Bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang disukai timnya?

Kepimpinan

Kepimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh dari seseorang individu kepada pengikutnya dalam mencapai tujuan suatu organisasi. Orang yang melakukan kepemimpinan disebut pemimpin.

Pemimpin suatu organisasi atau perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Tanpa ada seorang pemimpin dalam suatu perusahaan atau bahkan kurangnya tanggung jawab dari seorang pemimpin perusahaan akan membuat usahanya tidak bisa maju, bangkrut, bahkan bubar.

Kejadian dari suatu organisasi atau perusahaan ini dikarenakan tidak mampunya seseorng pemimpin untuk mengolah dan mengontrol usahanya. Oleh karena itu, pemimpin harus memiliki beberapa skill atau kemampuan untuk menjadi pemimpin suatu perusahaan.

Salah satunya skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh pemimpin adalah disukai oleh bawahannya. Skill ini sangat diperlukan karena pemimpin memiliki sikap yang sangat bagus dan bijak. Sikap itu diantaranya tidak egois, bertanggung jawab atas perbuatannya di dalam organisasi atau perusahaan, jujur kepada bawahannya, dapat dipercaya, dan masih banyak lagi.

Jiwa kepemimpinan yang disukai bawahannya ini , tidak bisa timbul sendiri atau hanya dipelajari. Tetapi skill ini bisa muncul karena seringnya dilatih dan melakukan beberapa tindakan kepada bawahannya.

Tindakan tersebut diantaranya :

  • Pemimpin harus bisa memengaruhi seseorang untuk bertindak sesuatu. Tindakan ini dibutuhkan karena pemimpin yang tidak bisa memengaruhi seseorang untuk melakukan apapun yang ingin dilakukan oleh pimpinannya.
  • Pemimpin harus bisa memotivasi seseorang. Tindakan ini dibutuhkan ketika ada seorang bawahanya tidak semangat dalam melakukan pekerjaan. Jika pemimpin bisa memotivasi seseorang pasti bawahannya tadi akan kembali semangat dalm melakukan pekerjaan. Bagaimana kalau tidak? Pasti pemimpin tidak akan melakukan apa apa.
  • Pemimpin harus bisa membuat ide-ide. Tindakan ini dibutuhkan karena ide ide dari seseorang pemimpin bisa mengembangkan suatu perusahaan. Ide ide tersebut bukanlah ide membuat produk tapi ide yang berhubungan dengan perusahaan.
  • Pemimpin harus bisa menerima komentar dan pendapat dari bawahannya. Sikap ini sangat dibutuhkan karena tidak semua pemimin bisa menguasai seluruh ilmu , maka ia harus minta seseorang lain untuk melakukan tindakan yang ingin pemimpin buat( membuat produk, analisis data dan lain lain). Bayangkan jika pemimpin bersifat sombong , pasti perusahaan yang ia pegang pasti tidak akan berkembang.
  • Pemimpin harus bersifat jujur. Sikap ini sangat dibutuhkan tidak hanya untuk menjadi pemimpin tetapi semua kalangan dari buruh sampai pemimpin haruslah bersifat jujur. Dengan jujur orang lain akan suka dengan kita karena kita dianggap orang yang berkata apa adanya.
  • Pemimpin harus bisa dipercaya. Sifat ini juga masuk pertimbang karena pemimpin yang dapat dipercaya akan memberikan semangat, mengontrol perusahaan dengan benar , dan karyawan atau bawahannya akan menyukainnya.
  • Pemimpin harus bertanggung jawab. Sikap ini sangat dibutuhkan karena pemimpin harus menanggung risiko djika ada masalah di tengah perjalanan . Bayangkan jika seorang pemimpin tidak memiliki sikap tanggung jawab , pastinya ia akan malas – malasan . Lalu bagaimana dengan bawahannya ? pasti juga sama dengan pimpinannya.
  • Pemimpin harus bisa memberi reward atau penghargaan kepada karyawan yang baik dalam mengerjakan pekerjaannya. Tujuan reward ini untuk memberikan dorongan kepada bawahannya agar berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakan pekerjaan perusahaan. Reward ini biaa berbentuk pesta yang diadakan di akhir tahun untuk merayakan sutu produk yang melebihi harapan dari seorang pemimpin. Reward ini juga bisa bermacam macam bukan hanya pesta contohnya menaikkan gaji karyawannya, dan penghargaan lainnya. Reward ini biasanya disepakati bersama mulai dari pimpinan sampai bawahannya.

Usaha – usaha ini dilakukan agar suatu perusahaan atau organisasi tadi bisa berkembang. Dan yang paling penting usaha tersebut bisa membuat seorang pemimpin disukai karyawannya karena pemimpin tidak terlalu egois, dan selalu membuat karyawannya senang. Jadi seorang pemimpin harusnya memiliki skill atau kemampuan diatas tadi. Tapi sayangnya kita hanya manusia (makhluk yang tidak sempurna , yang sempurna hanyalah Maha pencipta) ,maka setidaknya seorang pemimpin memiliki beberapa dari sifat tersebut.

Jika kita lihat beberapa Tokoh Internasional ynang memiliki kemampuan untuk memimpin sangat lah banyak. Tokoh tersebut diantaranya John F Kennedy ( tokoh penting Amerika Serikat , dan menjadi tokoh paling bijaksana di dunia),Che Guevara (tokoh perjuangan Marxis Argentina, tokoh ini memiliki kekuatan setara dengan Caeser dan menjadi tokoh pemimpin militer di era modern), Vladimir Ilycih Uyanov ( seorang revolusioner dan pemimpin besar di Rusia), Nelson Mandela (tokoh yang menentang apartheid (perbedaan antar warna kulit) di Afrikan), Abraham Linclon ( pemimpin besar Amerika Serikat yang bersifat tegas dan pantang menyerah),dan masih banyak lagi.

Referensi :

1 Like

A post was split to a new topic: Bagaimana caranya melakukan pemantauan kinerja anggota tim kita?