Bagaimana pemeriksaan pada Radang Usus yang menyerang hewan memamahbiak?

Perasaan sakit karena radang usus bersifat bervariasi, tergantung pada jenis hewan yang menderita serta derajat radang yang dideritanya. Radang usus yang terjadi bersamaan dengan radang lambung disebut gastroenteritis. Bagaimana pemeriksaannya?

Pemeriksaan patologi anatomis
Pemeriksaan tinja sangat penting dilakukan, untuk menentukan penyebab radang usus dan diare. Perlu diketahui bahwa isolasi virus, kuman atau parasit, belum pasti meyakinkan bahwa agen-agen tersebut merupakan kausa primer radang usus.

Pemeriksaan darah penderita enteritis akut biasanya menunjukkan adanya hemokonsentrasi karena dehidrasi. Pemeriksaan patologi anatomis ini bervariasi tergantung pada penyebabnya maupun faktor lainnya. Perubahan-perubahan tersebut mungkin hanya terlihat sebagai radang ringan pada mukosa sampai radang nekrotik, yang mencapai lapisan submukosa, dan pada permukaan radang ditemukan fibrin maupun produk-produk radang lainnya. Kelenjar-kelenjar limfe di sekitar bagian usus yang mengalami radang biasanya membengkak oedematous.

Dinding usus pada radang usus, terutama pada yang kronik, akan mengalami penebalan. Gambaran radang yang tersifat mungkin ditemukan sesuai dengan sifat khas penyakit primernya. Perubahan atas jaringan tubuh lainnya biasanya tidak ditemukan kecuali tanda adanya dehidrasi dan terganggunya peredaran darah.

Referensi: Subronto. 1989. Ilmu Penyakit Ternak I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.