Bagaimana pemanfaaatan penyimpanan data yang dapat diakses dimana saja?

Manusia sering lupa jika terburu-buru. Contoh seringnya yaitu lupa membawa file-file data penting sehingga dibutuhkan tempat penyimpanan data yang dapat diakses dimana saja.
Bagaimana pemanfaatan tempat penyimpanan data tersebut?

Seiring perkembangan zaman peran flashdisk maupun hardisk semakin tergantikan oleh penyimpanan data yang berbasis online atau (cloud). Ada macam-aplikasi penyimpanan yang berbentuk cloud
Namun kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu cloud keluaran perusahaaan terbesar di dunia yaitu Google drive.

Apa itu Google drive ?
Google Drive adalah salah satu layanan dari Google yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan secara online berbasis internet atau Cloud . Layanan ini muncul karena tuntutan kondisi saat ini dimana banyak orang yang membutuhkan untuk mengakses data dimanapun, kapanpun, dan dengan gadget apapun baik itu laptop, smartphone, maupun tablet.

Mengapa Google drive ?

  1. Google drive dapat mengirim file dengan ukuran yang cukup besar dengan kapasitas penyimpan maksimal 15GB atau lebih, langsung melalui gmail tanpa perlu mengakses atau membuka fitur gmail terlebih dahulu.
  2. Data yang tersimpan dalam google drive bisa diakses dimanapun dan dengan menggunakan komputer yang berbeda karena file telah tersedia dalam web.
  3. Tidak hanya tersedia pada web atau komputer saja, google drive bisa diakses melalui smartphone dan smartphone sehingga bisa diakses dengan lebih mudah.
  4. Google drive tersinkronisasi dengan web browser sehingga kita bisa mencari atau melakukan searching pada fitur google drive.
  5. Berbagai macam format file dapat dibuka dan diakses dengan menggunakan google drive, termasuk file adobe photoshop .psd, adobe ilustrator ai. dan tipe file lainnya.
  6. Google drive memiliki fitur OCR atau Optical Character Recognition yang merupakan suatu fitur yang bisa mengenali kata atau ekspresi yang tersimpan dalam file yang discan dan disimpan dalam google drive.

Berbagai fungsi dan manfaat google drive tersebut bisa dinikmati secara gratis kita juga bisa mendapat ruang penyimpanan sebesar 15gb, dan tentunya bisa membantu kita dalam meringankan pekerjaan.

source : https://en.wikipedia.org/wiki/Google_Drive

Teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu contohnya adalah perkembangan media penyimpanan mulai dari disket, berkembang menjadi hard disk, berkembang lagi menjadi flash disk, dari flash disk menjadi memory card, kemudian menjadi media penyimpanan cloud yang bisa di akses dimana saja dan kapan saja. Media penyimpanan cloud sangat berguna bagi para pengguna teknologi saat ini, karena kelebihan utamanya yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Sehingga para pengguna teknologi saat ini tidak perlu khawatir jika terjadi masalah seperti flashdisk yang tertinggal atau laptop yang kehabisan baterai. Salah satu layanan yang memberikan media penyimpanan berbasis cloud adalah Dropbox.

Dropbox

Dropbox adalah salah satu layanan media penyimpanan berbasis cloud yang dioperasikan oleh Dropbox.Inc yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data. Dropbox menyediakan layanan yang gratis dan juga berbayar.

Mengapa harus Dropbox?

  1. Dropbox bisa diakses melalui komputer, smartphone, maupun tablet, karena dropbox memiliki mobile apps tersendiri yang bisa di download baik melalui Google Play Store maupun App Store.
  2. Dropbox bisa melakukan file sharing dengan public direct download.
  3. Kapasitas media penyimpanan bisa sebesar 18 GB dengan menginvite 32 orang.
  4. Terdapat fitur re-delete dan undo change files dengan jangka waktu 30 hari, hal ini sangat membantu jika kita tidak sengaja menghapus file yang kita simpan.
  5. Dropbox tidak hanya bisa menyimpan dokumen saja tetapi juga bisa menyimpan foto, berbagi video, dan juga mengerjakan dokumen secara bersama-sama.

Kelima hal tersebutlah yang menjadi kelebihan utama dari Dropbox sekaligus menjadi pembeda Dropbox dengan layanan media penyimpanan berbasis cloud yang lainnya.

Kehilangan alat elektronik mungkin bisa diganti, tetapi bagaimana jika yang hilang adalah data-data penting? Sekarang sudah hadir penyimpanan data berbasis cloud . Menjaga dokumen pribadi dan menyimpannya di satu tempat yang dapat diakses dari berbagai perangkat merupakan hal penting. Maka, hal tersebut sudah meningkatkan minat untuk memakai layanan cloud. Salah satu contoh layanan cloud adalah OneDrive.

download

OneDrive adalah media penyimpan berbasis cloud untuk menyimpan foto, video, atau dokumen di satu lokasi, agar mudah diakses dari apapun perangkat digunakan setiap hari. Layanan sebelumnya dikenal sebagai SkyDrive ini, tersedia kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis, bertambah dari 7 GB. Layanan ini dibuat oleh Microsoft. Layanan ini memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkas secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum.

Kelebihan OneDrive
1. Kapasitas penyimpanan besar
Mungkin bagi seseorang yang memerlukan kapasitas penyimpanan data sangat besar, 15 GB belum terbilang besar. Tetapi, kita dapat menjadi akun premium dan akan mendapatkan kapasitas sebesar 1 TB.
2. Akses dari berbagai perangkat
OneDrive sudah mendukung berbagai OSseperti Android, Mac OS, iOS, Windows, Windows Phone dan versi web.
3. Terintegrasi dengan office online
Dapat mengedit dan mengakses data yang telah di simpan pada OneDrive kapanpun dan dimanapun.
4. Tata letak dapat diatur sendiri
tata letak
Tata letak dapat diubah sesuai keinginan. Seperti pada gambar, terdapat 3 macam templet yang tersedia.

Alasan mengapa kita harus menggunakan OneDrive adalah tampilannya yang elegan dilengkapi dengan menu navigasi yang sederhana sehingga mudah dipahami lalu layanan ini mudah untuk diakses.

Sumber :


https://news.microsoft.com/id-id/2014/06/30/onedrive/

Dari hari ke hari, data yang kita terima akan semakin banyak. Dengan banyaknya data yang diperoleh, maka tempat yang harus disediakan untuk menyimpan data juga akan semakin banyak. Selain itu, data juga seringkali perlu untuk diakses di mana saja saat diperlukan. Seperti yang sudah kita tahu, ada alat penyimpanan data seperti hard disk, flashdisk, CD, dan lain-lain. Namun dengan penggunaan hard drive sebagai alat penyimpanan, data yang disimpan hanya bisa diakses saat kita membawa hard drive penyimpannya bersama kita.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan penyimpanan online. atau biasa dikenal dengan sebutan Cloud Storage. Dengan menyimpan data di Cloud Storage, kita tidak perlu lagi khawatir apa bila kita tidak membawa hard drive bersama kita saat data perlu di akses. Salah satu Cloud Storage adalah Box

Box
Box adalah media penyimpanan yang sangat praktis dalam penggunaanya. Box bertujuan agar semua orang dapat berbagi data.

box_functions

Kelebihan Menggunakan Box

  1. Penggunaan gratis. Yang perlu dilakukan user adalah membuat account lalu login
  2. Kapasitas penyimpanan yang disediakan Box mencapai 10GB
  3. Tidak seperti media cloud lainnya, pengguna tidak akan diganggu dengan adanya iklan
  4. Mengirim data yang telah disimpan dapat dilakukan melalui media sosial seperti facebook, twitter, dan likedin.

Sumber: