Bagaimana menjaga kesehatan gigi pada saat masa gigi tumbuh ?

images (1)
Menjaga kesehatan gigi tentu sangat dianjurkan. Karena ada begitu banyak masalah gigi dan juga penyakit gigi yang bisa menyerang siapa saja. Menjaga kesehatan gigi perlu dilakukan sejak usia dini.

Penting bagi Anda sebagai orangtua untuk memerhatikan kesehatan gigi anak sejak gigi susunya mulai tumbuh. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi anak adalah:

Beberapa hari pertama setelah bayi lahir, Anda dapat mulai membersihkan mulut bayi. Caranya? Anda bisa menyeka gusi bayi dengan kain bersih. Saat gigi pertama bayi mulai muncul di sekitar usia 6 bulan, Anda bisa dengan rutin membersihkan gigi bayi setiap setelah bayi menyusu. Caranya sama, yaitu dengan menyeka gigi susu bayi dengan kain bersih. Gigi susu bayi yang baru muncul sudah bisa mengalami kerusakan. Untuk itu, Anda harus selalu menjaga kesehatan gigi bayi.

Saat anak sudah mulai besar (kira-kira usia 3 tahun), Anda mulai bisa mengajarkan anak untuk menyikat gigi dengan sikat gigi dan pasta gigi. Namun, awasi pemakaian pasta gigi anak, jangan sampai berlebihan dan jangan sampai ditelan. Sikat gigi setiap hari sebanyak dua kali, yaitu pagi hari dan sebelum tidur.