Bagaimana Peluang dan Kesiapan Indonesia Dalam Upaya Menjadi Tuan Rumah Olimpiade atau Piala Dunia di Masa Depan dan Apa Saja Yang Perlu Disiapkan?

image

Olimpiade dan Piala Dunia adalah dua event olahraga bergengsi yang masing - masing di selenggarakan setiap empat tahun sekali. Banyak negara di dunia yang sudah sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia ataupun Olimpiade dalam sejarah, dan ada juga yang sudah pernah menyelenggarakan tuan rumah kedua event tersebut seperti Brazil yang pernah menjadi host untuk Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Rio 2016 ataupun Tokyo yang sudah 2 kali menjadi tuan rumah Olimpiade (1964 dan 2020). Menjadi tuan rumah untuk event sekelas Piala Dunia dan Olimpiade tentu saja menjadi kebanggaan sendiri dan juga menjadi keuntungan. untuk piala dunia, negara yang menjadi tuan rumah misalnya dapat otomatis lolos ke fase grup tanpa kualifikasi menjadikan spot tuan rumah untuk piala dunia menjadi rebutan banyak negara seperti Amerika Serikat (menjadi tuan rumah di tahun 1994) ataupun Russa (menjadi tuan rumah di tahun 2018). Negara raksasa lainnya yaitu China kini sedang mempersiapkan asa mereka untuk menjadi tuan rumah piala dunia.

Dan lagi keuntungan finansial dan ekonomi terutama dari sektor industri pariwisata dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi negara yang menjadi tuan rumah Olimpiade atau Piala Dunia. Dalam hal ini, Indonesia dapat berpeluang menjadi tuan rumah Olimpiade ataupun Piala Dunia di masa yang akan datang. Indonesia sendiri sudah menjadi tuan rumah beberapa event olahraga internasional seperti Asian Games 2018 dan Sea Games. Di sisi lain, Menjadi tuan rumah di event olahraga akbar bertaraf internasional seperti Olimpiade ataupun Piala Dunia membutuhkan dana dan persiapan yang tidak sedikit dan sebentar mulai dari pengadaan fasilitas olahraga (contohnya seperti perbaikan stadion, dan lain sebagainya) sampai urusan akomodasi (hotel, wisma, dan lain - lain)

Pertanyaannya adalah, seberapa siap dan besarkah peluang Indonesia dalam menjadi tuan rumah perhelatan Olimpiade atau Piala Dunia di masa depan ? Lalu apa saja prospeknya untuk negara kita dan apa saja yang harus dipersiapkan ? berikan komentar dan tanggapan kalian ya

Indonesia bisa saja menjadi tuan rumah untuk olimpiade piala dunia dimasa depan, Ya, saya juga setuju bahwa dalam mempersiapkan hal tersebut tidaklah mudah. Hal ini butuh support dari berbagai pihak. Salah satunya peran pemerintah dalam menyiapkan pendanaan dan juga perbaikan pembangunan untuk siap dalam menyambut uacara besar tersebut. Untuk meminimalisir kesalahan, kebutuhan untuk menajadikan Indonesia juga harus sesuai dengan arahan dan perecanaan yang matang. Oleh sebab itu, jika negara kita menjadi tuan rumah. Maka pemerintah juga harus segera bergerak mempersiapkan. Jika Indonesia menjadi tuan rumah, tentu saja menjadi keuntungan yang positif bagi pemasukan negara. Salah satunya secara tidak langsung Indonesia dapat dipromosikan karena banyak negara yang ikut serta memeriahkan acara. Serta peran kedatangan turis ke Indonesia yang datang juga akan menambah pendapatan negara.

Hal ini sangat menarik ya, menurut saya sendiri memang mungkin Indonesia dapat menjadi tuan rumah piala dunia di masa depan. Namun, untuk waktunya yang pasti masih sangat jauh. Selain, tuan rumah piala dunia untuk tahun berikutnya hingga 2032 telah ditetapkan. Indonesia tak berhasil untuk menjadi salah satu tuan rumah olimpiade. Selain, masih banyak hal yang harus dipenuhi dari mulai fasilitas bidang olahraga hingga fasilitas pemenuhan protokol kesehatan mengingat telah adanya pandemi. Namun demikian, saya juga berharap agar nanti Indonesia dapat menjadi tuan rumah di Olimpiade dunia.

Berbicara peluang sebuah negara menjadi tuan rumah perhelatan akbar sekelas olimpiade dan juga piala dunia pastinya setiap negara punya peluang yang sama. Bila berbicara Indonesia, Indonesia juga punya peluang yang sama untuk menjadi tuan rumah. Ada rumor yang mengatakan Indonesia mengusulkan menjadi tuan rumah olimpiade 2032, namun sifatnya masih sebatas usulan. Namun, banyak aspek yang harus dipenuhi sebuah negara untuk menjadi tuan rumah event event sekelas piala dunia dan olimpiade. Misalnya, infrastruktur utama dan penunjang para kontingen negara peserta harus diperhatikan dan sesuai dengan standarisasi yang ada. Kemudian fasilitas fasilitas yang disediakan juga harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Kemudian jaminan keamanan dan kondusifitas negara penyelenggara juga mutlak hukumnya, dan masih banyak hal yang perlu dipenuhi untuk menjadi tuan rumah event event besar bertaraf dunia seperti piala dunia dan juga olimpiade. Setidaknya, andai segala aspek berhasil dipenuhi, bukan tidak mungkin wacana Indonesia sebagai tuan rumah olimpiade 2032 bakal terwujud. Namun, untuk saat ini, kita jauh tertinggal dengan negara negara lain. Belajar dari pengalaman sebagai tuan rumah event bertaraf Asia Tenggara, banyak hal yang masih jauh dari event tersebut yang harus dibenahi oleh pemerintah kita.