Bagaimana pendapatmu mengenai orang tua yang berbohong untuk menenangkan anak kecil?

Orang tua merupakan orang tua yang telah membesarkan dan merawat anaknya dengan sepenuh hati. Jasa orang tua tak akan tergantikan oleh apapun. Tak jarang, pada saat bayi sekalipun balita merupakan umur dimana rentan anak sering menangis bahkan sulit dibujuk.
Ketika menginjak usia TK atau SD anak tak jarang suka nakal bahkan sulit dibujuk juga. Akibatnya terdapat orang tua yang sengaja berbohong agar anak mudah untuk ditenangkan. Padahal kita ketahui, perilaku berbohong merupakan perilaku yang tidak baik.

Bagaimana pendapatmu mengenai orang tua yang berbohong untuk membujuk anak kecil?

Menurut aku kebiasaan orang tua membohongi anak kecil dengan dalih supaya anak terbujuk adalah kesalahan. Karena dampak tersebut bisa berakibat fatal untuk psikologi anak kecil dimasa depan. Memang tujuannya agar anak tidak merengek berlebihan, agar anak tidak marah, agar anak mudah ditenangkan. Tetapi apakah orang tua tidak melihat dampak secara berkepanjangan?

Mungkin dengan berbohong sesekali, akan bisa meyakinkan anak. Tetapi jika berkali-kali? Anak yang terbiasa dibohongi seperti itu akan tumbuh menjadi pribadi dewasa yang cenderung menyembunyikan sesuatu dari orang tua. Mereka akan mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan psikologis sosial. Selain itu, mereka juga akan lebih mengalami rasa malu dan bersalah.

Daripada berbohong, masih ada loh opsi lain untuk menenangkan anak, untuk membujuk anak dan untuk membuat anak bisa tidak mudah marah. Ketika sedang dalam keadaan tersebut, coba untuk mengajak anak berdiskusi. Memberikan penjelasan tentang situasi / kondisi yang ada sekarang. Jangan lupa juga memberika alasan yang bisa dengan mudah dipahami oleh anak. Berikan alasan yang sebenarnya, jangan berbohong. Kadang akan membuat anak tidak suka dengan jawaban tersebut, tetapi ini mengajari anak untuk bersikap jujur dan pasti dicontoh saat anak dewasa nanti. Itu tujuannya juga untuk melatih anak agar lebih reseptif.