Bagaimana menjadi seorang pemimpin yang dihormati?


(Dio Bayu Bagaskara) #1

Apa yang dimaksud dengan sikap respectable ?

Menurut kamus bahasa inggris arti dari respectable adalah terhormat. arti terhormat adalah sikap yang diterima dari sebuah timbal balik tindakan suatu orang dengan orang lain dalam menghargai orang lain dengan baik siapapun itu bukan karena jabatan dan kekuasaan dan kekayaan ,tetapi karena penghargaan sebagai sesama manusia.

Hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk mencapai respectable ?

Jadi apabila kita ingin menjadi orang yang dihormati maka kita harus:

1. Berusahalah untuk mendapatkan apa yang diinginkan
Dalam mendapatkan suatu hal yang diinginkan seperti mobil,uang,perhiasan,baju,kita berhak mendapatkanya,tapi jangan sekali-kali kita menggunakan jalan pintas untuk mendapatkan hal tersebut, dengan jalan pintas kita mungkin akan mendapatkan apa yang kita inginkan dengan mudah,tetapi biasanya hal ini dapat menyakiti orang di sekitar kita.

Oleh karena itu, dengan kita berusaha sendiri dalam mendapatkan sesuatu, orang-orang di sekitar kita akan menaruh hormat kepada kita

2. Berkata dan bersikap jujur
Kejujuran adalah pondasi utama yang harus kita lakukan dalam melakukan suatu hubungan seperti dengan teman, rekan kerja, lawan jenis, dan orang lain. Perkataan dan sikap jujur akan menumbuhkan kepercayaan orang lain dengan kita dan saat kita sudah mendapatkan kepercayaan dari mereka,kita akan mulai dihargai dan dihormati oleh orang lain .

3. Hormatilah orang lain
Kita sebagai orang apabila ingin dihormati sebelum itu kita juga harus menghargai dan menghormati orang lain. Apapun perbuatan yang kita lakukan terhadap orang lain akan timbal balik terhadap kita.

4. Selalu menepati janji
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sangat mudah membuat janji terhadap orang lain, namun sangat sulit dalam menepatinya. Ketika kita mulai ingkar janji atau tidak menepatinya kepada orang lain maka orang lain tidak akan menaruh kepercayaan lagi kepada kita.oleh karena, jika kita ingin dihormati kita harus menepati setiap janji yang kita buat.

5. Jangan pernah memanfaatkan orang lain
Bagian menjadi yang dihormati adalah orang lain mengetahui akibat dari ucapan dan tindakan yang kita lakukan.kita sebagai manusia memiliki kemampuan unutk membantu dan memiliki kemampuan untuk menyakiti orang lain. Jangan pernah mempermainkan emosi orang lain untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Hal itu mudah terjadi tanpa kita sadari dampak yang menimpa orang lain.

Oleh karena itu jika ingin mendapatakan hormat dari orang lain, jangan pernah memanfaatkan orang lain

Mengapa Respectable itu penting ?

Respectable itu penting karena pengertian dari kata respectable itu sendiri adalah terhormat. Dan Terhormat adalah suatu tindakan untuk menjaga martabat dengan cara melakukan tindakan tersebut berdasarkan asas kebenaran dan tatanan yang ada.

Contoh tokoh dunia yang sangat kuat dalam respectable

Jadi saya akan menceritakan salah seorang tokoh dunia yang dihormati oleh banyak orang,dia adalah Abraham lincoln. Beilau adalah presiden Amerika Serikat yang ke -16. Abraham lincoln lahir pada 12 februari 1809, di sebuah gubuk kecil di Kentucky, Amerika Serikat. Orang tuanya miskin dan tidak berpendididkan. Ayahnya bekerja sebagai seorang petani. Lincoln sendiri hanya menjalankan pendididkan hanya selama setahun. Lincoln memilki kehidupan yang penuh dengan kesulitan, namun beliau telah mengenal apa itu kemerdekaan dan perdamaian saat kecil.

Lincoln memiliki kekurangan dalam berbicara yaitu jika berbicara ia tersendat-sendat atau gagap.walau begitu lincoln tumbuh menjadi pemuda yang sadar akan kebenaran.

Lincoln mencalonkan diri sebagai presiden.pada tanggal 6 november 1860, Lincoln terpilih menjadi presiden ke -16 Amerika Serikat, mengalahkan demokrat Stephen A. Douglas, John C. Breckinbridge dari demokrat selatan, dan John Bell Uni partai Kontitusi baru. Saat menjabat sebagai presiden selama satu bulan, terjadi perang saudara antara negara-negara bagian di Utara dan negara-negara bagian Selatan. Walaupun beliau sangat membenci perang, tapi beliau juga menerimanya sebagai satu-satunya jalan menyelamatkan persatuan negara.

Pada pertengahan perang saudara, Abraham Lincoln mengeluarkan proklamasi pembebasan yang mengubah hidup orang banyak di amerika. Proklamasi tersebut menyatakan semua budak belian yang ada di negar-negara bagian ataupun daerah-daerah negara-negara bagian yang melawan Amerika akan bebas mulai 1 januari 18863.

Proklamasi itu membuat semangat semua orang Amerika yang memperjuangkan kebebasan,dan menjadi pendorongya penghapusan perbudakan di seluruh Aemrika serikat. Perang akhirnya dimenangkan oleh pihak Utara,sehingga membuat pihak Selatan harus tunduk dibawah kepemimpinan Lincoln.

Jadi beliau adalah salah satu orang yang dihormati oleh karena banyak orang karean jasanya dalam menghapus perbudakan di Amerika dan mempertahankan persatuan negara.

Referensi:


( Aurora Ridha Zetana) #2

Kepemimpinan adalah setiap perbuatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasi dan memberi arah kepada individu atau kelompok yang tergabung di dalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

Untuk menjadi pemimpin yang dihormati, terdapat minimal tiga syarat yang harus dipenuhi, yaitu :

  • Kapasitas (kemampuan) adalah merupakan background yang dimiliki oleh pemimpin mengenai tingkat kemampuan yang dapat meliputi keahlian, pengetahuan, dan keterampilan baik yang diperoleh secara formal, non formal maupun bersumber dari pengalaman pribadi, yang bermanfaat bagi kepemimpinannya.

  • Kapabilitas (kesanggupan) merupakan kondisi mental psikologis seseorang pemimpin yang mencerminkan kemantapan dan kesanggupan penuh serta tanggung jawab untuk memikul segala konsekuensi jabatan, dan kepemimpinan.

  • Personality (kepribadian pemimpin), lebih merupakan pancaran dari karakter pemimpin itu sendiri, yang menyangkut sifat atau watak yang melekat pada dirinya. Pemimpin yang memiliki karakter yang baik akan dapat menjadi teladan bagi anak buah, cenderung disegani dan dihormati.

Oleh karena itu, implementasi dari ketiga syarat tersebut adalah :

  • Kepemimpinan berarti melibatkan orang atau pihak lain, yaitu para bawahan. Para bawahan harus memiliki kemauan untuk menerima arahan dari pemimpin. Walaupun demikian, tanpa adanya bawahan, kepemimpinan tidak akan ada juga.

  • Seorang pemimpin yang efektif adalah seseorang yang dengan kekuasaannya mampu menggugah pengikutnya untuk mencapai kinerja yang memuaskan.

  • Kepemimpinan harus memiliki kejujuran terhadap diri sendiri, sikap bertanggung jawab yang tulus, pengetahuan, keberanian bertindak sesuai dengan keyakinan, kepercayaan pada diri sendiri dan orang lain dan kemampuan untuk meyakinkan orang lain dalam membangun organisasi.