Bagaimana menyingkirkan alga hijau di tangki aquarium?

image

Bagaimana cara menyingkirkan alga hijau di tangki aquarium?

Setiap aquarist air asin mengalami ganggang rambut hijau di akuarium laut mereka pada satu waktu atau yang lain. Ini mungkin mulai sebagai hanya beberapa helai ganggang di sepotong batu hidup dan tampaknya tidak menjadi masalah besar, tetapi jika kondisi di akuarium benar, ia dapat menyebar melintasi sepotong batu itu, kemudian melompat ke bagian lain , dan kemudian dengan cepat melompat ke dinding akuarium dan menutupinya.

Kebanyakan orang akan mencoba untuk mengikisnya dari kaca dengan magnet pembersih ganggang, sikat, atau bahkan pisau cukur, tetapi itu hanya memperlambatnya atau benar-benar dapat membuatnya menyebar lebih cepat karena ia menyebarkan potongan-potongan ganggang ke sisa tangki.

Mengambil batu dari akuarium dan menggosoknya tampaknya sedikit membantu, tetapi biasanya akan kembali dalam waktu singkat kecuali batu secara harfiah disterilkan dengan pemutih seperti oksidan. Bahkan kemudian, jika semua ganggang tidak dikeluarkan dari tangki, ia akan mulai dari awal lagi.

Memperlambat Pertumbuhan Alga
Berita baiknya adalah ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tangki Anda yang akan memperlambat pertumbuhan alga.

Ganggang rambut hijau membutuhkan cahaya untuk tumbuh, tetapi sangat mengurangi cahaya dalam tangki terumbu dapat memiliki efek merusak pada karang di tangki Anda. Beberapa pengurangan cahaya akan membantu mengurangi pertumbuhan, tetapi tidak secara signifikan.

Mengurangi makanan yang dibutuhkan ganggang rambut hijau akan menghambat pertumbuhannya. Sebagian besar ganggang memakan nitrat dan fosfat sehingga mengeluarkannya dari air akuarium dapat membuat perbedaan dalam tingkat pertumbuhannya.

Tetapi, hampir tidak mungkin untuk menghilangkan semua nitrat dan fosfat dari air tangki Anda. Segala sesuatu yang Anda masukkan ke dalam tangki Anda, termasuk ikan dan makanan lain, akan meningkatkan nitrat dan fosfat dalam air tangki. Air laut alami dan campuran garam laut yang Anda beli untuk membuat air asin yang Anda masukkan ke dalam tangki Anda mengandung nitrat dan fosfat.

Tempat yang baik untuk memulai adalah menangani pembusukan makanan dan detritus. Keduanya menghasilkan nitrat dan fosfat, jadi menjaga kebersihan substrat Anda sangat penting.

Bersihkan Media dan Kurangi Sumber Makanan Ganggang
Bagaimana Anda menjaga agar media tetap bersih di akuarium air asin? Anda dapat menyedotnya dengan bersih, tetapi itu bisa menyebalkan dan juga sulit dilakukan di tangki terumbu karena semua batu hidup menghalanginya. Untungnya, alam telah menyediakan makhluk yang akan melakukan pekerjaan untuk Anda. Ini tidak hanya efisien, tetapi juga menyenangkan untuk ditonton. Kelemahan dari menggunakan pembersih hidup ini adalah bahwa mereka membutuhkan pasir biji-bijian yang lebih kecil (bukan karang yang dihancurkan) untuk melewati pasir melalui insang mereka. Bintang laut pengayak pasir melakukan pekerjaan yang baik untuk melahap barang-barang dari substrat, namun, ia juga akan mengkonsumsi semua bahan hidup di pasir hidup pada saat yang sama. Ada sejumlah kepiting pertapa yang aman untuk membersihkan substrat dengan baik.

Ada sejumlah ikan laut yang mengonsumsi ganggang rambut hijau. Beberapa pemakan alga yang aman dari terumbu, seperti mesin pemotong rumput blenny (Salarias fasciatus), tang kuning (Zebrasoma flavescens), naso tang pirang (Naso lituratus) dan sejumlah lainnya melakukan pekerjaan dengan baik. Pasir pengayak pasir adalah scrubber pasir yang fantastis. Mereka melahap substrat, menyedot benda non-pasir apa pun yang ada di dalamnya, lalu memuntahkan pasir keluar melalui insang.

Anda dapat melakukan perubahan air tanpa akhir untuk mengurangi kadar fosfat dan nitrat Anda, tetapi banyak yang telah menemukan bahwa metode vodka untuk pengurangan nitrat dan fosfat bekerja dengan baik jika Anda memiliki skimmer protein dalam sistem Anda. Ada sejumlah produk pereduksi nitrat yang juga mengurangi senyawa ini.

Penipu Alga Rambut Hijau
Ada cukup banyak spesies ganggang yang berbeda yang terlihat sangat mirip ganggang rambut hijau yang ditemukan di akuarium air asin tetapi tidak sama. Perbedaan hanya dapat diidentifikasi melalui pemeriksaan mikroskopis oleh seseorang yang tahu apa yang mereka cari. Berbagai jenis ganggang ini, meskipun terlihat seperti ganggang rambut hijau, sangat berbeda. Alga yang memakan ikan dan makhluk laut tidak akan mengkonsumsi jenis alga ini. Jika Anda mengalami ganggang ini dan tampaknya tidak ada metode pemberantasan yang berfungsi, satu-satunya tindakan yang tersisa adalah menanggalkan tangki dan menggosok semuanya.