Bagaimana menjaga kucing agar tidak buang air sembarangan ?

Kucing

Kucing selalu suka kencing sembarangan yang membuat kita kurang nyaman, bagaimana cara agar bisa menjaga dan mengajarinya agar kencing ditempat yang sudah disediakan ?

Beberapa tips melatih kucing agar tidak buang air sembarangan :

1. Taruh bak pasir di tempat sepi
Kucing lebih suka buang air di tempat yang jauh dari keramaian. Taruh bak pasir di pojok ruangan agar ia merasa nyaman. Meski begitu, pastikan bak pasir tersebut dapat terlihat sehingga dia akan selalu kembali. Juga jangan letakan beraneka barang dekat kotak kotoran tersebut. Khusus kitten, jangan gunakan kotak pasir yang terlalu tinggi, ini menyebabkan dia susah menggunakannya lalu buang air sembarangan.

2. Jangan biarkan kotoran menumpuk
Karena kucing sejatinya merupakan hewan yang bersih, dia akan merasa jijik dan tidak mau menggunakan kotak pasir yang penuh dengan kotorannya sendiri lalu buang air di sembarang tempat. Maka rajin-rajinlah membersihkan kotak pasir dan membuang kotoran.
Selain itu, kotoran menumpuk bisa menimbulkan bau tak sedap di rumah dan memperbesar kemungkinan penyakit menyebar berkembang biak.

3. Taruh kucing di bak pasir
Biasanya kitten akan buang air besar tidak lama setelah makan atau buang tidur. Kita harus mengajarinya supaya tidak buang air sembarangan. Supaya terbiasa, taruh mereka di kotak pasir di saat-saat tersebut. Ini adalah cara mengenalkan mereka dengan toiletnya.

4. Kurung bersama bak pasir
Kalau tiga cara sebelumnya gagal, kita juga bisa menggunakan cara ini sebagai jalan terakhir. Kurunglah kucing di sebuah ruangan bersama bak pasirnya. Otomatis dia akan selalu dan terbiasa buang air pada tempatnya. Saat sudah terlatih, kita bisa melepasnya kembali.