Bagaimana menurut anda tentang perkembangan anak di Indonesia?


(renaldy sabdo jati purboningrat) #1

seperti yang kita tau indoneisa merupakan salah satu negara dengan perkembangan dan pertumbuhan penduduk tercepat dan terbesar di dunia. perkembangan dan pertumbuhan ini memilki dampak positif dan dampak negatif. menurut pengetahuan anda dampak yang paling signifikan cenderung ke arah yang mana? dan kenapa?


(Muhammad Averous Mahdafikiyah) #2

Relatif, kalau bicara mengenai dampak positif dan negatifnya jelas tidak ada habisnya dan saling berkaitan. Dan kalau cenderung ke arah mana, menurut saya lebih merujuk ke dampak negatifnya. kenapa? karena dengan perkembangan dan pertumbuhan yang cepat tanpa diimbangi dengan beragam kebijakan yang sesuai diindonesia terutama kesadaran dari masyarakat itu sendiri maka hanya akan membawa dampak buruk di indonesia, salah satu contoh simplenya adalah besarnya jumlah masyarakat yang tidak diimbangi dengan lapangan kerja yang cukup maka hanya akan menambah penggangguran dan yang lebih mengkhawatirkan lagi dari penggangguran tersebut bisa beralih ke tindakan kriminalitas.


(renaldy sabdo jati purboningrat) #3

bagaimana jika kita tidak hanya sebagai pencari kerja tapi menjadi pencipta lapangan pekerjaan? menurut saya kita sedari kecil sudah di doktrin untuk dapat menjadi seorang karyawan bukan sebagai pemilik perusahaan dan untuk mengubah cara pikir dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan pekerjaan bagaimana menurut anda jika sedari kecil kita telah di kenalkan dengan teknologi?


(Burhanuddin Ali Ahmadi) #4

Setiap hal pasti ada negatif dan positifnya,dan untuk menentukan yang mana lebih besar dampaknya,baik itu negatif atau positif itu tergantung darimana kita memandangnya.Contohnya saja dari permasalahan pertumbuhan dan perkembangan di Indonesia,jika kita memandangnya dari sumber daya manusia(SDM). Indonesia dengan pertumbuhan penduduk yang begitu pesat,maka sumberdaya manusia yang ada di Indonesia juga melimpah.Degan sumberdaya manusia yang melimpah,indonesia tidak perlu lagi mendatangkan tenaga kerja dari luar,karena Indonesia memiliki SDM yang melimpah,malah Indonesia yang mengirim SDM nya ke luar negeri


(renaldy sabdo jati purboningrat) #5

akan tetapi pada kenyataanya SDM yang di indonesia termasuk SDM yang kurang terlatih dalam artian SDM di indonesia kurang berwawasan terhadap sesuatu hal, hal itu yang menyebabkan indonesia terus mendatangkan ahli dari luar negeri. bagaimana menurut anda jika SDM itu di perbaiki sejak balita dengan pendidikan yang memadai? apakah anda setuju sertakan alasan anda?


(kharinna markis) #6

menurut saya, kalo dilihat dari negatif, karakter yang dimiliki oleh anak anak kecil sudah mulai memburuk, bagaimana contohnya?saya rasa, jiwa sosial yang dimiliki anak anak sekarang kurang, beda sama zaman saya beberapa tahun yang lalu dimana kami bermain permainan yang tidak kami kira itu dapat membuat kami lebih sering bersosialisasi, lebih mengutamakan kerjasama, lebih kompak. tetapi permainan permainan seperti itu mulai sirna, anak anak zaman sekarang lebih suka teknologi yang dimana jiwa sosial mereka menjadi berkurang, mereka lebih senang sibuk dengan diri sendiri, meraka lebih suka asik dengan dunia maya dimana mereka tidak kenal. mungkin disana salah satu pandangan saya terhadap anak indonesia di era sekarang.


(Burhanuddin Ali Ahmadi) #7

Itu merupakan hal yang bagus.Salah satu faktor Indonesia mendatangkan tenaga kerja dari luar negeri yaitu kurang berkualitasnya SDM yang ada di Indonesia.Itu disebabkan karena sumber daya manusia yang ada di Indonesia masih minim pendidikan,ilmu pengetahuan,dan pengalaman,sehingga Indonesia lebih memilih mendatangkan tenaga atau ahli dari luar negeri.Jika kita lebih meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan,maka kualitas SDM juga dapat meningkat dan Indonesia tidak perlu lagi mendatangkan ahli dari luar negeri.