Bagaimana pendapat mu tentang individu yang introvert?

6d012379ef08801f41220adf824113f1

Banyak orang tahu, individu yang introvert cenderung lebih pendiam. Saking pendiam nya, sering disangka sombong. Hahaha

Menurut mu introvert itu apasi?
Salahkah terlahir sebagai seorang Introvert?
Lalu bagaimana dengan self-improvement seorang introvert?

3 Likes

Menurut ku pribadi introvert adalah sebuah kepribadian seseorang yang menunjukkan bahwa dirinya telah menarik diri dari sosial.

Dan ketika kamu lahir dalam keadaan introvert hal itu bukanlah kesalahan.

Saran ku ketika kamu ingin melakukan self improvement yang pertama adalah pahami dirimu, sering²lah membuka suara ketika ingin menyampaikan sesuatu jangan selalu dipendam ya:)

1 Like

Menurutku introvert≠pendiam. Tidak sesederhana itu definisinya. Ada banyak orang introvert yang pandai bersosialisasi dan tampil di depan umum. Lantas, apa sih introvert itu? Sebenarnya introvert adalah sikap seseorang yang mengumpukan energinya dari dalam diri sendiri. Sementara, ekstrovert adalah sikap seseorang yang mengumpulkan energi dari luar dirinya.

Orang introvert cenderung cepat lelah setelah bersosialisasi dalam kurun waktu yang lama. Sehingga, setelah itu ia lebih memilih untuk menyendiri dalam rangka mengumpulkan energinya. Tidak ada yang salah dari tipe kepribadian ini. Perbedaan diantara keduanya hanya terletak pada penarikan dan pengumpulan energi.

2 Likes

Introvert adalah suatu kepribadian yang lebih fokus terhadap pemikiran internal tapi bukan berarti introvert tidak bisa bersosialisasi seperti layaknya ekstrovert. Bahkan memang akhir-akhir ini banyak banget isu yang membicarakan tentang introvert kayak seakan-akan semua menjadi kesalahan introvert! dan menurut saya semua isu itu muncul karena kurangnya rasa empati.

2 Likes

Menjadi seorang yang introvert memang terkadang menyulitkan, terutama di era sekarang, dimana dunia lebih menghargai orang-orang ekstrovert karena kepribadiannya yang menarik dan menyenangkan. Orang ekstrovert lebih bisa bergaul secara luas, berbicara dengan ramah kepada semua orang, yang akan sangat sulit dilakukan oleh orang-orang berkepribadian introvert.

Orang ekstrovert biasanya lebih cepat karirnya, lebih diterima di lingkungannya, dan lebih terlihat di lingkungannya.

Tetapi tidak ada yang salah dengan intorvert. Karena kepribadian setiap orang adalah unik dan bergantung juga dengan backgroundnya di masa lalu. Introvert juga mempunyai banyak kelebihan dibandingkan ekstrovert.

Untuk mengembangkan diri (self-improvement), yang perlu diperhatikan oleh orang introvert adalah adanya perbedaan yang besar antara intovert dengan kurangnya kepercayaan diri. Hal ini sering disalahartikan. Dengan kata lain, ketika kita merasa rendah diri maka kita beranggapan bahwa kita adalah orang yang introvert. Padahal kenyataannya tidak sama sekali. Orang introvert lebih suka bekerja sendiri atau membuka usaha sendiri, dimana hal itu membutuhkan kepercayaan diri yang beasr untuk melakukannya. Mereka lebih suka dengan suasana yang tenang, dimana hal itu bukan berarti dia tidak percaya diri untuk bergaul dengan orang lain. Mereka hanya pilih-pilih saja dengan siapa mereka harus bergaul.

Sama seperti jenis kepribadian lainnya, untuk mengembangkan diri maka kunci utamanya adalah banyak belajar. Disinilah kelebihan dari orang introvert. Dibandingkan bersosialisasi dengan lingkungannya, lebih baik mereka aktif mengembangkan dirinya dengan mempelajari sesuatu secara mandiri. Walaupun kelemahannya adalah social capital yang dimilikinya menjadi lebih kecil, tetapi dampak negatif itu bisa diminimalisasi dengan cara benar-benar selektif dalam memilih social capital yang ada. Hanya dengan orang-orang yang dapat membantu dirinya untuk berkembang sajalah mereka bersosialisasi.

Dan yang terpenting lagi, karena lingkungannya yang minim, maka ambil semua kesempatan dan peluang yang ada. Tidak banyak peluang yang didapatkan karena kecilnya lingkungan yang dimilikinya, tetapi dengan mengambil semua peluang yang ada, maka secara statsitik, juga akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan kesuksesan. Oleh karena itu, penting bagi orang introvert untuk selalu mengembangkan pola pikirnya. Tidak selamanya bersosialisasi itu buruk, tetapi juga tidak selamanya bersosialisasi itu baik. Cukup dengan memilih lingkungan sosial yang baik, walaupun mempunyai lingkaran yang kecil, akan sangat membantu dirinya untuk berkembang.

2 Likes

Menurut mu introvert itu apasi?
Singkatnya, intorvert itu adalah kepribadian seseorang yang cenderung tertutup, dan suka menyindiri. Dan itu umum, tidak bisa diganti kecuali dirinya sendiri (mungkin).

Salahkah terlahir sebagai seorang introvert?
Tidak. Tidak. Karena kepribadian tiap orang ditakdirkan berbeda-beda dan unik. Tidak benar kalau misalnya seorang introvert dianggap sesuatu yang buruk atau salah. Sekali lagi, setiap orang punya karakteristik tersendiri kita tidak berhak merubahnya.

Bagaimana self-improvement seorang introvert?
Intinya baik-buruknya bergantung pada dia. Tapi terkadang yang perlu dikembangkan adalah mindsetnya. Introvert jangan sampai jadi anti-social. Karena manusia itu adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Dalam kata lain, tidak masalah jadi seorang yang lebih suka sendiri, dsb. Tapi ingat, tiap manusia tidak bisa melakukan segala sesuatu sendirian.

itu saja menurutku, terima kasih.

Hallo, izin berpendapat yaa. Masih banyak yang keliru soal introvert, banyak yang mengira bahwa introvert selalu diartikan pendiam, tidak suka sosialisasi, jarang terbuka dengan orang, etc. Padahal seorang introvert juga bisa sosialisasi hanya saja mereka cepat merasa lelah dengan sosialisasi. Saya merupakan pribadi yang introvert dalam sosialisasi biasanya saya tidak bisa seharian di luar ruangan dan harus berbicara dengan semua orang yang saya temui karena memang saya tidak begitu nyaman. Tapi bukan berarti saya tidak dapat sosialisasi. Bahkan, meskipun seorang introvert saya rasa kemampuan public speaking saya cukup bagus. Jadi sebenarnya hanya mau meluruskan mislead akan pengertian introvert itu sendiri. Terima kasihh

Hallo kak izin berpendapat, introvert memang bisa berasal dari gen/keturunan/dari lahir. Tetapi, sebenarnya yang memiliki andil paling besar atas pribadi introvert adalah faktor lingkungan. Saya baca dari artikel klikdokter.com bahwa kondisi lingkungan anak sedari kecil serta didikan orang tua memiliki andil lebih besar dibandingkan gen. Jadi semisal kedua ortunya introvert anaknya bisa saja ekstrovert. Terima kasih sebelumnya kakk