Bagaimana penanganan pada penyakit hemangioma?

Hemangioma adalah tumor jinak yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal pembuluh darah.
Bagaimana penanganan pada penyakit ini?

Pengobatan Hemangioma
Sebagian besar kasus hemangioma tidak membutuhkan pengobatan khusus karena tidak menimbulkan gangguan fisik dan akan memudar secara perlahan. Meskipun begitu, hemangioma bisa menimbulkan masalah psikologis dan sosial. Alasan itulah yang membuat beberapa orang merasa perlu mengobatinya

Alasan lain pengobatan hemangioma dilakukan adalah jika pertumbuhannya mengganggu penglihatan. Dalam kasus tersebut, penanganannya bisa dengan pemberian obat atau operasi laser. Obat-obatan yang bisa diberikan adalah:

  • Kortikosteroid. Obat ini dapat diberikan secara oral, topikal, atau disuntikkan pada lokasi di mana hemangioma muncul. Efek samping yang mungkin terjadi setelah menggunakan kortikosteroid meliputi gangguan pertumbuhan, kadar gula darah atau tekanan darah yang tinggi, dan katarak.
  • Obat penghambat beta (beta blocker). Pada kasus ringan, dapat diberikan timolol dalam bentuk gel. Sedangkan untuk kasus yang parah, diberikan propranolol oral. Efek samping yang dapat muncul dari penggunaan obat-obatan kelompok ini adalah mengi, peningkatan gula darah, dan peningkatan tekanan darah.
  • Vincristine. Obat ini diberikan jika hemangioma sudah mengganggu penglihatan atau pernapasan. Pemberian vincristine dilakukan melalui suntikan setiap bulan.

Metode pengobatan dengan laser dapat dilakukan untuk menghentikan pertumbuhan hemangioma dan mengatasi rasa sakit yang muncul. Operasi laser juga dapat mengurangi perubahan warna kulit setelah hemangioma sembuh. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi dari pengobatan hemangioma melalui operasi laser adalah nyeri, perdarahan, bekas luka, serta perubahan warna kulit.