Bagaimana pandangan anda tentang perkembangan Teknologi saat ini?

Teknologi saat ini adalah suatu kebutuhan penting bagi manusia, namun, pahamkah anda tentang teknologi itu sendiri? teknologi saat ini memang sangat membantu tugas - tugas manusia, namun teknologi juga memiliki sisi buruk, apakah pandangan itu benar? lalu bagaimana pandangan anda untuk menyikapi teknologi pada jaman sekarang ini?

1 Like

Definisi Teknologi
Teknologi merupakan kata dalam Bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari bahasa Inggris, yaitu ‘ technology ’. Saat ini penggunaan kata teknologi umum digunakan untuk segala sesuatu yang memiliki sifat teknis dapat mempermudah pekerjaan manusia dan tentu saja teknologi merupakan salah satu hasil kebudayaan yang sengaja ataupun tidak sengaja dibuat oleh manusia. Sebelum itu, teknologi juga diyakini berasal dari bahasa Yunani, yaitu Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.

Faktor - faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Teknologi
Banyak faktor yang mempengaruhi manusia dalam penggunaan teknologi.

  1. Faktor Sosial
    faktor sosial sebagai internalisasi individu dari referensi kelompok budaya subyektif dan mengkhususkan persetujuan antar pribadi bahwa individu telah berusaha dengan yang lain pada situasi sosial khusus.

  2. Faktor Affect
    faktor affect sebagai perasaan gembira, kegirangan hati, kesenangan atau depresi, kemuakan, ketidaksenangan dan benci yang berhubungan dengan individu tertentu dalam pemanfaatan teknologi.

  3. Faktor Kompleksitas
    Kita biasanya dihadapkan kepada masalah - masalaha kompleksits, seperti contohnya tugas yang berat dan juga menyita banyak waktu. Maka dari itu dengan adanya teknologi, dapat membantu pekerjaan manusia yang kompleks.

  4. Faktor Jangka Panjang
    Konsekuensi jangka panjang didefinisikan sebagai hasil yang diperoleh dimasa datang, seperti peningkatan fleksibilitas, merubah pekerjaan atau peningkatan kesempatan bagi pekerjaan yang lebih berarti.

Tujuan Penggunaan Teknologi
Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan kata lain, karena sangat solusi, kreativitas, efektivitas dan efisiensi dibutuhkan dalam sebuah sistem kerja maka teknologi informasi ini kemudian diciptakan.

Manfaat Penggunaan Teknologi
Banyak sekali manfaat dari penggunaan teknologi, namun kita harus benar - benar menyaring sikap kita dalam penggunaan teknologi. berikut beberapa manfaat dalam penggunaan teknologi :

  1. Manfaat dalam dunia Pendidikan
    manfaat teknologi hadir dalam berbagai bentuk. Dari pengolahan data dengan komputer, e-learning, dan pengerjaan tugas berbasis IT. Dampaknya pun semakin terasa di masa pandemi seperti sekarang. Karena Kegiatan Belajar Mengajar tidak bisa dilakukan secara langsung untuk sementara waktu, aktivitas tersebut kini mengandalkan perangkat seperti laptop dan smartphone untuk pengajaran online hingga mengumpulkan tugas.

  2. Manfaat Bidang Kesehatan
    Peran teknologi dalam bidang kesehatan berjasa dalam memperbaiki manajemen klinik hingga rumah sakit. Jika dulu staf harus mencatat riwayat kesehatan pasien secara manual dalam berkas, sekarang mereka dapat mengarsipkan semuanya di komputer.

  3. Manfaat Bidang Telekomunikasi
    Dulu, Anda harus menulis surat saat ingin bertukar kabar dengan kerabat atau teman yang tinggal di luar kota. Sekarang, penerapan teknologi informasi membuat proses tersebut lebih cepat dengan menghadirkan telepon maupun ponsel genggam. Sehingga hanya diperlukan hitungan detik bagi Anda untuk mengirimkan pesan.

  4. Manfaat Bidang Bisnis dan Industri
    Teknologi dapat membantu membuat rancangan desain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada industri serta bisa mengontrol mesin produksi dengan ketepatan yang baik. Apalagi seperti yang kita ketahui industri membutuhkan hal yang cepat untuk produksi dalam jumlah besar.

  5. Manfaat Bidang Pemerintahan
    Teknologi dapat diaplikasikan dalam mengolah suatu data dan informasi yang ditujukan kepada masyarakat. Bisa meningkatkan hubungan antara pemerintah dan masyarakatnya. Sehingga apa yang terjadi di suatu daerah tertentu dapat diketahui dengan cepat menggunakan teknologi.

Referensi :
S. Sarker, J. Valacich, and S. Sarker, “Technology Adoption by Groups: A Valence Perspective,” J. Assoc. Inf. Syst. , vol. 6, no. 2, pp. 37–71, 2005, doi: 10.17705/1jais.00064.

1 Like