Bagaimana menjadi seorang pemimpin yang berkharisma?

leadership

(farid khatibul umam) #1

Salah satu soft skill yang sangat penting untuk dimiliki adalah kharismatik. Soft skill ini sangat sulit untuk dipelajari karena setiap individu memiliki ciri khas kharismanya yang berbeda – beda. Kebanyakan orang yang berkarisma merupakan bakat dari kecil namun tidak berarti sifat ini tidak bisa dipelajari.

Kharisma adalah kemampuan daya tarik yang dimiliki seseorang sehingga dapat mempengaruhi individu lain. Semakin kuat kharisma seseorang, maka semakin mudah untuk bisa mempengaruhi orang lain dengan jumlah yang lebih banyak.

Kharisma adalah kemampuan yang sangat dibutuhkan bagi seorang pemimpin agar bisa mengatur / memanajemen orang lain.

Untuk bisa memiliki soft skill ini dapat diasah dengan beberapa cara antara lain adalah individu yang ingin mempunyai soft skill ini harus bisa keluar dari zona nyaman mereka, berlatih berbicara di depan banyak orang agar tidak demam panggung, menjadi perhatian orang banyak agar semakin dikenal, mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, memiliki prinsip / tujuan hidup yang jelas, menjadi diri sendiri, dan bisa mempengaruhi orang lain tanpa harus memaksa.

Jika hal ini dilakukan secara terus – menerus maka kharisma seseorang akan terus berkembang sesuai dengan sifat orang itu sendiri karena setiap orang memiliki kharisma yang berbeda – beda.

Kharisma memiliki fungsi yang penting dalam seorang pemimpin. Saat akan bekerja dengan orang banyak maka akan mudah untuk mengatur mereka sesuai dengan apa yang kita inginkan. Mereka akan menuruti semua perintah dari pemimpin yang memiliki kharisma tanpa bisa menjelaskan kenapa mereka bersedia mengerjakan apa yang diperintahkan oleh pemimpinnya.

Seorang pemimpin yang memiliki kharisma pasti mempunyai pengikut yang setia dan royal. Para pengikut ini akan selalu menaati perintah pemimpinnya tanpa memperdulikan nilai, sikap, dan gaya yang digunakan pemimpin.

Kharismatik penting bagi seorang pemimpin karena akan lebih dipandang saat mereka membuat pengorbanan diri, berani mengambil resiko, dan tidak pantang menyerah dalam mencapai tujuannya.

Pemimpin yang lebih terlihat percaya diri mengenai usulan mereka akan semakin dipandang sebagai karismatik daripada dengan para pemimpin yang kelihatan ragu dan bingung. Keyakinan dan antusiasme seorang pemimpin dapat menular karena kharisma. Para pengikut yang yakin pemimpin tahu bagaimana mencapai sasaran bersama akan bekerja lebih keras, yang karenanya meningkatkan kemungkinan keberhasilan yang nyata.

Salah satu tokoh dunia yang terkenal memiliki kharisma tinggi adalah Steve Jobs. Lahir di San Francisco tanggal
24 Februari 1955 dan meninggal pada tanggal 05 Oktober 2011. Dia adalah pendiri dari Apple Inc yaitu salah satu perusahaan IT terbesar di dunia. Steve Jobs mendirikan Apple dari 0 sampai menjadi perusahaan raksasa seperti sekarang. Steve Jobs memiliki kharisma yang sangat luar biasa. Banyak orang yang mengidolakan Steve Jobs karena
kharismanya.

Setiap Steve Jobs melakukan presentasi, dia memiliki gaya yang khas dan bisa mempengaruhi para audiens yang melihat dia. Steve Jobs memiliki kharisma untuk memotivasi orang lain saat dia berbicara. Semua orang ingin
menjadi seperti dia namun tidak ada seorang pun yang sama dengan Steve jobs. Dia memiliki visi misi yang jelas dan berani mengambil resiko. Steve memulai kesuksesannya dari 0 dengan jalan yang tidak mudah, bahkan dia sempat dipecat dari perusahaannya sendiri sebelum akhirnya kembali menjadi CEO di Apple Inc.

Kharisma Steve Jobs dapat dilihat dari hasil pemikirannya pada produk buatannya seperti iPhone. Banyak perusahaan yang ingin membuat iPhone sama dengan punya Steve Jobs namun sampai saat ini tidak ada yang bisa melakukannya.

Produk buatan Apple Inc dianggap sebagai produk yang memiliki daya tarik tinggi dan terlihat eksklusif meskipun harganya sangat mahal dan spesifikasinya jauh dibawah para pesaingnya. Meski harganya sangat mahal, setiap Apple Inc mengeluarkan produk baru tetapi peminatnya tetap tinggi.

Saat Steve Jobs meninggal dunia, seluruh dunia merasa kehilangan salah satu tokoh yang sangat berpengaruh di dunia. Meski saat ini Steve Jobs telah meninggal dunia, namun kharismanya dalam mempengaruhi orang lain masih hidup sampai saat ini dan menjadi inspirasi banyak orang.

Sumber :