Bagaimana Pendapatmu jika PPKM Darurat Diperpanjang Lagi?

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan kebijakan pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia. Cara ini merupakan cara yang efektif dalam menekan penyebaran virus COVID-19. Di sisi lain PPKM berdampak pada berbagai sektor salah satunya sektor ekonomi. Jika PPKM di perpanjang, akan membuat perekonomian salah satunya pedagang akan terganggu. Seperti yang terjadi di Pasar Baru, Bandung unjuk rasa oleh puluhan Pedagang dari Aliansi Pedagang Bandung terjadi pada Jumat, 16 Juli 2021 untuk mendesak pemerintah agar tidak memperpanjang PPKM Darurat.

Bagaimana pendapatmu jika PPKM diperpanjang lagi ?
Jika pemberlakuan PPKM diperpanjang maka dapat menekan laju penyebaran COVID-19 menjadi lebih optimal namun di satu sisi perekonomian seperti pedagang akan terganggu.

Summary

CNN Indonesia

Menurutku setiap kebijakan selalu ada positif dan negatifnya. Posiitfnya tentu akan menurunkan tingkat penyebaran covid jika memang benar" diterapkan secara disiplin. Namun, pada sektor ekonomi bnayak sekali masyarakat yang ikut terdampak akibat adanya pemberlakuan PPKM ini. Terlbih untuk para pedagang kecil yang hanya bisa mengandalkan hasil penjualan untuk bisa makan di hari itu, membiayai anak dan keluarganya. Jika memang satu satunya cara untuk membasmi atau setidaknya menurunkan penyebaran covid yaitu dengan PPKM, setidaknya pemerinntah atau masyarakat sendiri bisa lebih berempati kepada masyarakat lain yang berdampak. Maisal dengan memberikan bantuan berupa uang,sembako, atau biaya hidup lainnya. Walaupun memang tidak akan bisa untuk menjangkau semua masyarakat, paling tidak orang terdekat tidak boleh merasa kekurangan. Selain itu, kalau bisa setiap kebijakan harus diberikan solusi yang adil bagi seluruh masyarakat, bukan hanya memikirkan satu sisi saja tetapi juga memikirkan kepentingan yang lain. Dan saya sering menemukan berita yang beredar yaitu tentang penyiraman air kepada toko/pedagang yang melanggar jam PPKM ini, menurutku tidak perlu seperti itu, cukup dengan diberitahu dan dibantu untuk segera menutup dagangannya sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.