Bagaimana merancang sistem pakar untuk mendiagnosis jenis penyakit?

Manfaat komputer adalah sebagai aplikasi informatika kedokteran meliputi rekam medik elektronik, sistem pendukung keputusan medik, sistem penarikan informasi kedokteran, hingga pemanfaatan internet dan intranet untuk sektor kesehatan, termasuk merangkaikan sistem informasi klinik dengan penelusuran bibliografi berbasis internet.

Bagaimana merancang suatu sistem pakar yang dapat digunakan untuk mendiagnosis suatu jenis penyakit berdasarkan gejala yang dirasakan user, sehingga user menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi ?

image

SISTEM PAKAR BIDANG MEDIS

Kecanggihan teknologi saat ini telah berpengaruh ke berbagai macam bidang salah satunya adalah kedokteran. Dengan penerapan dari suatu sistem pakar dalam mendiagnosis suatu masalah adalah salah satu teknologi kecerdasan buatan yang ada di bidang kedokteran. Dengan mendiagnosis penyakit yang dialami pasien akan mempermudah dokter dan pasien dalam menemukan penyakit serta keefektifan dalam mengetahui penyakit tersebut.

Untuk mendiagnosis penyakit tersebut dibutuhkan suatu rancangan dalam sebuah sistem pakar yaitu :

1. Mendeteksi penyakit yang dialami

Suatu sistem pakar yang telah dirancang dapat berpikir layaknya manusia, dengan menentukan penyakit dapat ditentukan saat merancang sistem pakar ini karena semua jenis penyakit akan di data sesuai apa yang dokter ketahui sehingga dapat digunakan sebagai pendeteksi penyakit seperti ciri-ciri suatu penyakit, tingkat suhu tubuh, dan berbagai macam jenis penyebab. semua data tersebut telah di simpan ke dalam data sistem pakarnya agar dapat menentukan (mendiagnosis) penyakit yang dialami pasien.

2. Menghitung skor penyakit

Setelah penyakit yang dideteksi ditemukan saatnya menghitung skor dari penyakit tersebut, dengan mengukur seberapa tinggi / rendah skor kita dapat mengetahui tingkat dari penyakit kita dengan mencocokkan hasil skor dengan tipe penyakit.

3. Mencocokkan hasil skor dengan penyakit

Setelah skor penyakit diketahui dokter dan pasien bisa mengetahui penyakit apa yang dideteksi serta bagaimana tingkat parah suatu penyakit yang diderita dengan mencocokkan hasil skor yang di dapat. Dengan mengetahui hasil skor tadi sistem pakar juga memberikan arahan sebagai penanganan seperti obat yang harus dikonsumsi, bagimana pola makan, dan lain lain. Dengan arahan yang datanya telah di tanamkan pada sistem pakar ini.

4. Mencetak hasil

Seluruh data penyakit dan skor telah didapatkan, mencetak hasil diagnosis berguna sebagai bukti untuk pasien tersebut, serta dokter hanya perlu memberikan beberapa penjelasan lebih lanjut tentang penyakit yang diderita.

Begitulah rancangan suatu sistem pakar untuk mendiagnosis suatu penyakit dan seberapa parah penyakit yang di alami sehingga dokter bisa lebih mudah dalam menyimpulkan penyakit dan bisa langsung menyiapkan penanganan untuk pasien dan memberi arahan agar bisa sembuh dari penyakit yang diderita.

SUMBER :