Bagaimana meningkatkan sumber daya manusia?

Bagaimana cara yg efektif dalam meningkatkan pengembangan sumber daya manusia? Lalu apa saja yang harus dipersiapkan dalam membangun sumber daya manusia yang profesional kedepannya?

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sumber daya manusia di perusahaan adalah dengan cara memberikan pelatihan secara berkesinambungan.

Pelatihan strategis berfokus pada usaha pengembangan kompetensi, nilai, dan keunggulan kompetitif karyawannya untuk perkembangan organisasi.

Latihan dan pengembangan dilakukan untuk menutup “gap” antara kecakapan atau kemampuan karyawan dengan permintaan jabatan. Hal tersebut dilakukan agar dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja karyawan dalam mencapai sasaran kerja yang telah ditetapkan

Latihan (training) dilaksanakan untuk memperbaiki penugasan berbagai ketrampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu, terperinci dan rutin. Sedangkan pengembangan (development) merupakan ruang lingkup yang lebih luas dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, sikap dan sifat-sifat pekerjaan.

Contoh sederhana dari pelatihan adalah pemberian pelatihan mengenai tugas dan tanggungjawab pekerjaan suatu Unit, administrasi pekerjaan, kemampuan teknikal yang diperlukan untuk mendukung terlaksannya job description. Sedangkan development biasanya dikelompokkan dalam fokus tujuan yang lebih spesifik untuk perencanaan karir plan dalam organisasi agar lebih terarah dan teratur.

Pelatihan dapat berdampak strategis apabila memenuhi ciri-ciri sebagai berikut :

  1. mengembangkan kapabilitas mendasar dari para pekerja,
  2. mendorong kemampuan beradatasi pada perubahan,
  3. memajukan pembelajaran berkelanjutan dalam organisasi,
  4. menciptakan dan menyebarkan pengetahuan baru di seluruh organisasi, dan
  5. memfasilitasi komunikasi dan fokus.

Sedangkan, bagi perusahaan, Faktor-faktor yang menentukan metode pelatihan bagi karyawannya yang terbaik adalah sebagai berikut :

  1. Efektifitas biaya
  2. Isi program yang dikehendaki
  3. Kelayakan fasilitas-fasilitas
  4. Preferensi dan kemampuan peserta
  5. Preferensi dan kemampuan instruktor atau pelatih
  6. Prinsip-prinsip belajar