Bagaimana penanganan penyakit cacar?

Cacar sudah menjadi penyakit yang sangat menular dan menjadi perhatian dunia. Sejarah telah memperlihatkan bahwa cacar banyak menyebabkan kemarian. Bagaimana penanganan penyakit cacar yang tepat?

7 Cara Mengani Sakit Cacar

  1. Cara Minghilangkan Cacar Air Dengan Mengkudu

Mengkudu merupakan buah yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit cacar air. Walaupun tak semua orang menyukai baunya, mengkudu ampuh dalam mengeringkan cacar air serta membuatnya tak gatal lagi. Penyajiannya cukup dengan membuat jus mengkudu dan meminumnya secara rutin setiap hari.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau bisa membuat cacar air menjadi cepat kering hingga sembuh. Sebab kacang hijau memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk menghilangkan bekas cacar air. Penyajiannya yakni dengan merendam kacang hijau hingga terlihat membengkak. Kemudian, lanjutkan dengan menumbuknya sampai halus. Hasilnya, tinggal dioleskan pada cacar air di seluruh badan. Diamkan beberapa saat hingga mengering, dan selanjutnya bersihkan dengan air. Cara ini dilakukan dua kali sehari sebelum mandi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Makanan kaya serat ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit lainnya seperti kurang gizi.

  1. Temulawak

Menggunakan temulawak bisa menjadi bahan alternatif untuk mempercepat penyembuhan cacar air. Penyajiannya dilakukan dengan cara mencampurkan 15 gr kencur dan 15 gr asam jawa yang direbus dalam air sebanyak 600 ml hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah itu, ramuan bisa diminum sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

  1. Daun Jarak

Daun jarak merupakan bahan alami yang mampu mengobati cacar air. Penyajiannya dilakukan dengan cara merebus 5-7 lembar daun jarak selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu campurkan dengan air agar lebih hangat dan gunakan untuk mandi. Hal ini dilakukan sebanyak dua kali sehari hingga cacar air sembuh.

  1. Lada

Cara menghilangkan cacar air dengan lada mungkin sedikit ditakuti orang pada umumnya, namun lada bisa digunakan untuk menyembuhkan luka cacar air. Walaupun lada terasa pedas dan panas saat dimakan, namun lada tidak akan perih saat di oleskan pada luka cacar. Yang penting luka dibersihkan dulu dengan air bersih yang dicampur dengan anti gatal. Setelah itu, bubuk lada bisa ditaburkan.

  1. Cendana

Candana ternyata memiliki khasiat dapat menangani bekas hitam pada tubuh yang timbul akibat cacar air. Caranya yakni dengan menghancurkan beberapa potong cendana sampai halus yang dicampurkan dengan sedikit air. Jika warnanya cokelat setelah diaduk, maka hasilnya bias dioleskan pada bekas luka cacar air tersebut.

  1. Bengkoang

Telah banyak diketahui bahwa bengkoang memiliki khasiat yang besar terhadap kulit. Untuk cacar air sendiri, bengkoang dipercaya mampu memberikan khasiat yang besar untuk menghilangkan luka. Awalnya bengkoang dihaluskan dan diberi sedikit air. Setelah itu, oleskan pada wajah seperti masker.

Sumber : 7 Sumber Penanganan Cacar