Bagaimana pendapatmu mengenai kuliah sambil bekerja?

Teman-teman mungkin pernah menjalani, atau mungkin sedang menjalani, menempuh pendidikan kuliah sambil kerja. Atau mungkin beberapa dari kalian tidak pernah menjalani, tetapi memiliki teman yang sedang menjalani kuliah sambil kerja. Baik itu kerja freelance maupun part time. Freelance artinya pekerjaan lepas, tidak rutin dilakukan setiap hari dan jam kerjanya tidak tentu. Sedangkan part time artinya jam kerja menentu, namun dilakukan di luar jam kuliah, misalnya malam hari.


Sumber : unpas

Keadaan ini biasanya dilakukan karena faktor ekonomi yang terbatas. Namun, beberapa diantaranya melakukan kuliah sambil bekerja karena merasa lebih nyaman dibandingkan berorganisasi. Berdasarkan pengalaman teman-teman, yuk diskusi mengenai hal ini, mungkin bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman lainnya yang akan menjalani perkuliahan. Bisa dengan menceritakan pengalaman, berbagi tips bagaimana mencari pekerjaan freelance/part time, atau tips cara membagi waktu :blush: :wink:

Saya mempunyai seorang teman yang menjalani kuliah sambil kerja, lebih tepatnya part time . Teman saya mempunya jadwal kuliah hanya dari pagi sampai siang saja, jadi siang selepas kuliah sampai malam waktunya kosong. Kebetulan jam kuliahnya begini terus dan dia juga tidak mengikuti organisasi apapun dikampusnya. Jadi dia memilih untuk mencari part time yang sesuai dengan jam kosongnya. Dia part time disalah satu restaurant junk food yang cukup terkenal. Sehingga dia bisa mendapatkan pengalaman bekerja dan menambah uang sakunya.
Berbeda dengan saya, saya memiliki jam kuliah yang tidak teratur, kadang masuk pagi dan kelas selanjutnya pada siang atau sore hari, begitu setiap harinya. Saya juga mengikuti kegiatan organisasi dikampus. Jadi waktu kosong saya hanya di weekend. Untuk menambah uang saku, biasanya saya membantu usaha orang tua pada saat weekend yang memang kebetulan saat weekend usahanya ramai. Dengan demikian saya mendapatkan uang saku tambahan dan dapat membantu meringankan pekerjaan orang tua saya juga.

Jadi untuk kalian yang sedang kuliah dan tertarik untuk melakukan part time ataupun freelance sebaiknya mempertimbangkan apakah waktu kuliah dan waktu kerja tidak bertabrakan. Jika sudah memperhitungkan jam kosong kalian bisa mencari pekerjaan yang pas, apakah itu part time atau freelance .
part time dan freelance tidak harus di perusahaan besar, bisa saja dimulai dari toko-toko sekitar rumah atau kampus kalian. Yang terpenting adalah manajemen waktu yang baik agar kalian tidak kewalahan :blush: :blush: :blush: