Bagaimana pandangan Frederick W. Taylor terkait teori manajemen organisasi ?

Awal sekali ilmu manajemen timbul akibat terjadinya revolusi industri di Inggris pada abad 18. Para pemikir tersebut rnemberikan pematian temadap masalah-masalahmanajemen yang timbul baik itu di kalangan usahawan, industri maupun masyarakat. Bagaimana sejarah singkat Frederick W. Taylor pada teori manajemen klasik?

Frederick W. Taylor dikenal dengan manajemen ilmiahnya dalam upaya meningkatkan produktivitas. Gerakannya yang terkenal adalah gerakan efisiensi

kerja. Taylor membuat prinsip-prinsip yang menjadi intinya manajemen ilmiah yang terkenal dengan rencana pengupahan yang menghasilkan turunnya biaya dan meningkatkan produktivitas, mutu, pendapatan pekerjaan dan semangat kerja karyawan. Adapun filsafat Taylor memiliki 4 prinsip yang ditetapkan yaitu :

  1. Pengembangan manajemen ilmiah secara benar.
  2. Pekerjaan diseleksi secara ilmiah dengan rnenempatkan pekerjaan yang cocok untuk satu pekerjaan.
  3. Adanya pendidikan dan pengembangan ilmiah dari para pekerja.
  4. Kerjasama yang baik antara manajernen dengan pekerja.

Dalam menerapkan ke-empat prinsip ini, beliau menganjurkan perlunya revolusi mental di kalangan manajer dan pekerja. Adapun prinsip-prinsip dasar menurut Taylor mendekati ilmiah adalah :

  1. Adanya ilmu pengetahuan yang menggantikan cara kerja yang asal-asalan.
  2. Adanya hubungan waktu dan gerak kelompok.
  3. Adanya kerja sama sesama pekerja, dan bukan bekerja secara individual.
  4. Bekerja untuk hasil yang maksimal.
  5. Mengembangkan seluruh karyawan hingga taraf yang setinggi-tingginya, untuk tingkat kesejahteraan maksimum para karyawan itu sendiri dan perusahaan.

Buku-buku Taylor yang terkenal adalah “Shop management (1930)”, Principles Of Scientific Management (1911)", dan “Testimony Before Special House Comittee (1912)”. Dan pada tahun 1947, ketiga buku tersebut digabungkan dalam 1 (satu) buku dengan judul “Scientific Management”.