© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana pandangan Islam tentang sifat Ulet?

Ulet berarti tidak putus asa yang disertai dengan kemauan keras dalam berusaha mencapai tujuan dan cita-cita.

1 Like

Orang yang ulet adalah orang yang tabah mengalami penderitaan yang disebabkan oleh perbuatan-perbuatannya sendiri gunamewujudkan keinginan-keinginannya tersebut. Orang yang ulet tidak pernah mengenal kata menyerah dalam menghadapi berbagai permasalahan yang sesulit apa pun.

Jatuh bangun dalam berusaha merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk memupuk sikap ulet pada diri seseorang. Dengan keuletan inilah seorang akanbanyak belajar dalam proses meraih keberhasilan. Berangkat dari berbagai kegagalan yang selama ini dialami, seorang yang ulet justru akan terus berusaha sampai akhirnya dapat meraih kesuksesan dalam usahanya. Al-Quran memberikan gambaran mengenai keuletan seseorang dalam menaati Allah Swt. dan rasul-Nya. Dalam surat Ali ‘Imran Allah Swt. berfirman:

image

Artinya:
“(Yaitu) orang-orang yang menaati perintah Allah dan Rasul-Nya sesudah mereka mendapat luka (dalam peperangan Uhud). Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan di antara mereka dan yang bertakwa ada pahala yang besar. (Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: ‘Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka’, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: ‘Cukuplah Allah menjadi pelindung kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung’.” (QS. Ali ‘Imran (3): 172-173).

Di ayat lain Allah dengan tegas melarang orang yang
berputus asa dengan mengambil kata-kata Nabi Ya’qub kepada anak-anaknya, yakni:

image

Artinya:
“Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.Sesungguhnya tiada berpurus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (QS. Yusuf (12) 87).

Hikmah Keuletan


Orang yang ulet akan “tahan banting” atas setiap ancaman, gangguan, dan berita bohong yang dialamatkan kepada dirinya. Ancaman, gangguan, dan fitnah bagi orang ulet merupakan tantangan untuk menaklukkannya. Semakin besar ancaman, maka semakin kuat niat di hatinya untuk menaklukkan ancaman tersebut.

Bagi para pekerja atau pegawai, keuletan dalam pekerjaan mereka sangat membantu dalam mewujudkan kesuksesan usaha mereka. Betapapun rumit suatu pekerjaan yang dilakukan, jika dihadapi dengan sikap ulet dan tekun maka pada akhirnya akan dapat dipecahkannya dan dapat diselesaikan dengan baik, meskipun butuh waktu lama.

1 Like