aneh karena yang kita anggap umum adalah laki-laki yang mengayomi dan membimbing perempuannya. Tapi kenyataannya seperti itu.

Kalau dianggap aneh, toh hubungan keduanya berjalan dengan baik, yang artinya masing-masing pihak bisa memenuhi kebutuhan satu sama lain. Yang harus kita sadari setiap orang punya kebutuhan yang berbeda. Bisa jadi memang sahabat saya punya kebutuhan yang bisa dipenuhi oleh pacarnya yang lebih tua di mana hal itu tidak bisa dia dapatkan dari perempuan yang lebih muda. Dan pastinya pacar sahabat saya punya kebutuhannya sendiri yang ternyata bisa dipenuhi oleh sahabat saya. Sesederhana itu.

Kalau yang menjalin hubungan baik-baik saja, lantas apa masalahnya?

1 Like

Sepakat! Meksipun menurut saya penyesuaian diri itu berlaku untuk semua tipe pasangan. Setiap tipe pasangan memiliki potensi konfliknya masing-masing. Kalau kita bicara tentang faktor usia, benar yang disampaikan kak @ajicakra tadi, meskipun tidak berlaku secara general, tapi usia dapat mempengaruhi tingkat kedewasaan atau setidaknya cara pandang dan pengalaman seseorang. Hal-hal tadi bisa menciptakan gap yang kalau tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan konflik.

2 Likes

Betul sih memang setiap pasangan akan memiliki konflik yang berbeda-beda. Apalagi jika usia masih sama-sama muda pasti akan masih labil dan sama-sama mengutamakan egonya.

Dari topik ini sih aku jadi keinget salah satu berita yang lagi hangatnya terkait pasangan laki-laki menikah dengan perempuan yang lebih tua darinya. Bukan ada maksud apa-apa sih lebih kepada semoga hal tersebut dapat menjadi pembelajaran untuk kita semua.

Sebuah hubungan memang tidak hanya dilihat dari jangka usia saja, bahkan usia masing-masing menurut saya tidak berpengaruh pada hubungan mereka. Menjalin suatu hubungan adalah bagaimana bisa memahami dan melindungi satu sama lain, entah yang lebih tua dari perempua atau laki-laki, apabila mereka sama-sama penegertian dan bisa nyambung, why not ?

Memang tidak lumrah apabila perempuan usianya lebih tua daripada laki-laki, namun tidak menjadikan masalah bagi mereka, karena kedewasaan seseorang tidak dilihat dari usia, namun pemikiran dan persepsi manusia masing-masing.

Kalo cowo-cowo tertarik dengan cewe-cewek yang lebih tua, yaa go for it :grin: :+1:

betul kak… banyak juga kok oran-orang di lingkungan saya, pasangan suami istri pada umumnya, ternyata si perempuannya jauh lebih tua daripada laki-laki. Walaupun secara kedewasaan, dua-duanya sama-sama dewasa dan memiliki tingkat kedewasaan masing-masing. Suaminya pun juga bertanggung jawab atas keluarganya.

Teringat pada kisah Rasulullah yang menikahi Khadijah dengan usia yang sangat jauh lebih tua dari Rasulullah, apalagi Khadijah merupakan orang terpandang dan memiliki banyak harta di lingkungannya. Namun kehidupan pernikahan mereka memiliki banyak pelajaran yang bisa di ambil walaupun memiliki perbedaan usia yang jauh. Artinya, menjalin hubungan itu tidak berpengaruh pada usia masing-masing

Aku sendiri sebenarnya adalah tipe yang menghindari hubungan percintaan dengan cowok yang lebih muda. Tetapi, aku sangat respek dengan pasangan yang ceweknya lebih tua. Berarti, umur bukanlah masalah bagi orang-orang itu dan mereka berani ‘keluar’ dari hal biasa.

Untuk pihak cewek, mungkin dia adalah orang yang tidak terlalu suka ‘dibimbing’, tetapi lebih ingin bisa bebas mengutarakan pendapat satu sama lain dengan pasangannya selayaknya dengan teman atau adik. Untuk pihak cowok, mungkin dia adalah seseorang yang tidak terpaku pada anggapan umum tentang kaitan umur dan kedewasaan. Mungkin dia adalah seseorang yang pemikirannya lebih matang sehingga tidak khawatir bagaimana harus bersikap dengan pasangannya yang lebih tua.

Menurut saya tidak ada masalah, umur itu hanyalah angka. Meskipun begitu, memiliki pasangan wanita yang lebih tua tentu lebih banyak tantangannya. Salah satunya wanita yang lebih tua pasti lebih berpengalaman, bukan hanya soal percintaan, tetapi juga dalam hal lainnya, sehingga membuat pria yang lebih muda harus lebih bekerja ekstra untuk meyakinkan wanita tersebut. Dan gaya hidup yang pasti berbeda dikarenakan wanita lebih tua, apalagi seorang pria yang masih baru memulai karir, sementara wanita lebih tua pasti sudah lebih mandiri. Meskipun begitu tidak ada salahnya untuk berpasangan dengan wanita yang lebih tua. Umur juga tidak menentukan pola pikir seseorang

Fine-fine aja. Umur dan gender tidak menentukan kedewasaan seseorang. Asal cowok itu dewasa dalam pikiran dan tindakan, kenapa nggak? :laughing:

Jujur saya pun merasa memang lebih nyaman dengan perempuan yang usianya lebih tua daripada saya karena nyaman aja kalo diajak ngobrol atau diskusi, pemikirannya yang dewasa karena memiliki pengalaman yang lebih menjadikan saya bisa mendapat pelajaran juga. Walaupun saya orangnya cukup dominan kalo dalam hubungan, tetapi saya butuh sosok perempuan yang dapat melampaui saya. Challenge banget sih menurut saya ketika berhadapan dengan perempuan yang seperti ini dan mungkin dia memang cocok dengan kepribadian yang saya miliki. Karena saya sama sekali nggak cocok dengan perempuan yang manja dan hanya mengutamakan egonya sendiri.