Bagaimana meningkatkan self awareness pada diri sendiri?

Sering banget kita tidak bisa fokus dengan apa yang menjadi bagian dari diri kita sendiri. Sering juga mengabaikan untuk melihat potensi diri. Self awareness ini mencakup apa saja nilai yang kamu pegang? Apa yang menjadi passion -mu? Bagaimana kamu berperan dalam lingkunganmu?

Dengan secara internal memahami diri sendiri tentunya bisa membuat hidup lebih bahagia, lho. Kepuasan kerjamu juga akan lebih mudah tercapai. Jadi gimana nih caranya meningkatkan self awareness itu?

2 Likes

jika kita menerapkan self awareness pada mahasiswa ataupun siswa, tentunya banyak hal yang akan terjadi bukan?
dampak positivenya memang mereka akan selalu perfect dalam mengerjakan tugas dan belajar. tapi jika hal tersebut berlebihan dilakukan, maka akan berdampak kepada kesehatan mereka juga. contohnya, walaupun mereka sakit, mereka akan tetap memaksa untuk perfect dalam pendidikan dan mengabaikan segalanya. bagaimana?

1 Like

iya bisa di antisipasi juga, kalau kita meningkatkan self awareness kita masing masing. kita jadi gak bermalas-malas an gitu. jadi, ngerjain tugas juga sesuai kemampuannya. jangan dipaksain. emang sisi negatifnya. banyak yang ambis dan ingin menjadi perfect, tapi dilihat lagi di dalam diri kita masing-masing, bagaimana tingkat kemampuan kita? jadi, kita juga harus sadar akan kemampuan kita, jangan dipaksakan.

1 Like

Sayangnya self awareness adalah suatu kesadaran yanga membutuhkan proses yang tidak sebentar dan tentu berbeda pada tiap manusia.

motivasi belajar itu tidak bisa hanya dari diri mahasiswa. sulit rasanya untuk dapat berjuang sendiri. motivasi dapat timbul dari lingkungan yang mendukung seperti keluarga, teman, dan lainnya. banyak banyak lah berada pada lingkungan yang memberikan kehangatan dan support untuk dapat membantu meningkatkan self improvement pada diri kita.

1 Like

iya sih, mungkin dari si mahasiswa nya sendiri juga harus ada motivasi dan kemauan untuk mengerjakan tugas. kan, kadang pengaruh pergaulan kita juga ber efek sama diri kita sendiri. kayak semisal, kalau teman kita males, kita jadi ikut males juga. Jadi, dari diri kita sendiri juga harus bisa membentengi hal-hal yang negatif. semangatt untuk kita :hugs: !

iyaa memang
jadi self awareness dari diri kita masing-masing itu berasal dari motivasi diri yang kita punya. dan bagaimana kita mencari teman bergaul. kalau dari lingkungan kita, dia tidak bisa memberi efek positif bagi kita. maka. diri kita juga akan ikut-ikut an ke dalam hal yang negatif

jadi, bijaklah kamu cari teman dan mencari lingkungan yang positif
SEMOGA KITA SEMUA DIKELILINGI ORANG-ORANG BAIK DAN LINGKUNGAN YANG POSITIF. AMINN :hugs: :innocent:

2 Likes

hai kak, tolong berkomentar dan berdiskusi di artikel saya juga ya, supaya kita bisa bertukar pandangan sesama anak muda

1 Like

Kita tahu orang senang menjalani sesuatu karena dia menyukainya, menikmati dirinya berproses. Betul kata artikel ini, mengerjakan tugas kuliah adalah sesuatu yang dapat ditempuh dengan perbaikan diri. Memperbaiki diri akan menjadikan kita semangat mengerjakan tugas.

Berarti kita harus mencari tujuan apa yg membuat kita bahagia mengerjakan tugas. Gimana?

Tentu ini agak jamak, karena akan bersinggungan dengan gimana klo dari awal kita memang gak niat kuliah d situ, suka suka hubungan dosen dan mahasiswa, dsb… berarti kta spesifikkan dgn mengerjakan tugas kuliah dan hubungannya dgn gaya hidup.

Jadi gimana?
Niatkan mengerjakan tugas itu seperti gaya hidup idaman.

Gaya hidup idaman yg friendly, kekinian, dan asik.
Ubah caramu mengerjakan tugas dengan gaya hidup idaman itu. Nongkrong sambil nugas, jgn sendiri krna pasti bosen (atau belajar d taman yg suasananya kamu suka), coba jadiin materi kuliah kamu dengan podcast klo kamu suka dengar podcast (cth bicaranya kayak gini, “tahu gak sih pendengar, apa itu kesetimbangan kimia? Padahal ketika ghibah itu juga termasuk kesetimbangan kimia loh .”

Dan gaya belajar lain yg akan membantumu semangat mengerjakan tugas.

Ini menurut ku. Mari sama2 belajar…

:dizzy::dizzy:
Ohiya, tahu gak sih kalau d sekitar kamu ada hal berbahaya yg bsa menghambat self improvement kamu? Termasuk dirimu sendiri?
Yuk cek Ambis & Toxic Environment, Gaya Hidup Kekinian yang Merugikan?
Ini akan mengatasi rasa penasaran kamu❤️