Bagaimana penangan pada penyakit ebola?

Ebola menjadi pusat perhatian dunia karena epidemi yang akhir-akhir ini terjadi. WHO mencatat ada setidaknya 18.000 kasus ebola yang terkadi di daerah Afrika Barat dengan angka kematian mencapai 30%. Untuk mengantisispasi penyebaran penyakit ini, apakah yang sebaiknya penanganan yang diberikan kepada penderita penyakit ini?

Ebola

Sejarah Singkat
Ebola adalah virus yang jarang namun mematikan yang menyebabkan pendarahan di dalam dan di luar tubuh. Karena virus menyebar melalui tubuh, virus merusak sistem kekebalan tubuh dan organ. Pada akhirnya, hal itu menyebabkan kadar sel darah merah dan pembekuan menurun. Hal ini menyebabkan pendarahan hebat, tak terkendali. Penyakit ini, juga dikenal sebagai demam berdarah ebola atau virus ebola, membunuh hingga 90% dari orang yang terinfeksi. Penyakit ini, juga dikenal sebagai demam berdarah ebola atau virus ebola, membunuh hingga 90% dari orang yang terinfeksi.

Bagaimana ebola didapatkan?
Ebola adalah virus menular namun tidak sesering virus seperti pilek, influenza, atau campak. Penyebaran ke manusia melalui kontak dengan kulit atau cairan tubuh dari hewan yang terinfeksi, seperti monyet, simpanse, atau kelelawar buah lalu menyebar ke orang lain dengan cara yang sama. Mereka yang merawat orang sakit ebola atau mengubur seseorang yang telah meninggal karena penyakit ebola ini justru sering tertular apabila tidak berhati-hati.

Bagaimana ebola didiagnosis?
Kadang-kadang sulit untuk mengetahui apakah seseorang memiliki Ebola dari gejalanya saja. Dokter dapat menguji untuk menyingkirkan penyakit lain seperti kolera atau malaria. Tes darah dan jaringan juga dapat mendiagnosa ebola.

Bagaimana ebola diobati?
Tidak ada obat untuk ebola, meskipun peneliti masih melakukan pemeriksaan laboratorium. Perawatan termasuk serum eksperimental yang menghancurkan sel yang terinfeksi.
Dokter mengelola gejala Ebola dengan:

  1. Cairan dan elektrolit
  2. Oksigen
  3. Obat tekanan darah
  4. Transfusi darah
  5. Pengobatan untuk infeksi lain

Bagaimana cara mencegah ebola?
Tidak ada vaksin untuk mencegah Ebola. Cara terbaik untuk menghindari penangkapan penyakit adalah dengan tidak melakukan perjalanan ke daerah-daerah di mana virus ditemukan. Petugas kesehatan dapat mencegah infeksi dengan memakai masker, sarung tangan, dan kacamata setiap kali mereka datang ke dalam kontak dengan orang-orang yang mungkin memiliki Ebola.

Sumber : Ebola