Bagaimana Model stres adaptasi dalam keperawatan jiwa?

Keperawatan jiwa adalah proses interpersonal yang berusaha untuk meningkatkan dan mempertahankan perilaku sehingga klien dapat berfungsi utuh sebagai manusia.

Bagaimana Model stres adaptasi dalam keperawatan jiwa ?

kesehatan jiwa

Model stres adaptasi pertama kali dikembangkan oleh Gail Stuart pada tahun 1983. Fakta menunjukkan bahwa banyak pasien mengalami gangguan jiwa karena kegagalan beradaptasi, misal pada ringkasan kasus berikut.

Kasus 1
Nona A lulusan sekolah menengah atas dan termasuk dalam peringkat sepuluh besar. Rumah agak terpencil dan jauh dari kota besar. Sepulang dari kelulusan SMA, ia dengan bangga bercerita kepada ibunya dan mengutarakan rencana kuliah yang ingin ditempuh. Ibunya tidak terlalu menanggapi keinginan anaknya untuk kuliah, bahkan ibu memberikan nasihat, “Sudahlah Nak, kamu ini wanita, untuk apa sekolah sampai perguruan tinggi, toh setelah itu kamu akan kembali ke dapur, sumur, dan kasur”.

Nona A terkejut menegaskan keinginannya untuk tetap kuliah di beberapa perguruan tinggi negeri di kota yang sudah dipilih. Dengan modal peringkat sepuluh besarnya, Nona A yakin dapat menembus seleksi penerimaan mahasiswa baru, kemudian bisa mendapatkan beasiswa. Bagi Nona A, meskipun wanita dan tinggal di desa, harus tetap menempuh pendidikan sampai perguruan tinggi, apalagi modal dasar kepandaian sudah di tangan.

Ibu tetap melarang anaknya yang sudah berusia 17 tahun itu pergi ke kota untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi, meskipun secara finansial sebenarnya orang tuanya mampu untuk membiayai pendidikan anaknya. Akhirnya ibu berkata, “Sudahlah Nak, kamu tidak usah kuliah. Kamu ini wanita. Sebenarnya Ibu sudah memilihkan jodoh untuk dirimu, biarlah tidak terlalu tampan, yang penting dapat menjamin kehidupanmu di masa yang akan datang”.

Nona A tetap pada idealismenya dan ibu tetap pada keinginan untuk segera menikahkan
anaknya karena sudah berjanji dengan calon menantu. Akhirnya dengan berbagai cara ibu merayu anaknya, tidak berhasil, meminta tolong saudara perempuannya, bahkan pada ibu guru ngajinya tidak berhasil.

Akhirnya sang Nona A menjadi pemarah, terutama setiap ketemu wanita dewasa. Oleh karena selalu marah setiap ketemu wanita dewasa inilah, akhirnya Nona A dibawa ke unit psikiatri. Terjadilah gangguan jiwa, risiko mencederai diri, orang lain, atau lingkungan.
Setelah ada trust saat dikaji oleh perawat, ternyata Nona A marah setiap ketemu wanita dewasa, karena Nona A menganggap pasti dia akan menyuruhnya untuk menikah.

Gambaran kasus di atas menunjukkan adanya konflik antara anak dan ibu, yang saling mempertahankan keinginannya sehingga tidak didapatkan adaptasi yang memuaskan.

Gangguan jiwa bukan disebabkan karena roh halus yang bersarang di tubuh manusia, melainkan karena kegagalan beradaptasi dengan kenyataan yang harus dihadapi.

Keperawatan kesehatan jiwa menggunakan model stres adaptasi dalam mengidentifikasi penyimpangan perilaku. Model ini mengidentifikasi sehat sakit sebagai hasil berbagai karakteristik individu yang berinteraksi dengan faktor lingkungan. Model ini mengintegrasikan komponen biologis, psikologis, serta sosial dalam pengkajian dan penyelesaian masalahnya.

Apabila masalah disebabkan karena fisik, maka pengobatan dengan fisik atau kimiawi. Apabila masalah psikologis, maka harus diselesaikan secara psikologis. Demikian pula jika masalah sosial, maka lebih sering dapat diselesaikan dengan pendekatan sosial melalui penguatan psikologis.

Beberapa hal yang harus diamati dalam model stres adaptasi adalah faktor predisposisi, faktor presipitasi, penilaian terhadap stresor, sumber koping, dan mekanisme koping yang digunakan.

Ada dua kemungkinan koping terpilih yaitu berada antara adaptif dan maladaptif. Koping ini bersifat dinamis, bukan statis pada satu titik. Dengan demikian, perilaku manusia juga selalu dinamis, yakni sesuai berbagai faktor yang memengaruhi koping terpilih.

Secara lengkap komponen pengkajian model stres adaptasi dalam keperawatan kesehatan jiwa adalah sebagai berikut.

image
Gambar Pengkajian Model Stres Adaptasi (Stuart dan Laraia, 2005)

Faktor Predisposisi

Faktor predisposisi adalah faktor risiko yang menjadi sumber terjadinya stres yang memengaruhi tipe dan sumber dari individu untuk menghadapi stres baik yang biologis, psikososial, dan sosiokultural. Secara bersama-sama, faktor ini akan memengaruhi seseorang dalam memberikan arti dan nilai terhadap stres pengalaman stres yang dialaminya.

Adapun macam-macam faktor predisposisi meliputi hal sebagai berikut.

  1. Biologi: latar belakang genetik, status nutrisi, kepekaan biologis, kesehatan umum, dan terpapar racun.

  2. Psikologis: kecerdasan, keterampilan verbal, moral, personal, pengalaman masa lalu, konsep diri, motivasi, pertahanan psikologis, dan kontrol.

  3. Sosiokultural: usia, gender, pendidikan, pendapatan, okupasi, posisi sosial, latar belakang budaya, keyakinan, politik, pengalaman sosial, dan tingkatan sosial.

Faktor Presipitasi

Faktor presipitasi adalah stimulus yang mengancam individu. Faktor presipitasi memerlukan energi yang besar dalam menghadapi stres atau tekanan hidup. Faktor presipitasi ini dapat bersifat biologis, psikologis, dan sosiokultural. Waktu merupakan dimensi yang juga memengaruhi terjadinya stres, yaitu berapa lama terpapar dan berapa frekuensi terjadinya stres. Adapun faktor presipitasi yang sering terjadi adalah sebagai berikut.

  1. Kejadian yang menekan (stressful)
    Ada tiga cara mengategorikan kejadian yang menekan kehidupan, yaitu aktivitas sosial, lingkungan sosial, dan keinginan sosial. Aktivitas sosial meliputi keluarga, pekerjaan, pendidikan, sosial, kesehatan, keuangan, aspek legal, dan krisis komunitas. Lingkungan sosial adalah kejadian yang dijelaskan sebagai jalan masuk dan jalan keluar. Jalan masuk adalah seseorang yang baru memasuki lingkungan sosial. Keinginan sosial adalah keinginan secara umum seperti pernikahan.

  2. Ketegangan hidup
    Stres dapat meningkat karena kondisi kronis yang meliputi ketegangan keluarga yang terus-menerus, ketidakpuasan kerja, dan kesendirian. Beberapa ketegangan hidup yang umum terjadi adalah perselisihan yang dihubungkan dengan hubungan perkawinan, perubahan orang tua yang dihubungkan dengan remaja dan anak-anak, ketegangan yang dihubungkan dengan ekonomi keluarga, serta overload yang dihubungkan dengan peran.

Penilaian terhadap Stresor

Penilaian terhadap stresor meliputi penentuan arti dan pemahaman terhadap pengaruh situasi yang penuh dengan stres bagi individu. Penilaian terhadap stresor ini meliputi respons kognitif, afektif, fisiologis, perilaku, dan respons sosial. Penilaian adalah dihubungkan dengan evaluasi terhadap pentingnya sustu kejadian yang berhubungan dengan kondisi sehat.

  1. Respons kognitif
    Respons kognitif merupakan bagian kritis dari model ini. Faktor kognitif memainkan peran sentral dalam adaptasi. Faktor kognitif mencatat kejadian yang menekan, memilih pola koping yang digunakan, serta emosional, fisiologis, perilaku, dan reaksi sosial seseorang. Penilaian kognitif merupakan jembatan psikologis antara seseorang dengan lingkungannya dalam menghadapi kerusakan dan potensial kerusakan. Terdapat tiga tipe penilaian stresor primer dari stres yaitu kehilangan, ancaman, dan tantangan.

  2. Respons afektif
    Respons afektif adalah membangun perasaan. Dalam penilaian terhadap stresor respons afektif utama adalah reaksi tidak spesifik atau umumnya merupakan reaksi kecemasan, yang hal ini diekpresikan dalam bentuk emosi. Respons afektif meliputi sedih, takut, marah, menerima, tidak percaya, antisipasi, atau kaget. Emosi juga menggambarkan tipe, durasi, dan karakter yang berubah sebagai hasil dari suatu kejadian.

  3. Respons fisiologis
    Respons fisiologis merefleksikan interaksi beberapa neuroendokrin yang meliputi hormon, prolaktin, hormon adrenokortikotropik (ACTH), vasopresin, oksitosin, insulin, epineprin morepineprin, dan neurotransmiter lain di otak. Respons fisiologis melawan atau menghindar (the fight-or-fligh) menstimulasi divisi simpatik dari sistem saraf autonomi dan meningkatkan aktivitas kelenjar adrenal. Sebagai tambahan, stres dapat memengaruhi sistem imun dan memengaruhi kemampuan seseorang untuk melawan penyakit.

  4. Respons perilaku
    Respons perilaku hasil dari respons emosional dan fisiologis.

  5. Respons sosial
    Respons ini didasarkan pada tiga aktivitas, yaitu mencari arti, atribut sosial, dan perbandingan sosial.

Sumber Koping

Sumber koping meliputi aset ekonomi, kemampuan dan keterampilan, teknik pertahanan, dukungan sosial, serta motivasi.

Mekanisme Koping

Koping mekanisme adalah suatu usaha langsung dalam manajemen stres. Ada tiga tipe mekanisme koping, yaitu sebagai berikut.

  1. Mekanisme koping problem focus
    Mekanisme ini terdiri atas tugas dan usaha langsung untuk mengatasi ancaman diri. Contoh: negosiasi, konfrontasi, dan mencari nasihat.

  2. Mekanisme koping cognitively focus
    Mekanisme ini berupa seseorang dapat mengontrol masalah dan menetralisasinya. Contoh: perbandingan positif, selective ignorance, substitution of reward, dan devaluation of desired objects.

  3. Mekanisme koping emotion focus
    Pasien menyesuaikan diri terhadap distres emosional secara tidak berlebihan. Contoh: menggunakan mekanisme pertahanan ego seperti denial, supresi, atau proyeksi.

Mekanisme koping dapat bersifat konstruktif dan destruktif. Mekanisme konstruktif terjadi ketika kecemasan diperlakukan sebagai sinyal peringatan dan individu menerima sebagai tantangan untuk menyelesaikan masalah. Mekanisme koping destruktif menghindari kecemasan tanpa menyelasaikan konflik.

Selain dapat dikategorikan dalam tiga tipe di atas, mekanisme koping dapat dikategorikan sebagai task oriented reaction dan ego oriented reaction. Task oriented reaction adalah berpikir serta mencoba berhati-hati untuk menyelesaikan masalah, menyelesaikan konflik, dan memberikan kepuasan. Task oriented reaction berorientasi dengan kesadaran secara langsung dan tindakan. Sementara, ego ariented reaction sering digunakan untuk melindungi diri. Reaksi ini sering disebut sebagai mekanisme pertahanan. Setiap orang menggunakan mekanisme pertahanan dan membantu seseorang mengatasi kecemasan dalam tingkat ringan sampai dengan sedang. Ego oriented reaction dilakukan pada tingkat tidak sadar.

TABEL Mekanisme Pertahanan
image
image
image
image
image

Sumber :

Ah. Yusuf, Rizky Fitryasari PK, Hanik Endang Nihayati, Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa, Penerbit Salemba Medika, 2015.