Bagaimana Pencegahan Stroke Hemoragik?

Pengobatan stroke hemoragik tergantung dari penyebab perdarahan dan tingkat keparahannya, serta lokasi di mana pendarahan tersebut terjadi. Pada kondisi ini, kadang-kadang operasi dibutuhkan. Bagaimana Pencegahan Stroke Hemoragik?

image

Risiko terkena stroke hemoragik bisa dicegah dengan cara menghindari faktor-faktor yang dapat memicunya. Misalnya apabila Anda memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi, maka tangani dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dan menjalani gaya hidup sehat yang dianjurkan (mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, tidak merokok, dan menghindari narkoba).

Selain itu, karena stroke hemoragik juga bisa disebabkan oleh cedera di kepala, maka berhati-hatilah saat melakukan berbagai aktivitas, baik di dalam maupun di luar rumah. Misalnya ketika Anda mengendarai sepeda motor, selalu gunakan helm dengan standar yang dianjurkan (SNI) dan selalu taati peraturan berlalu lintas. Begitu pula jika Anda mengendarai mobil, selalu gunakan sabuk pengaman dan berhati-hati dalam berkendara.

Terkait dengan risiko stroke hemoragik bagi pengguna obat warfarin, selalu taati dosis yang telah ditetapkan oleh dokter. Jangan coba-coba menggunakan warfarin di luar resep dokter.

Sumber : www.alodokter.com