Bagaimana metode memainkan alat musik Harmonika ?

Cara-memainkan-alat-musik-harmonika

Harmonika adalah salah satu alat musik tiup. Harmonika berasal dari alat musik tradisional Cina yang bernama ‘Sheng’. Alat musik tradisional tersebut telah digunakan sekitar 5000 tahun yang lalu, tepatnya sejak kekaisaran Nyu-kwa.

Berikut metode-metode untuk memainkan alat musik harmonika :

  1. Memilih Alat Musik Harmonika
    Ada banyak jenis-jenis alat musik harmonika yang dijualkan dengan harga dan kegunaannya yang berbeda-beda, untuk sekarang belilah jenis alat musik harmonika diatonik atau kromatik. Dari kedua tipe ini dapat digunakan untuk memainkan sebagian besar musik populer seperti jenis aliran musik blues atau folk .

  2. Serius Berlatih
    Alat musik harmonika ini merupakan suatu alat musik reed yang menggunakan bahan kuningan dari tembaga . Kegunaan dari kuningan ini dapat memisahkan udara yang Anda tiup atau Nda Tarik memlalui lubang yang menghasilkan nada.
    Kuningan ini di tanam pada sebuah lempengan yang disebut dengan sebutan “Lempeng kuningan”, yang juga terbuat dari kuningan. Bagian dari harmonika yang ditempatkan untuk menanam kuningan dinamakan “comb”.

  3. Melatih Nafas dan Meniup
    Percobaan pertama dengan alat musik baru harmonika Anda adalah meniup sebuah nada. Pilih salah satu lubang atau satu set lubang pada mouthpiece dan mulai meniup dengan lembut pada lubang. Lubang yang bersebelahan dibuat untuk otomatis berharmonisasi satu sama lain,jadi cobalah untuk memainkan harmonika dengan meniup tiga lubang sekaligus untuk menghasilkan nada yang indah.