Bagaimana pemeriksaan serta terapi dan pencegahan pada Lambung Sarat dan Sumbatan Pilorus?

Proses penyakit Lambung Sarat dan Sumbatan Pilorus biasanya berlangsung akut, dan ditandai dengan anoreksia total, terhentinya proses ruminasi, muntah, dehidrasi dan kelemahan umum. Bagaimana pemeriksaan serta terapi dan pencegahannya?

Pemeriksaan patologi-klinis
Selain adanya perubahan hemokonsentrasi tidak ditemukan perubahan yang berarti dalam darahnya. Jumlah protein dalam plasma menunjukkan kenaikan yang cukup tinggi. Kemih yang dikeluarkan berwarna kuning tua dan memiliki masa jenis yang tinggi.

Pemeriksaan patologi-anatomis
Dalam seksi ditemukan adanya tanda-tanda dehidrasi yang menyolok. Juga tanda-tanda adanya shock yang berupa melebarnya pembuluh darah perifer serta kosongnya jantung ditemukan. Selaput lendir abomasum tampak normal sampai rapuh, dengan di beberapa tempat terdapat perdarahan titik. Pilorus mengalami peradangan pada tempat di sekitar ingesta yang menjadi padat atau setengah padat yang menjadi penyumbat. Benda tersebut biasanya terdapat di sebelah depan dari sphincter pilorus, dan berbentuk sebagai telur atau bolus, dengan konsistensi liat, padat atau setengah padat. Pemeriksaan atas saluran pencernaan sesudah abomasum tidak mengalami kelainan, kecuali kosongnya usus dan rektum.

Terapi dan pencegahan
Kebanyakan kejadian dilaporkan dalam keadaan yang sudah lanjut. Pertolongan dengan obat-obatan tidak pernah memberikan hasil baik. Secara operasi, abomasostomi, hasilnya juga tidak selalu menggembirakan. Hal tersebut disebabkan oleh sifat proteolitik dari getah lambung yang akan menghambat proses kesembuhan. Mungkin saran yang terbaik yang dapat diberikan kepada pemilik adalah memanfaatkan penderita untuk konsumsi.

Untuk mencegah gangguan lambung di atas perlu di kan pengelolaan pemberian pakan, baik kualitas dan kuantitas pakan, maupun cara pemberiannya. Tidak boleh diabaikan adalah penyediaan air yang sifatnya ad libitum.

Referensi: Subronto. 1989. Ilmu Penyakit Ternak I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.