Bagaimana pendapat kalian mengenai fenomena kurangnya budaya membaca dikalangan orang muda ?

sastra

(Agatha Shella Agtika) #1

Seperti yang kita tau, jaman sekarang banyak orang muda yang menggunakan karya sastra hanya sebagai ajang untuk “eksis” atau “kekinian” di sosial media, contohnya dengan mencomot quotes-quotes dari penulis ataupun dengan mencomot bagian tertentu dari sebuah novel atau karya sastra lain yang mungkin tanpa tau maksud dari tulisan tersebut dikarenakan tidak membaca seutuhnya.

Bagaimana pendapat kalian mengenai fenomena kurangnya budaya membaca dikalangan orang muda ?


(Rizka Amalia Zeny Putri) #2

Menurut saya, kurangnya tingkat kemampuan membaca di kalangan anak muda di Indonesia sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang diperoleh. Namun, minat baca anak muda di Indonesia sangatlah tinggi, hanya minat tinggi tersebut tidak diimbangi dengan kemampuan membaca yang tinggi pula.

Pendidikan sedikit banyak berpengaruh kepada kemampuan membaca anak muda di Indonesia karena kita menjadi terbiasa untuk membaca tanpa konteks dan membaca hanya untuk menemukan jawaban dari suatu soal, bukan membaca untuk menemukan solusi dari suatu persoalan.

Tipe pendidikan wajib di Indonesia (dari SD hingga SMA) tidak mendukung adanya lingkungan yang kondusif bagi para siswa untuk belajar memahami bacaan dan bukan sekedar “membaca”. Satu-satunya tingkat pendidikan dimana anak muda diharuskan untuk membaca sesuai konteks dan menganalisa maksud asli dari penulis hanyalah di tingkat perguruan tinggi.

Namun karena budaya yang sudah mengakar, hasilnya banyak juga mahasiswa yang kesulitan dalam melakukan hal sesederhana kajian pustaka pada saat mengerjakan skripsi dikarenakan kajian pustaka bukan hanya kegiatan “membaca”, namun juga mengkaji berbagai informasi yang disajikan penulis dan mengkaitkannya dengan penelitian yang sedang dilakukan oleh mahasiswa.