Bagaimana pendapat Anda dengan mobil / motor yang mengeluarkan asap kendaraan mengepul ?

image

Asap kendaraan yang mengepul dari salah satu transportasi merupakan hal yang menjengkelkan, selain mengakibtkan polusi hal tersebut juga menyebabkan pandangan kabur dan lain sebagainya.

Bagaimana pendapat Anda dengan mobil / motor yang mengeluarkan asap kendaraan mengepul ?

Hal tersebut memang sangat menyebalkan karena sangat mengganggu kenyamanan pengendara lain. Selain itu polusi dari asap tersebut juga bisa berdampak pada kesehatan. Seharusnya pemilik kendaraan yang asapnya mengepul peka terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka bisa mengurangi kepulan asap dengan lebih mempertimbangkan lagi bahan bakar apa yang tidak membuat kendaraannya mengepulkan asap yang bisa mengganggu pengendara lain.

Terkait masalah asap mengepul, sebenarnya di Indonesia sudah mengatasi hal tersebut, dengan cara menerapkan standar emisi Euro IV. Dari tabel dibawah sudah terlihat jelas bahwa asap yang diperbolehkan adalah 0,5 per meter, dengan artian, asap yang dikeluarkan oleh knalpot kendaraan bermotor haruslah memenuhi syarat tersebut.

Tetapi dari segi sosial, permasalahan ini menjadi agak rumit karena dampak sosial yang terjadi harus dilihat dari keduabelah sisi. Dari sisi pemilik kendaraan maupun dari sisi aturan.

Sebagai contoh, apabila semua kendaraan diwajibkan untuk lolos emisi Euro IV, maka kendaraan-kendaraan yang tidak memenuhi standar tersebut wajib untuk ditindak oleh petugas di lapangan. Masalahnya adalah, siapkah pemilik kendaraan memperbaiki kendaraannya atau mengganti kendaraan yang ada ? Terutama dari sisi finansial.

Apalagi kalau pemilik kendaraan tersebut adalah pengusaha, dimana setiap biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan akan diaggap sebagai cost, yang nantinya akan mempengaruhi harga jual barang tersebut. Maka dampak yang terjadi adalah kenaikan harga barang, dimana dampak tersebut tentunya akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

Oleh karena itu, perlu strategi-strategi khusus terkait dengan asap kendaraan yang mengepul, karena permasalahannya tidak sesederhana betapa mengganggunya asap yang mengepul di jalan raya, tetapi lebih ke masalah Transportasi di Indonesia itu sendiri. Terutama transportasi yang digunakan untuk angkutan umum (Metro mini, mikrolet dsb) serta angkutan logistik barang (Truk pengangkut barang). Karena kedua jenis kendaraan itu, yang mempunyai masalah terbanyak terkait dengan asap mengepul di jalan raya.