Bagaimana pencegahan mual dan muntah pada ibu hamil?

morning sickness

Salah satu ketidaknyamanan pada ibu hamil adalah mual dan muntah.

Bagaimana pencegahan mual dan muntah pada ibu hamil?

Setiap ibu hamil pada trimester pertama mengalami mual dan muntah. Keadaan ini merupakan hal yang wajar dan sering terjadi pada kehamilan terutama pada trimester pertama (Hutahaean, 2013). Hampir 45% wanita mengalami muntah pada awal kehamilan dan hingga 90% wanita mengalami mual (Salmah, 2006).

Morning Sickness adalah suatu keadaan dimana ibu hamil merasa mual dan ingin muntah. Morning sickness biasanya terjadi pada Trimester 1 atau pada awal kehamilan.

Ibu hamil harus mampu beradaptasi terhadap mual dan muntahnya, jika tidak mampu beradaptasi maka bisa menimbulkan akibat buruk baik pada ibu hamil maupun pada janin yang dikandungnya. Ibu hamil yang mengalami mual muntah sangat membutuhkan asupan nutrisi yang adekuat yang berguna untuk tubuh ibu maupun nutrisi untuk janin didalam kandungannya.

Dengan asupan nutrisi yang baik selama kehamilan, maka akan lahir bayi yang lebih berkualitas. Namun, jika asupan nutrisi menurun maka wanita hamil tersebut akan mengalami penurunan berat badan dan hal ini juga akan berdampak buruk pada janin yang dikandungnya.

Berikut adalah cara dalam mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil

  1. Makan yang rutin
    Makan dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar hanya akan membuat anda bertambah mual. Berusahalah makan sewaktu anda dapat makan, dengan porsi kecil tapi sering.

  2. Makan makanan yang bergizi
    Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein yang dapat untuk membantu mengatasi rasa mual anda. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biskuit.

  3. Jangan terburu bangun dari tempat tidur
    Di pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun, cobalah duduk dahulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila anda merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi siapkanlah snack atau biskuit didekat tempat tidur anda, dan anda dapat memakannya dahulu sebelum anda mencoba untuk berdiri.

  4. Hindari makanan berbumbu dan berminyak
    Hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas yang akan memperburuk rasa mual anda.

  5. Perbanyak minum air putih dan jus
    Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat muntah. Minumlah air putih, ataupun jus. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.

  6. Konsultasi ke dokter
    Vitamin kehamilan kadang memperburuk rasa mual, tapi anda tetap memerlukan folat untuk kehamilan anda ini. Bila mual muntah sangat hebat, konsultasikan ke dokter anda sehingga dapat diberikan saran terbaik untuk vitamin yang akan anda konsumsi. Dan dokter anda mungkin akan memberikan obat untuk mual bila memang diperlukan.

  7. Konsumsi vitamin B6 secara teratur
    Vitamin B6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Sebaiknya Konsultasikan dahulu dengan dokter anda untuk pemakaiannya.

  8. Konsumsi obat tradisional
    Biasanya orang menggunakan jahe dalam mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional. Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk menbantu mengatasi rasa mualnya.

  9. Istirahat yang cukup
    Istirahat dan relax akan sangat membantu anda mengatasi rasa mual muntah. Karena bila anda stress hanya akan memperburuk rasa mual anda. Pakailah waktu anda untuk beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah kesayangan anda dll. Hadapilah kehamilan anda dengan kebahagian, karena ini adalah anugerahNya.