Bagaimana pendapatmu mengenai fenomena maraknya spirit doll?

Beberapa waktu lalu, spirit doll sempat jadi pembahasan yang hangat di kalangan masyarakat, setelah salah satu selebritas memamerkan spirit doll-nya pada publik. Spirit doll sendiri sebetulnya tidak hanya dikenal di Indonesia. Negara-negara lain juga mengenal spirit doll dengan istilah yang berbeda-beda. Spirit doll pada dasarnya adalah sebuah boneka yang dipercayai menyimpan roh, sehingga boneka tersebut dapat menjadi jimat untuk menangkal bala ataupun menarik keberuntungan.

Spirit doll memiliki banyak bentuk, namun yang populer saat ini adalah boneka dalam bentuk bayi atau anak-anak. Boneka ini akan dirawat oleh pemiliknya sebagaimana merawat anak. Misalnya dengan memberi makan, mengganti pakaian, dan dirawat. Karena boneka ini diperlakukan seperti seorang anak, maka digunakan istilah adopsi dalam pergantian kepemilikannya.

Sebagian orang merasa risih dengan fenomena ini, karena dalam kepercayaan sebagian agama, mempercayai keberuntungan yang datang dari suatu benda adalah hal yang salah dan merusak keimanan. Sementara yang lainnya beranggapan tidak ada salahnya jika mengadopsi spirit doll karena memang suka dan percaya.

Nah kalau pendapatmu sendiri bagaimana? Apakah kamu ikutan tertarik mengadopsi spirit doll juga?