Bagaimana pencegahan bedbugs ?

Bedbugs, atau dikenal juga dengan sebutan kutu kasur, adalah serangga parasit berukuran kecil berwarna merah kecokelatan. Bagaimana pencegahannya ?

image

Bedbugs (Cimex lectularis) adalah serangga parasitik. Serangga ini berwarna merah-coklat dan berukuran 1–7mm. Binatang kecil yang juga disebut tungau ini sering menempel dan mengisap darah manusia, khususnya saat tidur. Gigitan bedbugs akan menimbulkan bengkak kemerahan yang gatal dan jika digaruk secara terus menerus. Akibatnya kulit akan lecet dan terasa perih.

Pengobatan khusus terhadap gigitan bedbugs umumnya tidak selalu diperlukan. Hindari menggaruk bekas gigitan ini untuk menghindari infeksi kulit akibat garukan.

Untuk mengatasi bedbugs, dapat dilakukan beberapa cara:

  • bersihkan sampah vacuum cleaner setelah membersihkan rumah
  • cuci seprai dan sarung bantal/ guling dengan air panas
  • meminta bantuan pembasmi serangga profesional

Untuk mencegah kemunculan bedbugs kembali, Anda dapat lakukan hal berikut:

  • Jaga kebersihan rumah
    Bersihkan filter AC lebih sering. Ganti seprai dan gorden secara rutin. Pastikan Anda selalu membersihkan lingkungan tempat tinggal agar bebas dari debu dan jamur. Usahakan pula sinar matahari sehari-hari masuk ke dalam rumah.
  • Jemur kasur dan rawat perlengkapan tidur
    Tungau paling sering ditemukan di kasur. Oleh karena itu, jemur kasur di bawah sinar matahari minimal sebulan sekali. Gunakan air panas ketika mencuci perlengkapan tidur –seperti seprai dan kain penutup tempat tidur (bed cover).
    Selain itu, kini juga tersedia banyak pilihan perangkat tidur berkualitas yang anti-tungau, sehingga bisa membantu melindungi kebersihan dan keamanan tempat tidur Anda.
  • Perhatikan kelembapan ruangan
    Kontrol kelembapan ruangan dengan membuka jendela setiap hari agar cahaya dan udara dapat masuk ke dalam kamar. Dengan demikian terjadi pergantian udara kotor dan bersih dari dalam ke luar rumah. Atau Anda bisa juga menggunakan alat penyejuk seperti air conditioner.

Sumber : www.klikdokter.com