Bagaimana Pandanganmu Mengenai Kesetaraan Gender?

240_F_296921290_squsFZsyn8qeYAj09Fq18woX5G3ycBrK

Kesetaraan gender berarti kesamaan hak, tanggung jawab, dan kesempatan antara perempuan dan laki-laki. Saat ini ramai sekali perempuan yang menjunjung tinggi kesetaraan gender. Menurut kamu apakah perempuan dan laki-laki memang harus memiliki hak, tanggung jawab dan kesempatan yang sama dalam semua hal? atau hanya dalam beberapa hal aja? Yuk tulis pandangan kamu!

Menurut saya kesetaraan gander itu memang diperlukan. Karena pada dasarnya manusia sebagai makhluk sosial yang artinya tidak dapat hidup sendirian. Baik laki-laki maupun perempuan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga dengan kesetaraan yang ada tidak timbul diskriminasi pada salah satu gander. Kesetaraan menurut saya akan lebih dapat memberikan kerjasama antar laki-laki dan perempuan untuk dapat berkonstribusi sesuai kemampuan dan perannya demi mencapai harapan.

Menurut saya, tentu saja penting. Mengutip lembaga konsultan internasional McKinsey, apabila suatu negara tidak menciptakan lingkungan yang setara seperti kesetaraan gender maka 12 triliun USD kue ekonomi akan hilang atau kira-kira 16,5% dari total ekonomi global setara 8 kali ekonomi Indonesia.

Kesetaraan gender yang ditekankan adalah kesempatan yang sama bagi gender laki-laki dan perempuan dalam hal partisipasi ekonomi, kesetaraan akses pendidikan, kesehatan serta political empowerment.

Dan berdasarkan kemenpppa, kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan, dan memerintah secara efektif. Dengan demikian mempromosikan kesetaraan gender adalah bagian utama dari strategi pembangunan dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat (semua orang) baik itu perempuan ataupun laki-laki untuk mengentaskan diri dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup mereka.

kesetaraan gender adalah konsep yang menyatakan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kebebasan untuk mengembangkan kemampuan personal dan dapat membuat pilihan tanpa pembatasan, stereotype, prasangka, dan peran gender yang kaku. menurut Unesco gender yakni kontstruksi sosio-kultural yang menggarisbawahi hubungan sosial antara laki-laki dengan perempuan. sedangkan menurut Harrien (2014) gender adalah interaksi antar manusia yang struktur sosialnya dengan variasi sangat besar antara laki dan perempuan, hal ini terdapat perbedaan laki-laki dan perempuan dalam hal peran, fungsi, hak, tanggung jawab dan perilaku yang dibentuk oleh nilai sosial, budaya, dan adat dari kelompok masyarakat di kondisi yang ada.
oleh karena itu daripandangan saya bahwa dengan adanya kesetaraan gender merupakan laki-laki dan perempuan yang memiliki peran dan kewaijaban berbeda akan tetapi mereka juga tetap dapat memiliki kebebasan dalam mengembangkan potensi dengan tanpa adanya diskriminasi atau stereotype yang ada.

Sumber :
Qomariah, D. N. (2019). Persepsi Masyarakat mengenai Kesetaraan Gender dalam Keluarga. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 4 (2), 52-58.