Bagaimana menurut anda penggunaan Edmodo dalam kegiatan Belajar Mengajar?

Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O‟Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali.

Apakah dengan menggunakan Edmodo kita sudah bisa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan baik?

logo_edmodo

Edmodo adalah jejaring sosial pribadi bagi guru dan siswa dengan platform sosial yang aman. Dengan model kicauan seperti situs jejaring sosial pada umumnya, Edmodo dapat menjadikan jaringan khusus bagi guru dan siswa untuk berbagi ide, berkas, peristiwa, dan tugas. Edmodo juga bisa disebut jejaring sosial dan layanan micro blogging yang di desain khusus untuk dunia pendidikan, yang dapat dioperasikan seperti layaknya Twitter. Dengan membatasi jalan akses ke ruang khusus atau grup, guru dan siswa dapat saling mengirim catatan, link, berkas, pengumuman, tugas dan bertukar informasi di lingkungan yang aman. Edmodo juga merupakan website yang dapat dijadikan sebuah wadah atau forum diskusi oleh kaum pembelajar yang memiliki tampilan latar seperti Facebook atau Myspace. Pengguna Edmodo dapat membuat profil dan berbincang dengan orang lain yang terhubung dalam website tersebut. Selain itu siswa juga dapat meminta informasi kepada guru tentang nilai atau tugas, dan guru dapat mengunggah nilai siswa dan tugas di dalam web tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa Edmodo adalah situs jejaring sosial yang diperuntukkan untuk membantu proses pembelajaran, dimana tampilan Edmodo menyerupai tampilan Facebook yang mempermudah dalam penggunaan.

Edmodo merupakan jejaring sosial untuk pembelajaran berbasis Learning Managent System (LMS). Learning Managent System (LMS) yaitu suatu perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung dengan internet). Edmodo memberi fasilitas bagi guru dan murid tempat yang aman untuk berkomunikasi, berkolaborasi, berbagi konten dan aplikasi pembelajaran, pekerjaan rumah (PR) bagi siswa, diskusi dalam kelas virtual, ulangan secara online, dan nilai.

Edmodo bila dibandingkan dengan media sosial Learning Manajemen System lainnya memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut: (1) Mirip facebook, mudah digunakan, (2) Closed group collaboration, hanya yang memiliki group code yang dapat mengikuti kelas, (3) Free, diakses online, dan tersedia untuk perangkat smart phone, android dan iphone, (4) Tidak memerlukan server di sekolah, (5) Dapat diakses dimanapun dan kapanpun, (6) Edmodo selalu di update oleh pengembang, (7) Edmodo dapat diaplikasikan dalam satu kelas, satu sekolah, antar sekolah dalam satu kota atau kabupaten, (8) Edmodo dapat digunakan bagi siswa, guru, dan orang tua, (9) Edmodo digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan model sosial media, learning material, dan evaluasi, (10) Edmodo mendukung model team teaching, co-teacher, dan teacher, (11) Terdapat notifikasi, (12) Fitur badge dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi siswa. Beberapa kekurangan dari Edmodo adalah dalam Edmodo tidak tersedia layanan untuk mengirim pesan tertutup antar sesama siswa, tidak adanya fasilitas tagging, Edmodo merupakan produk baru yang masih dalam pengembangan dan belum sempurna.

Guru sebelum menggunakan e-learning melalui edmodo harus menganalisis terlebih dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan edmodo yaitu ketepatan media dengan tujuan pengajaran, isi bahan pelajaran, kemudahan memperoleh media, kemampuan guru, ketersediaan waktu dan taraf berfikir siswa. Pelaksanaan e-learning melalui edmodo harus didukung oleh beberapa hal antara lain kesiapan SDM untuk meningkatkan pembelajaran e-learning, fasilitas software untuk mengembangkan media pembelajaran, fasilitas sarana internet di lingkungan sekolah dan kebutuhan.

Penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran di kelas, karena memberi kemudahan pada guru untuk melakukan pengajaran, berinteraksi dengan siswa, memantau aktivitas siswa di grup, dan melakukan evaluasi. Akan tetapi edmodo tidak hanya menjadi media komunikasi antara guru dengan murid, akan tetapi dapat menjadi wadah sharing dengan guru-guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang telah diterapkan. Media pembelajaran e-learning berbasis edmodo dapat diterapkan pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika, materi simulasi digital pelajaran yang diberikan kepada siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), akuntansi, PAI.

Dari beberapa ahli yang telah dipaparkan mengenai kelebihan Edmodo, dapat disimpulkan bahwa kelebihan Edmodo adalah Edmodo memberi kemudahan pada guru untuk melakukan pengajaran, berinteraksi dengan siswa, memantau aktivitas siswa di grup, dan melakukan evalusi.

Edmodo memiliki manfaat yang sangat luas sebagai jaringan sosial antara guru dan murid. Jaringan sosial ini juga memungkinkan orang tua untuk memantau hasil belajar anaknya. Selain itu, Edmodo juga didukung dengan berbagai fitur yang membuat proses belajar mengajar lebih efektif, efisien, dan terorganisir. Beberapa fitur yang terdapat dalam edmodo adalah polling, gradebook, quiz, file and links, library, assignment, award badge, dan parent code.

Menurut saya, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efisien dengan bantuan Edmodo. Contohnya, saat dosen atau guru tidak bisa menghadiri kelas karena suatu alasan, mereka dapat memberikan tugas kepada siswanya melalui Edmodo. Bahkan ujian dan kuis dapat dilakukan melalui Edmodo. Tidak hanya itu, Edmodo juga memudahkan guru maupun siswa dalam kegiatan belajar mengajar ini. Guru dapat membagikan materi pembelajaran dan siswa dapat mengumpulkan tugas mereka dalam bentuk soft file. Tidak hanya itu, guru maupun siswa dapat memberikan pertanyaan, menyisipkan foto, dan video pada aplikasi ini. Murid jadi lebih memahami pelajaran dengan adanya tambahan-tambahan ilustrasi dari file atau link yang diberikan guru. Murid pun bisa jadi lebih termotivasi dengan pemberian badge sebagai tanda penghargaan. Dokumen-dokumen penting pun lebih terorganisir.

Bagi beberapa orang, mereka mengalami kesulitan saat dihadapkan dengan teknologi yang baru. Tapi berbeda dengan Edmodo, jaringan sosial ini sangat mudah untuk digunakan dan dapat diakses melalui komputer maupun smartphone. Tentu saja hal ini sangat memudahkan guru dan orang tua yang sering kali dianggap “gaptek” (gagap teknologi). Sehingga, dengan menggunakan Edmodo, baik guru, siswa, dan orang tua dapat berinteraksi denga mudah.

Dilihat dari manfaat dan juga fitur-fiturnya, Edmodo merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran online. Selain itu, Edmodo juga mempermudah kegiatan balajar mengajar antara guru dan murid. Dari segi guru, murid, maupun orang tua, semua pihak dapat diuntungkan dengan kehadiran Edmodo.

image

Edmodo merupakan jejaring sosial untuk pembelajaran berbasis Learning Managent System (LMS). Learning Managent System (LMS) yaitu suatu perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung dengan internet). Edmodo memberi fasilitas bagi guru dan murid tempat yang aman untuk berkomunikasi, berkolaborasi, berbagi konten dan aplikasi pembelajaran, pekerjaan rumah (PR) bagi siswa, diskusi dalam kelas virtual, ulangan secara online, dan nilai.

Edmodo juga bisa disebut jejaring sosial dan layanan micro blogging yang di desain khusus untuk dunia pendidikan, yang dapat dioperasikan seperti layaknya Twitter. Dengan membatasi jalan akses ke ruang khusus atau grup, guru dan siswa dapat saling mengirim catatan, link, berkas, pengumuman, tugas dan bertukar informasi di lingkungan yang aman. Edmodo juga merupakan website yang dapat dijadikan sebuah wadah atau forum diskusi oleh kaum pembelajar yang memiliki tampilan latar seperti Facebook atau Myspace. Pengguna Edmodo dapat membuat profil dan berbincang dengan orang lain yang terhubung dalam website tersebut. Selain itu siswa juga dapat meminta informasi kepada guru tentang nilai atau tugas, dan guru dapat mengunggah nilai siswa dan tugas di dalam web tersebut.

Penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran di kelas, karena memberi kemudahan pada guru untuk melakukan pengajaran, berinteraksi dengan siswa, memantau aktivitas siswa di grup, dan melakukan evaluasi. Akan tetapi edmodo tidak hanya menjadi media komunikasi antara guru dengan murid, akan tetapi dapat menjadi wadah sharing dengan guru-guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang telah diterapkan.

Bagi beberapa orang, mereka mengalami kesulitan saat dihadapkan dengan teknologi yang baru. Tapi berbeda dengan Edmodo, jaringan sosial ini sangat mudah untuk digunakan dan dapat diakses melalui komputer maupun smartphone. Tentu saja hal ini sangat memudahkan guru dan orang tua yang sering kali dianggap “gaptek” (gagap teknologi). Sehingga, dengan menggunakan Edmodo, baik guru, siswa, dan orang tua dapat berinteraksi dengan mudah.

Dapat disimpulkan bahwa Edmodo adalah situs jejaring sosial yang diperuntukkan untuk membantu proses pembelajaran, dimana tampilan Edmodo menyerupai tampilan Facebook yang mempermudah dalam penggunaan.