Bagaimana Mindset yang harus dimiliki oleh seorang Marketer?

Seorang Marketer memiliki beberapa pemikiran yang dapat terus membuat mereka berhasil dan yakin bahwa pemasaran produk yang dilakukan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik. Apa saja mindset yang harus dimiliki oleh Marketer agar terus berhasil memasarkan produk mereka tersebut?

Menjadi seorang Marketer harus selalu memiliki pemikiran objektif, logis, dan alasan yang jelas untuk setiap tindakannya. Tetapi, pada kenyataannya beberapa marketer masih tidak dapat objektif terhadap segala hal. Pertanyaan yang sering muncul adalah ide apa yang telah mereka miliki dan diketahui dengan baik. Menurut Daniel Kahreman situasi ini disebut "Availability Heuristic".

“…availability heuristic merupakan racun bagi seorang marketer yang memiliki mindset tersebut” - Daniel Kahreman

Lalu apa saja yang mindset yang harus dimiliki oleh seorang marketer profesional:

  • Jangan memulai kalimat anda dengan "Saya pikir…"
    Jawaban seperti ini akan membuat anda selangkah lebih jauh dari post-truth marketing. Sehingga jawaban tersebut akan menimbulkan pertanyaan baru yang akan membuat anda semakin jauh dari kata profesional yaitu “You think or you know?”. Hal ini dikarenakan lebih baik tau daripada mengira yang tidak pasti.

  • Mulai pikirkan apa yang anda pikirkan
    Jika anda mengambil keputusan, pikirkan alasan anda melakukannya. Seperti mengapa memilih itu, bagaimana, dll. Hal yang terpenting anda harus yakin.

  • Penting untuk mengetahui apa yang orang lain pikirkan
    Ketika anda sudah memiliki keinginan untuk membuat sebuah keputusan, coba lihat dari kacamata orang lain juga. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan hasil yang objektif serta memahami sudut pandang orang lain.

Kesimpulannya, terdapat 4 aturan inti:

“Seorang marketer harus mampu mencari guru yang hebat, mengenal para ahli untuk diajak bekerjasama, kedua memiliki passion, ketiga memiliki rasa keinginan yang tinggi, dan terakhir belajar mengatur objektifitas diri anda”


Sumber:

1 Like