Bagaimana metode Penelitian untuk riset Pemasaran yang baik?

Merencanakan, mengumpulkan dan melaporkan data sistematis termasuk dalam kegiatan meneliti pasar.

Bagaimana agar data yang kita ambil akurat dan menjadikan penelitian pasar yang kita lakukan efektif?

Setidaknya ada 2 jenis penelitian yang dapat diaplikasikan ke dalam kegiatan pemasaran dalam upaya memperoleh data dan informasi serta mengolahnya sehingga dapat dijadikan sebagai alat mengantisipasi/memecahkan masalah pemasaran, masing-masing sebagai berikut:

  1. Penelitian Eksplorasi
    Penelitian eksplorasi bertujuan untuk menjawab pertanyaan apa (what) terhadap suatu objek atau masalah, sehingga akan muncul pemahaman dan pengertian yang mendalam atas fenomena yang ada.

  2. Penelitian Konklusi
    Penelitian yang bertujuan untuk mencari kesimpulan tentang suatu masalah, yang masih dibedakan lagi menjadi dua yaitu

    • untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang menjadi latar belakang penelitian (descriptive research) dan
    • untuk mencari hubungan antar fenomena (causal research).

Menurut A Parasuraman, perbandingan kedua jenis riset adalah sebagai berikut:

image