Bagaimana pandangan kalian tentang New Media vs Cyberbullying?

Kalian pasti pernah dengar apa itu cyberbullying. Cyberbullying adalah perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Dengan banyaknya platfrom media sosial saat ini malah semakin banyak kasus cyberbullying. Cyberbullying merupakan perilaku berulang yang ditujukan untuk menakuti, membuat marah, atau mempermalukan mereka yang menjadi sasaran. Contohnya komentar jahat, mengolok-olok, menyebarkan berita hoax tentang seseorang dan lain-lain.

Di zaman new media yang serba digital ini membuat para pengguna media bebas melakukan apapun yang mereka mau di dunia Maya. Bahkan mereka lebih “hidup” di dunia Maya dibandingkan di dunia nyata. Namun dampak dari cyberbullying ini sendiri cukup menyeramkan resiko terburuknya bisa menyebabkan korban depresi bahkan sampai memutuskan untuk mengakhiri hidup. Contoh kasusnya mantan personil girl band FX yaitu Sulli yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena mengalami cyberbullying.

Yang ingin saya tanyakan ini sebenarnya media atau katakanlah seperti Instagram atau Facebook yang sering digunakan untuk memposting dan mengomentari itu bertanggung jawab tidak dengan adanya cyberbullying ini? Adakah upaya dari medianya itu sendiri untuk menghilangkan jejak dari cyberbullying? Atau kita sebagai pengguna juga bisa turut ikut serta memberantas adanya cyberbullying?

Referensi

Cyberbullying: Apa itu dan bagaimana menghentikannya