Bagaimana pemrograman dapat mengubah dunia?

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika. Seperti yang kita ketahui, pemrograman telah memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia teknologi, tetapi tanpa kita sadari, hasil dari pemrograman dapat terasa bukan hanya pada aspek yang berbau komputer, tetapi dapat juga dirasakan pada berbagai aspek. Bagaimana pemrograman dapat berpengaruh di dunia ini dari berbagai aspek?

Kita tampaknya sudah menjadi nyaman dengan segala teknologi yang tersedia untuk kita semua. Ada aplikasi untuk hamper setiap hal yang dapat kita pikirkan, dan dengan satu klik atau sentuhan tombol, kita bisa memiliki aplikasi tersebut.

Tapi bagi beberapa orang, mereka berpikir bahwa aplikasi tersebut muncul secara ajaib dari antah berantah, dan coder di balik aplikasi tersebut terlupakan saat kita sedang asyik memakai aplikasinya.
Oleh karena itu, inilah beberapa cara programming / coding bisa mengubah dunia kita.

1. World Wide Web
Tentu saja World Wide Web akan selalu muncul dalam setiap topik pembicaan mengenai hal pemrograman. Miliaran orang menggunakannya setiap hari untuk berinteraksi dengan satu sama lain. World Wide Web telah mengubah kehidupan bermasyarakat. Sampai Januari 2014, ada sekitar 861 juta web hiburan, video kucing yang menghibur, dll. Bagi orang lain, WWW digunakan untuk berbelanja bahan makanan, atau untuk membuat koleksi model karakter Star Wars. Jumlah kode HTML di balik semua web ini sangat besar dan gaya setiap web bervariasi antar satu situs ke situs lainnya, membuat WWW sebagai salah satu cara bagaimana programming / coding mengubah dunia.

2. Database
Bagi sebagian besar dari kita, kita memikirkan database sebagai salah satu spreadsheet yang berisi informasi-informasi tidak berguna yang kita tulis di sebuah kertas pada kelas IT di sekolah. Tapi database jauh lebih bermanfaat daripada pada yang kita kira. Database yang digunakan para programmer menyimpan informasi yang bisa dibaca, ditulis, dan dihapus dengan mudah oleh komputer. Tanpa diketahui oleh kita, bioskop-bioskop mempunyai database film, dan Facebook memiliki database yang berisi informasi tentang teman, anggota keluar,a gambar memalikan kita, dan banyak lagi.

3. Belanja secara Online
Selama inovasi Web hebat yang telah terjadi selama dua atau tiga decade terakhir, kita juga diperkenalkan dengan fasilitas dan kenyamanan perbelanjaan online. Dengan jumlah situs dan produk yang luas, programmer selalu mencari cara baru untuk memperbaharui situs-situs terbsebut. Apakah kita akan mendapatkan seikat bunga berukuran kecil atau paket yang sangat besar, kode-kode yang diciptakan programmer memainkan peranan besar dalam komoditas ini. Sekarang, Amazon sedang mencari cara untuk mengirim paket kecil dengan drone yang bisa dicari melalui ponsel anda.

4. Blogging
Programmer juga telah memfasilitasi dunia para blogger. Semua orang memiliki opini dan suara yang ingin didengar oleh orang lain, dan setiap harinya semakin banyak blog yang bermunculan di World Wide Web. Tema blog dan tempelate dirancang dan dikodekan oleh programmer sudah banyak tersedia yang terdapat di situs seperti WordPress, Blogger, dan Medium.

5. Google
Search engine yang kita semua gunakan memiliki banyak programmer yang bekerja di belakangnya, bekerja bersama untuk membuat mengunjungi Web lebih mudah dari pada sebelumnya. Selain bekerja sama dengan coder, Google sekarang menyaring semua situs dan melihat yang manakah yang cocok untuk diadaptasikan ke ponsel. Jika hal tersebut kurang cukup bagi anda, selalu ada Google Maps yang telah membantu kita semua untuk menemukan suatu tempat yang ingin kita kunjungi dengan satu klik di ponsel kita.

“We live in a time of extraordinary change, change that’s affecting the way we live and the way we work. New technology replaces any job where work can be automated. Workers need more skills to get ahead. These changes aren’t new, and they’re only going to accelerate. So the question we have to ask ourselves is, ‘How can we make sure everyone has a fair shot at success in this new economy?” —barack obama.

Bahkan sekarang, banyak aspek dari kehidupan modern kita yang telah dikuasai oleh perangkat lunak, yang diperintahkan oleh kode-kode, suatu hasil dibuat nyata oleh orang orang yang bisa coding dan mengaplikasikannya untuk membuat software.

Sistem banking, sistem entertaintment, tv, akun sosial media, dan mobile phone semuanya ditenagai oleh software yang dibuat oleh orang-orang yang pandai koding. Code memainkain peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari pada jaman sekarang, kebanyakan orang masih belum sadar dampak besar yang ditimbulkan dalam kehidupan kita.

Dengan kemampuan untuk koding atau membuat program, kalian akan mendapatkan kekuatan untuk mengubah dunia.

1. Aplikasi yang dapat mengubah permasalahan yang mudah
Banyak aplikasi suskes dan platform yang telah dibuat hanya karena pembuatnya ingin menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menyelesaikan tugas
    Startups seperti Magic, GoGet and BeLaze membantumu menyelesaikan tugas sehari-hari. Mereka memungkinkan membuat seseorang menjalankan tugas kalian atau menawarkan layanan yang sangat dibutuhkan hanya dengan sekali klik sebuah tombol.

  • Membeli barang online
    Jika kalian terlalu malas untuk melakukan belanjaan kalian, kalian juga bisa memesan secara online dari platform seperti GoMart, Shopee, Tokopedia, blibli, buka lapak, dan lain lain.
    Jika kalian terlalu malas untuk makan siang atau makan malam, Kalian bisa memesannya dari aplikasi seperti GoFood!

  • Mengorganisir jadwal
    Dengan jadwal modern kita yang sibuk, kebanyakan dari kita mungkin tidak akan bisa bertahan tanpa aplikasi perencanaan jadwal. Sebagian besar pertemuan dan acara disinkronkan di seluruh perangkat melalui Google Calendar atau Reminders pada iPhone.

2. Aplikasi yang menyediakan hiburan
Games pada smartphone kita telah mengubah gaya hidup kita dikala bosan, seperti flappy bird yang sempat hits, angry bird, candy crush, dan lain lain!

3. Aplikasi yang menyelesaikan permasalahan bagi orang banyak

  • Facebook – menghubungkan orang orang
    Sebagai contoh, facebook mengubah cara kita berhubungan dan tetap terhubung dengan teman-teman kita. Dulu, kita harus pergi ke rumah teman kita masing-masing untuk melihat album foto masing-masing. Sekarang, yang kita harus lakukan hanyalah mengupload foto kita dan menge-tag satu sama lain di facebook.

  • Google – Mengorganisir Informasi Dunia
    Dulu, kita harus melihat buku kuning yang tebal untuk mencari dimana restaurant berada. Hari ini, dengan google, kita bisa cari informasi apa saja.

  • Uber – Transportasi
    Beberapa tahun yang lalu, kita harus mengantri atau berdesak-desakan untuk memanggil taksi. Hari ini, dengan uber, Kalian bisa melakukannya dengan hanya beberapa ketukan sebuah tombol.

  • Whatsapp, Snapchat & Virtual Reality – Komunikasi
    Belum lama ini orang biasa membawa-bawa beeper, atau harus mengingat nomor telepon untuk melakukan panggilan. Saat ini, melalui berbagai alat komunikasi yang tersedia, kita berkomunikasi dalam media dan cara yang memungkinkan kita untuk mengungkapkan dan berbagi pengalaman seperti kita.

4. Algoritma yang membuat seluruh proses efisien
Algoritma dapat membantu merampingkan dan membuat banyak proses pasang surut lebih efisien. Algoritma dapat menghitung rute terpendek untuk diambil kendaraan dan secara signifikan menurunkan biaya operasi logistik dengan menghitung cara yang paling efisien untuk mengantarkan barang ke seluruh dunia.

5. Perangkat lunak yang menjadikan sebuah otomatisasi terjadi

  • Robotika
    Lengan lengan robot dan jalur pemrosesan di pabrik mengandalkan kode dan perangkat lunak untuk petunjuk bagaimana cara mengoperasikannya. Kode mengatur bagaimana data dari sensor ditafsirkan dan bagaimana mesin bermanuver dan melakukan tugas tergantung pada keadaan.

6. Program yang bekerja dengan perangkat keras

  • Internet Of Things
    Dunia teknologi sekarang bergerak menuju sektor baru ini yang dikenal dengan Internet Of Things, atau IoT, yang pada dasarnya merupakan integrasi perangkat lunak dan internet menjadi objek sehari-hari seperti jam tangan, tv-sets, peralatan rumah tangga serta berbagai mesin kelas industri. .
    NEST & Smart Home Concepts

  • Self-Driving Cars (Mobil yang bisa menyetir sendiri)
    Tesla dan Google telah membuktikan kelayakan mobil self-driving. Yang terakhir terdengar, Uber juga ingin ikut main. Karena semakin banyak orang belajar bagaimana kode dan mengatasi masalah ini, sistem ini akan menjadi lebih baik dan lebih baik.

7. Perangkat lunak yang berkontribusi pada kemajuan bioteknologi
Kode juga merevolusi bidang kedokteran dan membantu memperpanjang hidup dan membuat hidup lebih baik bagi penyandang cacat.

  • Bionics & Prosthetics
    Dipasangkan dengan neurosensor dan robotika lanjut, pasien sekarang dapat memiliki anggota tubuh bionik yang dapat dikendalikan sehingga mereka dapat melakukan tugas. Banyak kode yang diperlukan untuk menguraikan sinyal listrik kompleks dari sistem saraf kita dan mengubahnya menjadi instruksi yang jelas yang dapat dipahami dan dilakukan oleh lengan bionik.

  • Pengurutan DNA
    Begitu kalian telah belajar berkode, kalian juga dapat mengubah dunia dengan melakukan lebih banyak penelitian tentang genom manusia, yang pada dasarnya adalah kode yang mengendalikan bagaimana tubuh biologis kita bekerja, untuk melihat apakah kalian dapat menemukan terobosan medis atau penyembuhan penyakit.

8. Roket dan teknologi luar angkasa
Tanpa kode dan algoritma, Elon Musk tidak akan bisa mengurangi harga pengiriman muatan ke luar angkasa secara signifikan dengan membawa roket kembali ke bumi dengan aman.

Sources

https://www.nextacademy.com/blog/12-ways-can-change-world-code/