Bagaimana Pemerintah Mempersiapkan Generasi Muda untuk Menghadapi Persaingan di era Globalisasi?

globalisasi

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Generasi muda yang memiliki peran yang begitu penting untuk globalisasi maka dari itu

Bagaimana cara pemerintah dalam menghadapi masalah persaingan dunia untuk para generasi muda diera globalisasi ini ?

globalisasi

Globalisasi adalah kata yang tidak lagi asing bagi kita. Globalisasi merupakan suatu kondisi dimana perbedaaan jarak dan letak geografis bukan lagi menjadi penghalang untuk berkomunikasi. Dunia seakan tanpa batas, sehingga makin dekat dan menyebar luas. Adanya globalisasi akan berpengaruh pada suatu bangsa dan negara, masyarakat bahkan individu dalam masyarakat. Pengaruh yang ditimbulkan globalisasi pada suatu bangsa terjadi di berbagai bidang, antara lain : bidang ekonomi, politik, bidang sosial budaya, bidang pertahanan dan keamanan, bidang agama, bidang pendidikan, teknologi dan sebagainya.

Perkembangan dunia telah sampai di zaman globalisasi yang diiringi perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih, hal ini menyebabkan tantangan bagi para pelaku sejarah di zaman ini semakin berat. Seluruh penduduk harus menyiapkan strategi bagaimana menghadapi globalisasi tersebut. Bagi bangsa Indonesia, Globalisasi berperanan penting bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia karena mampu membantu masyarakat dalam upaya mencapai kesejahteraan hidupnya. Globalilasi yang sarat akan tantangan dan kompetisi menuntut pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai daya saing yang tinggi, termasuk juga bagi masyarakat Indonesia. Sumber daya manusia merupakan aset penting bagi suatu negara. Begitu pula dengan Indonesia, Sumber daya manusia menjadi harapan untuk memajukan bangsa Indonesia. Era Globalisasi yang sedang berkembang pesat ini memiliki banyak tantangan dan pengaruh yang mendalam. Hal ini mengharuskan kita mengikuti perkembangan dan mampu bersaing di dalamnya.

Menurut Engkoswara, “Tantangan yang terjadi pada era globalisasi adalah semakin menipisnya kualitas kemandirian bangsa Indonesia. Krisis yang melanda Indonesia yang multidimensi mengakibatkan budaya bangsa semakin memudar, yaitu terjadinya degradasi moral spiritual, semangat berusaha dan bekerja yang semakin melemah, kreativitas yang semakin mengerdil”.

Ketrampilan Hidup atau Life Skill bagi generasi muda ( remaja ) sangatlah penting untuk dimiliki dan dikembangkan. Hal ini didasarkan atas peran sertanya yang penting dalam proses pembangunan suatu bangsa. Dilihat dari pengertiannya ketrampilan hidup atau life skill adalah berbagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat berperilaku positif dan beradaptasi dengan lingkungan, yang memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam hidupnya sehari-hari secara efektif.

Beberapa hal yang bisa membantu dalam menghadapi globalisasi ini.

  1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Sudah menjadi rahasia umum jika ada sumber daya manusia di era sekarang ini yang mengalami kemunduran. Hal ini disebabkan karena minimnya pendidikan di negeri ini. Demi mengatasi era saat ini yang semakin memburuk karena globalisasi bangsa kita sebagai penerusnya adalah untuk mempromosikan pentingnya pendidikan yang berkualitas, gap ini tidak berarti kita harus melakukan hal-hal yang tidak tepat untuk kita lakukan di dunia pendidikan sebagai sogokan saat memasuki agensi yang ada seperti sekolah, universitas dan bahkan pegawai negeri sipil. Untuk itu kita harus mempromosikan program pendidikan yang efektif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia generasi penerus. Kini penurunan sumber daya manusia tidak menjadi rahasia pribadi namun rahasia publik.

  1. Meningkatkan jiwa semangat persatuan, persatuan, dan nasionalisme

Meningkatkan jiwa semangat persatuan, persatuan, dan nasionalisme
Kita sebagai bangsa sendiri berkewajiban untuk meningkatkan rasa nasionalisme. Karena di era globalisasi ini manusia mudah terpengaruh oleh dunia mondar-mandir ini. Demi kemakmuran bangsa sendiri bangsa harus bisa membawa negaranya sendiri ke arena internasional.

  1. Pertahankan Bea dan Kebudayaan Daerah

Kita harus dan harus melestarikan budaya kita. Jika kita tidak melestarikan budaya yang ada di negara kita akan hilang dan digantikan oleh budaya barat. Untuk itu kita harus bisa menyaring budaya yang masuk ke negara kita. Jika budaya sudah jelek kita harus pergi, apalagi kalau memang mengalahkan dirinya sendiri meski memang trend saat ini. Untuk itu, sebagai warga negara kita diwajibkan untuk melestarikan budaya mereka yang mungkin bisa kita kembangkan ke kancah internasional.