Bagaimana pembagian kerja para programer dalam proyek pembuatan aplikasi?

Dalam melakukan programing biasanya tidak hanya dilakukan oleh satu programer saja, melainkan dilakukan oleh sebuah tim.

Bagaimana pembagian tugas-tugas yang dilakukan oleh programer dalam mengerjakan suatu proyek ?

Dalam sebuah tim tentunya dipimpin oleh seorang pemimpin tim, dalam hal ini biasanya seorang system analis atau programer senior. Programer senior biasanya orang yang telah bertahun-tahun berpengalaman dalam hal programin dan banyak mengikuti pelatihan. Tugasnya adalah untuk mengawasi tim, memimpin sesi brainstorming dan pemecahan masah, mendelegasikan tugas, memeriksa penulisan kode, memberi saran dan rekomendasi, dan memimpin dalam debbuging dan pemeliharaan softwere.

meeting-image
Anggota tim diseleksi berdasarkan keahlian mereka. Pada awal sebuah proyek, pemimpin tim bersama dengan programer senior akan memecah-mecah masalah menjadi komponen-komponen kecil. Tugasnya dapat bervariasi sesuai dengan kerumitan dan fungsi yang ditugaskan.

Dalam sebuah tim biasanya terdiri dari programer junior, mereka yang belum memiki banyak pengalaman namun memenuhi kulifikasi. Programer junior biasa ditugaskan untuk mengerjakan tugas yang sederhana atau dimasukkan ke dalam kelompok sub bagian pembuatan program. Kelompok ini terdiri dari beberapa programer junior lainnya.

Kerja tim yang baik sangat dibutuhkan dalah pemrograman komputer. Hal ini untuk membantu sumber daya manusia yang terkoordinasi dalam menghasilkan program atau softwere tertentu. Dalam beberapa proyek besar, tim dapat bekerja secara bergantian. Tetapi dengan menggunakan metode bergantian tentunya harus bisa melakukan koordinasi yang lebih baik.

Kerja tim sangat mempengaruhi dalam pemrograman komputer. Sebagian besar program komputer dan perangkat software yang kita nikmati sekarang diproduksi oleh tim. Tim melakukan pembagian masalah dan tugas. Programer senior dan system analys yang melakukan pembagian masalah, sedangkan programer junior mengerjakan tugas yang lebih ringan.

sumber : https://jhcruzr.wordpress.com/tag/teamwork-and-programming/

Dalam membuat sebuah program memang benar kita tidak dapat membuatnya seorang diri karena terdapat banyak fungsi dalam sebuah program yang kompleks. Umumya dalam seuatu tim developer pemrograman terdapat minimal dua divisi yang saling berkaitan yakni divisi back end developer dan front end developer. Back end developer bertugas untuk membuat sistem dari program yang akan dibuat. Sedangkan front end developer bertugas untuk membuat tampilan program menjadi lebih menarik lagi. Mungkin dalam tim developer lain terdapat divisi lain yang memiliki fungsi khusus.

Karena bekerja dalam sebuah tim. Pasti terdapat banyak permasalahan yang akan dihadapi terutama perbedaan pemikiran antara satu dengan yang lain. Atau bahkan terdapat suatu masalah yang lain yang dapat menghambat proses pengerjaan suatu program. Untuk mencegah hal tersebut terjadi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan ketika mengerjakan suatu projek.

Yang pertama adalah rapat, untuk membahas berbagai macam hal mengenai persiapan pembuatan suatu program. Rapat tersebut dilakukan untuk menyamakan tujuan dan pemikiran dalam membuat program serta menentukan peraturan dalam menuliskan kode pemrograman.

Semua peraturan dalam penulisan kode pemrograman harus ditaati oleh setiap anggota. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam menggabungkan atau menghubungkan masing-masing bagian dari program.

Setelah diberi peraturan penulisan program, setiap anggota wajib memahami dan mempelajari peraturan tersebut. Jika tidak dalam divisi atau tim tersebut akan mengalami banyak permasalahan karena salah seorang membuat kode program yang sulit dipahami oleh anggota yang lain.

Ketika dalam proses pengerjaan, masing-masing anggota tim saling berkoordinasi untuk menyamakan pemikiran dan saling memberi masukan atas program yang telah dibuat. Selain itu koordinasi ini akan meminimalisir kesalahpahaman antara angota satu dengan yang lainnya.

Dalam pengerjaan suatu program juga akan dipecah menjadi beberapa tahapan. Setelah suatu tahapan selesai, akan dilakukan suatu evaluasi terhadap program tersebut sebelum melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Hal ini untuk memastikan bahwa program berjalan dengan baik.

Dari beberapa hal yang dilakukan sebuah tim developer. Mereka mengulangi proses terebut hingga semua tahapan selesai dan tidak terdapat kesalahan dalam program tersebut.

Sumber :

Seorang Programmer biasanya bekerja pada sebuah perusahan Startup.Kebanykan dari mereka akan melakukan pekerjaan jika hanya ada hal yang salah dari program yang telah dibuat ataupun perbaikan atau pengembangan sebuah program.Bisa jadi juga seorang programmer dituntut untuk membuat sebuah aplikasi dan diberi batas waktu pengerjaan oleh pimpinan.Karena hal itulah seorang programmer akan kesulitan bisa diberikan pekerjaan yang diharuskan untuk menyelesaikanya dengan jangka waktu tertentu.

Sangat penting bagi programmer agar bisa bekerja sama dalam sebuah tim. Karena keterbatasan waktu itulah programmer tersebut harus bisa menyelesaikan pekerjaanya agar sesuai dengan yang diinginkan atasan dan tepat waktu.

Pada awal pengerjaan biasanya ketua dari team akan menyampaikan deadline dan apa saja yang harus dikerjakan pada proyek tersebut.Saat itulah ketua memutuskan untuk membagi beban pekerjaan kepada setiap anggota team di kelompok.Dalam pembagian tugas akan disesuaikan pada spesialisasi pekerjaan dari masing-masing anggota kelompok.Setelah itu setiap anggota kelompok akan mengerjakan tugas yang telah diberikan.

Dalam mengerjakan tugas biasanya ketua team akan memberikan dadline waktu dan akan mengawasi kinerja mereka dan apa yang melihat sejauh mana pekerjaan yang telah mereka selesaikan.Apakah sesuai dengan yang diinginkan atau tidak.Jika pada tengah jalan ada anggota yang ternyata pekerjaanya tidak sesuai dengan apa yang diinginkan pemimpin. Maka ketua team akan melakukan tindakan lanjut,bisa dengan menggantikanya ataupun memberikan teguran-teguran agar dapat beradaptasi dan lebih bertanggung jawab dengan pekerjaan.

Setelah ada progres pengerjaan biasanya pimpinan akan mengumpulkan mereka untuk diajak rapat tentang perkembangan pekerjaan mereka dan akan melakukan hal ini secara continue sampai program yang diinginkan pemimpin selesai dan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Sumber : https://www.quora.com/How-do-programmers-work-together-on-a-project