Bagaimana pendapat mu tentang orang suka merokok?


(DianHerbayu) #1

60 Juta Penduduk Indonesia Perokok Aktif, dan 270 Miliar Rokok Dibakar Tiap Tahun Hasil monitoring dari Badan Konsumsi Tembakau di dunia ,mencatat bahwa lebih dari 65 juta penduduk Indonesia adalah perokok aktif. Hasil Survei Sosial Ekononi Nasional ,menunjukkan bahwatelah terjadi peningkatan yang cukup tajam terhadap kenaikan perokok di Indonesia.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/tjiptadinataeffendi21may43/indonesia-peringkat-3-di-dunia_54f5d798a33311161f8b4772


(Ferdian Maulana Akbar) #2

Menurut pendapat saya orang yang suka merokok adalah orang yang merugi, mereka sedikit demi sedikit memperpendek umur mereka. Padahal sudah jelas sekali dampak-dampak merokok sangat membahayakan bagi kesehatan dan sangat menyebabkan kematian. Berikut adalah dampak-dampak dari merkok pada beberapa bagian tubuh:

Otak
Merokok bisa meningkatkan risiko terkena stroke sebesar 50 persen. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak dan kematian. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu-waktu bisa pecah dan mengakibatkan pendarahan di otak.

Mulut dan Tenggorokan
Bau mulut dan gigi bernoda merupakan efek yang akan timbul akibat merokok. Penyakit gusi dan kerusakan indera perasa pun dapat timbul. Masalah serius yang akan hinggap pada mulut dan tenggorokan adalah meningkatnya risiko kanker pada lidah, tenggorokan, bibir, dan pita suara.
Paru-paru
Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa Anda alami adalah bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

Lambung
Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan Anda. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yaitu ke kerongkongan. Kondisi tersebut dinamakan penyakit asam lambung. Beberapa risiko penyakit yang akan dihadapi oleh seorang perokok adalah ulkus atau tukak dan kanker lambung.

Tulang
Racun pada rokok bisa merusak tulang dengan cara menghentikan kerja sel-sel konstruksi. Oleh sebab itu, perokok lebih berisiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Racun rokok juga bisa mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang bertugas menjaga tulang tetap kuat, seperti hormon estrogen.

Kulit
Perokok akan terlihat lebih tua ketimbang yang bukan perokok karena kurangnya asupan oksigen ke kulit. Penuaan dini akan dirasakan, seperti kemunculan kerutan di sekitar mata dan mulut. Racun rokok juga bisa menyebabkan selulit pada kulit.

Organ Reproduksi
Merokok bisa mengganggu sistem reproduksi dan kesuburan Anda. Pada pria, merokok bisa menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, dan kanker testis. Sementara pada wanita, merokok dapat mengurangi kesuburan. Selain itu, risiko terkena kanker serviks pun lebih tinggi karena rokok mengurangi kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus atau HPV.

Hal-hal diatas dapat terjadi karena rokok mengandung zat-zat berbahaya yang dapat merusak tubuh, berikut adalah zat-zat yang terdapat pada rokok yang berbahaya bagi tubuh:

Karbon monoksida. Zat yang kerap ditemukan pada asap knalpot mobil ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga menghalang penyediaan oksigen ke tubuh. Hal tersebut membuat Anda cepat lelah.

Tar. Ketika merokok, kandungan tar di dalam rokok akan ikut terisap. Zat ini akan mengendap di paru-paru Anda dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru. Padahal rambut tersebut bertugas untuk membersihkan kuman dan hal lainnya keluar dari paru-paru Anda.

Gas oksidan. Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaannya pada tubuh lebih meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah.

Benzene. Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia.

Source: http://www.alodokter.com/segudang-bahaya-merokok-terhadap-tubuh


(Gede Dandy Salodivansa Barani) #3

Industri rokok adalah salah satu dari sekian banyak industri penyokong ekonomi di Indonesia bahkan di dunia. Oleh karena itu tak jarang ada perdebatan diantara pakar kesehatan dan pakar ekonomi akan dampak rokok. Akan tetapi jika ditinjau dari sudut pandang kesehatan, rokok memiliki dampak yang sangat besar terhadap lingkungan dan kesehatan. Dampak yang didapatkan melalui rokok adalah sebagai berikut :

1.Meningkatkan risiko kanker perut, kanker darah dan kanker limfa, karena mengandung kadar 1,3-Butadine, yakni bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi karet.

2.Menghambat perbaikan DNA dan dapat merusak lapisan dalam paru-paru, karena mengandung Akrolein, Formaldehida dan Kromium VI ( digunakan untuk membuat logam paduan, cat dan pewarna ) yang akhirnya bisa menyebabkan kanker paru-paru.

3.Menyebabkan berbagai jenis penyakit kanker, karena rokok mengandung zat Arsenik yang digunakan untuk mengawetkan kayu.

4.Menyebabkan leukemia karena rokok mengandung zat Benzene yang sebenarnya digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya.

5.Menganggu perbaikan DNA dan menyebabkan kerusakan ginjal serta lapisan pembuluh darah arteri, karena kandungan zat Kadmium yakni logam yang digunakan untuk membuat baterai.

6.Kandungan tar pada rokok akan menempel pada paru-paru, serta menimbulkan warna cokelat pada gigi dan kuku.

7.Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat menyebabkan penyakit jantung dan serangan jantung. Karena kandungan karbon monoksida pada asap rokok yang dihirup masuk ke aliran darah. Karbon monoksida akan menurunkan jumlah oksigen yang dibawa di dalam sel darah merah lalu meningkatkan jumlah kolesterol yang diserap ke lapisan dalam arteri, sehingga bisa terjadi pengerasan arteri atau aterosklerosis.

8.Nikotin dalam rokok adalah zat kimia berbahaya dan sangat adiktif yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, aliran darah ke jantung dan penyempitan pembuluh darah. Nikotin juga berkontribusi terhadap pengerasan dinding arteri, yang pada gilirannya, juga menyebabkan serangan jantung. Zat kimia ini dapat
tinggal di tubuh Anda selama enam sampai delapan jam tergantung pada seberapa sering Anda merokok.

9.Perempuan perokok ataupun yang tidak merokok namun sering terpapar asap tembakau cenderung melahirkan bayi dengan berat badan rendah serta ada peningkatan risiko kelahiran prematur.

10.Bahaya merokok berikutnya adalah dapat menyebabkan penyakit stroke yang sangat mematikan.

11.Merokok dapat meningkatkan risiko katarak (kekeruhan lensa mata yang membuat Anda sulit untuk melihat) serta berkaitan dengan kerusakan retina mata.

12.Menyebabkan diabetes mellitus tipe 2 dan dapat membuat lebih sulit untuk mengontrol kadar gula darah. Risiko diabetes adalah 30-40% lebih tinggi pada perokok aktif daripada non perokok.

oleh karena itu kita jangan hanya menilai sesuatu berdasarkan atas asas ekonomi, melainkan kita juga harus melihat dari segi lainnya contohnya seperti kesehatan. Memang benar industri rokok menyumbangkan pendapatan yg besar, akan tetapi selain mendatangkan dampak ekonomi yang baik , industri rokok juga memiliki dampak buruk di bidang kesehatan, bahkan dampaknya sangat buruk sehingga kita harus menyelamatkan generasi bangsa ini dari bahaya rokok.

referensi :

http://grosiramazonplus.com/bahaya-merokok-bagi-kesehatan-tubuh/