Bagaimana pemrogram prosedural pada PASCAL?

Didunia IT banyak sekali bahasa pemograman yang sangat bagus dan mudah dipahami , nah disini saya ingin bertanya Bagaimana Progam Prosedur pada PASCAL?

Fitur Bahasa PASCAL

Pascal memiliki beberapa fitur yang membuatnya cocok untuk belajar pemrograman dan untuk membuat aplikasi komersil. Beberapa diantaranya adalah:

Tipe data bawaan: Pascal memiliki tipe data standar yang umum terdapat dalam bahasa pemrograman komputer seperti Integer, Real, Character, dan Boolean.

Tipe data bentukan: Pascal membolehkan kita untuk membuat tipe data bentukan yang didefenisikan sendiri.

Memiliki beragam struktur data: Pascal menyediakan beberapa struktur data seperti Array, Record, File dan Set.

Aturan tipe data yang ketat: Pascal membatasi penggunaan tipe data secara ketat. Kita hanya bisa menggunakan variabel untuk 1 tipe data saja dan variabel tersebut harus dideklarasikan terlebih dahulu.

Mendukung struktural programming: Bahasa Pascal dirancang dengan konsep pemrograman terstruktur yang mendukung sub program melalui fungsi dan prosedur

Sederhana dan expresif: Pascal banyak menggunakan perintah-perintah dalam bahasa inggris sederhana, sehingga mudah dipahami.

Mendukung pemrograman objek: Walaupun tidak banyak dibahas, tetapi Pascal juga mendukung pemrograman berbasis objek, terutama pada compiler versi terakhir.

Bahasa pemrograman menggunakan fungsi dan prosedur untuk mengelompokkan petunjuk bersama. Rutinitas ini mempermudah pengelolaan kode yang terkait dengan program Anda, tanpa mereka menulis kode akan jauh lebih sulit. Fungsi dan Prosedur dinyatakan dalam Blok Delphi bahasa Pascal.

Prosedur adalah subprogram yang, mengembalikan satu nilai, memungkinkan untuk mendapatkan sekumpulan hasil.

Di Pascal, sebuah prosedur didefinisikan dengan menggunakan kata kunci prosedur. Bentuk umum dari definisi prosedur adalah sebagai berikut -

image
Definisi prosedur di Pascal terdiri dari sebuah header, deklarasi lokal dan sebuah badan prosedur. Header prosedur terdiri dari prosedur kata kunci dan nama yang diberikan pada prosedur , Berikut ini adalah semua bagian dari prosedur :sunny:

Argumen - Argumen (s) membangun keterkaitan antara program pemanggilan dan pengidentifikasi prosedur dan juga disebut parameter formal. Aturan untuk argumen dalam prosedur sama dengan fungsi itu.

Deklarasi lokal - Deklarasi lokal merujuk pada deklarasi untuk label, konstanta, variabel, fungsi dan prosedur, yang hanya berlaku untuk bodi prosedur.

Badan Prosedur - Badan prosedur berisi kumpulan pernyataan yang menentukan prosedur yang dilakukannya. Itu harus selalu tertutup antara kata-kata yang dicadangkan mulai dan diakhiri. Ini adalah bagian dari prosedur di mana semua perhitungan dilakukan.

Prosedurnya seperti program kecil. Terkadang mereka disebut sub-program. Mereka adalah bagian penting dari program dan membantu pemrogram untuk menghindari pengulangan karena mereka mempromosikan penggunaan ulang kode. Sebuah prosedur di Pascal dimulai dengan dimulai dan diakhiri dengan akhir seperti sebuah program ;. Ini juga dapat memiliki variabel sendiri (disebut variabel lokal). Variabel lokal yang termasuk dalam prosedur tidak dapat digunakan dengan program utama. Variabel yang dinyatakan dalam sebuah program disebut variabel global.

  1. Deklarasi prosedur
    Kata kunci prosedur menunjukkan dimulainya deklarasi prosedur. Ini diikuti oleh pengenal yang digunakan untuk memberi nama prosedur. Dalam contoh di atas Main, SayHello, dan ShowMessage adalah nama prosedurnya. Mengikuti pengenal prosedur adalah daftar parameter formal daftar ini dimulai dengan sebuah braket terbuka (yaitu () dan berisi sejumlah deklarasi parameter yang dipisahkan oleh titik koma (;). Contoh utama di atas memiliki daftar parameter kosong, SayHello berisi satu deklarasi parameter tunggal. , sementara ShowMessage memiliki dua deklarasi parameter.
    Sebuah deklarasi prosedur memberitahu kompilator tentang nama prosedur dan bagaimana memanggil prosedur. Tubuh sebenarnya dari prosedur dapat didefinisikan secara terpisah.

image

Diketahui bahwa nama prosedur tidak terkait dengan jenis apa pun. Untuk prosedur di atas findMin (), berikut ini adalah deklarasinya
image

2. Memanggil sebuah Prosedur

Saat membuat sebuah prosedur, Anda memberi definisi tentang prosedur yang harus dilakukan. Untuk menggunakan prosedur ini, Anda harus memanggil prosedur itu untuk melakukan tugas yang ditentukan. Ketika sebuah program memanggil sebuah prosedur, kontrol program dialihkan ke prosedur yang disebut. Prosedur yang disebut melakukan tugas yang didefinisikan, dan ketika pernyataan akhir akhirnya tercapai, prosedur yang dikembalikan akan kembali ke program pemanggilan.

Untuk memanggil prosedur, Anda hanya perlu melewati parameter yang diperlukan beserta nama prosedur seperti yang ditunjukkan di bawah ini -

image
Ketika kode di atas dikompilasi dan dieksekusi, menghasilkan hasil sebagai berikut
image

3. Blok subrutin

Blok subrutin adalah satu blok, seperti yang dibahas dalam Pascal - Programs. Bagian deklarasi blok ini biasanya hanya berisi deklarasi variabel dan konstan, meskipun dapat menyertakan deklarasi lainnya juga.

4. Argumen Subprogram

Jika sebuah subprogram (fungsi atau prosedur) adalah dengan menggunakan argumen, ia harus mendeklarasikan variabel yang menerima nilai argumen. Variabel ini disebut parameter formal subprogram.

Parameter formal berperilaku seperti variabel lokal lainnya di dalam subprogram dan dibuat saat masuk ke subprogram dan hancur saat keluar.

Saat memanggil subprogram, ada dua cara agar argumen dapat diteruskan ke subprogram

1. call by value
Metode ini menyalin nilai sebenarnya dari sebuah argumen ke dalam parameter formal subprogram. Dalam kasus ini, perubahan yang dilakukan pada parameter di dalam subprogram tidak berpengaruh pada argumen. pass by value hanya dapat mengcopy nilai sehingga saat di panggil nilainya tetap memakai nilai diprogram utama.
image

2. call by reference
Metode ini menyalin alamat sebuah argumen ke dalam parameter formal. Di dalam subprogram, alamat digunakan untuk mengakses argumen sebenarnya yang digunakan dalam panggilan. Ini berarti bahwa perubahan yang dilakukan pada parameter mempengaruhi argumen.
image

Dapat dilihat perbedaannya dengan pass by value, pada pass by reference, nilai variabel dikirim berdasarkan alamat sehingga perubahan nilai yang terjadi pada prosecedure dapat berpengaruh
sebagai parameter keluaran, dimana nilai yang berubaha didalam procesure dapat dipanggiil keluar dari perocedure dengan catatan varibel harus dideklarasikan sendiri-sendiri.

image
Prosedur diciptakan untuk membagi-bagi sebuah program kedalam beberapa sub program, sehingga program menjadi lebih sederhana dan efisien.

Bentuk Prosedur :

PROCEDURE Nama_Prosedur
(parameter input : tipe; var parameter output :tipe);

Parameter :
Parameter merupakan nama Variabel yang dideklarasikan pada bagian header Prosedur. Parameter dibagi menjadi dua macam yaitu :

  1. Parameter aktual (argumen) adalah parameter yang disertakan pada waktu pemanggilan prosedur.
  2. Parameter formal adalah parameter yang dideklarasikan di dalam bagian header prosedur itu sendiri.

Aturan Parameter yaitu :

  1. Jumlah parameter aktual pada pemanggilan prosedur harus sama dengan jumlah parameter formal pada header prosedur/ Fungsinya.
  2. Tiap parameter aktual harus bertipe sama dengan tipe parameter formal yang bersesuaian.

Variabel
Variabel adalah simbol yang mewakili nilai tertentu dan nilai dari variabelnya dapat diubah-ubah. Variabel dibagi menjadi dua macam yaitu :

  1. Variabel Global
    Merupakan variabel yang dapat dikenali oleh semua sub-program dan program utama.
    Dideklarasinya berada di awal program.
  2. Variabel Lokal
    Merupakan variabel yang hanya dapat dikenali oleh sub-program yang mendeklarasikannya.
    Dideklarasinya berada di dalam sub program.

Deklarasi Prosedur
Bagian yang terpisah dari program dan dapat diaktifkan bagian yang manapun didalam suatu program.

PROCEDURE Nama_prosedur
(parameter_input:tipe; Var parameter_output : tipe);

Var …… {Deklarasi Variabel Lokal}
Begin
;
End;

Jenis Prosedur
Jenis prosedur dibagi menjadi 4 macam yaitu :

  1. Prosedur Tanpa Parameter
  2. Prosedur Dengan Parameter Input
  3. Prosedur Dengan Parameter Output
  4. Prosedur Dengan Parameter Input dan Output

Contoh :
Buatlah program untuk menghitung luas segitiga !

1. Dengan Prosedur Tanpa Parameter
Semua proses dilakukan di dalam prosedur yaitu input data, hitung, dan cetak hasil tanpa menggunakan parameter.

Deklarasi :

Procedure LuasSegitiga; {tanpa parameter}

image

Program tidak efisien karena belum melakukan pembagian tugas menjadi beberapa sub program. Program Utama hanya memanggil satu prosedur untuk dijalankan.

Prosedur diberi nama LuasSegitiga tanpa menggunakan parameter formal dan variabel alas,tinggi, dan luas dideklarasikan kedalam prosedur. sehingga variabel tersebut merupakan variable lokal.

2. Dengan Prosedur Parameter Input
Prosedur ini hanya menggunakan parameter formal input yang bertugas menerima data yang dikirim ke dalam prosedur nanti.

Bentuk deklarasinya seperti berikut:

Procedure LuasSegitiga (alas,tinggi: Real);

Alas dan tinggi merupakan Variabel formal yang berfungsi untuk menerima data dari variable aktual pada saat dipanggil.

LuasSegitiga(a,t);

Variabel a dan t adalah parameter aktual yang nilainya didata ke dalam prosedur dan diterima oleh variable aktual yaitu alas dan tinggi. Syarat yang harus diikuti adalah variabel alas, tinggi, a , dan t harus bertipe sama dan urutannya harus bersesuaian.

image

Dalam program di atas, kita melihat bahwa nilai variable a dan t dilakukan dalam program utama, kemudian nilainya didata ke prosedur pada saat memanggil prosedur LuasSegitiga.

3. Prosedur Dengan Parameter Output
Prosedur ini hanya menggunakan parameter output saja dengan parameter output yang selalu didahului oleh kata kunci Var.

Bentuk deklarasinya adalah sebagai berikut :

Procedure Nama_prosedur(Var parameter_output:tipe)

Contoh :

Procedure LuasSegitiga( Var Luas: Real);

image

Cara kerja program tersebut :

  1. Proses input data dilakukan dalam prosedur
  2. Kemudian hasil perhitungan Luas didata kembali ketika dipanggil dari program utama
  3. Hasil perhitungan luas didata melalui variable luas dan diterima oleh variable l.

Syaratnya adalah tipe variable luas dan l harus sama supaya hasil perhitungan dapat didata dan dioutputkan.

4. Prosedur Dengan Parameter Input dan Output

Prosedur ini menggunakan parameter formal input dan output.

Bentuk deklarasinya adalah sebagai berikut :

Procedure Nama_prosedur
(parameter_input : tipe; Var parameter_output :tipe)

Prosedur menerima nilai/data dari variable a dan t yang didata ke dalam melalui parameter input alas dan tinggi, kemudian mengirim hasil perhitungan luas ke program utama lewat variable output Luas dan diterima oleh variable L.

Contoh :

Procedure LuasSegitiga( alas,tinggi: Real; Var Luas:Real);

image

Cara kerja program :

  1. Program utama melakukan input nilai variable a dan t
  2. Kemudian didata ke prosedur yang diterima oleh variable alas dan tinggi
  3. Kemudian hasil perhitungan luas didata kembali lewat variable luas dan diterima oleh variable L.

Dengan demikian hasil perhitungan luas dicetak dalam program utama dengan menggunakan variable L.


Begitulah cara kerja Konsep Program Prosedur pada Pascal, sebelum melakukan Program Prosedur dibutuhkan beberapa hal penting yaitu Bentuk, Parameter, Variabel, dan Deklarasi Prosedur supaya bisa mempermudah sebelum membuat Program Prosedur Pascal.

SUMBER :